Tips dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:27:00

Tips Dan Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus

Ilustrasi telinga berdengung. (Special)

Ladiestory.id - Tinnitus adalah dengung di telinga  yang tidak boleh diabaikan. Kondisi ini dapat diobati dengan beberapa cara mulai dari yang alami seperti meditasi, yoga, berhenti merokok dan mengenali pemicunya lalu secara medis melalui alat bantu dengar dan antidepresan.

Selain cara mengatasi telinga berdengung terus menerus tersebut, Anda juga perlu mengetahui penyebab tinnitus. 

Dengan cara ini Anda dapat mencegah timbulnya tinnitus. Beberapa penyebab tinnitus yang harus diwaspadai yaitu cedera kepala dan leher, infeksi telinga, benda asing  masuk ke  telinga dan menyentuh gendang telinga, masalah pada tuba eustachius, gangguan sendi temporal, tulang telinga  tengah yang terkena adalah mengeras, trauma kepala, penyakit kardiovaskular, diabetes. 

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Terus Menerus

Ilustrasi telinga berdengung. (Special)

Telinga berdengung terus menerus dikenal dengan sebutan tinnitus. Kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan penderitanya jika tidak segera diatasi.

Cara mengatasi telinga berdengung terus menerus mulai dari yoga, meditasi, hingga mencoba terapi suara. Selain itu, ada pula cara mengatasi telinga berdengung terus menerus secara medis yang dapat dicoba. 

Tinnitus adalah kondisi medis yang ditandai dengan suara berdengung di telinga. Orang dengan kondisi tersebut dapat mendengar berbagai suara, mulai dari yang lemah hingga yang kuat.

Jika tidak diobati, tinnitus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut cara mengatasi telinga yang berdengung terus menerus yang bisa dilakukan. 

1. Meditasi 

Dengungan yang disebabkan oleh tinitus dapat menyebabkan  stres dan kecemasan pada orang yang menderitanya. Oleh karena itu, dokter umumnya menyarankan pasien tinnitus untuk melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran, seperti meditasi.

Namun, Anda harus memahami bahwa meditasi hanya  membantu mengatasi  stres dan kecemasan yang disebabkan oleh tinitus, bukan dengungan. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter selalu diperlukan.

2. Yoga 

Yoga. (Special)

Mirip dengan meditasi, metode pengobatan tinnitus ini  membantu  menghilangkan  stres dan kecemasan yang disebabkan oleh tinnitus. Berlatih yoga dianggap efektif dalam menenangkan pikiran untuk mengatasi stres akibat tinnitus.

Seperti meditasi, yoga hanya dapat membantu penderita tinitus mendapatkan ketenangan pikiran, tetapi tidak dapat menghilangkan suara mendengung. Karena itu, selain melakukan yoga, konsultasikan dengan dokter Anda. 

3. Berhenti Merokok 

Jika Anda seorang perokok dengan tinitus, segera hentikan kebiasaan buruk ini. Karena merokok hanya memperburuk gejala tinnitus. Merokok dapat mengganggu aliran darah ke sel saraf sensitif yang mengontrol pendengaran Anda. Bila ini terjadi, dengung di telinga akan semakin keras. 

4. Mendengarkan Suara yang Menenangkan 

Saat Anda diam, Anda mungkin mendengar tinnitus berdenging di telinga Anda lebih keras dan lebih jelas. Cobalah mendengarkan suara-suara yang menenangkan untuk mengatasi hal ini.

Suara ini bisa datang dari mana saja, misalnya lagu favorit, mendengarkan radio atau menyalakan kipas angin. Coba juga aplikasi white noise yang dapat memutar suara alami seperti ombak, kicau burung di hutan, atau rintik hujan.

5. Tidur teratur 

Kadang-kadang, pola tidur yang tidak teratur dapat memperburuk tinnitus. Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa memperburuk tinnitus. Untuk mengatasinya, coba tingkatkan jumlah jam dan kualitas tidur Anda. Jika  Anda sulit tidur, ikuti  tips berikut: 

  • Matikan lampu dan dinginkan suhu kamar 
  • Gunakan kipas angin untuk menghasilkan white noise 
  • Rencanakan tidur pada waktu yang sama setiap hari
  • Pastikan Anda menggunakan bantal, guling, dan kasur yang nyaman 
  • Hindari berolahraga, makan dan minum alkohol sebelum  tidur. 
  • Jika  Anda masih sulit tidur, Anda tidak perlu menemui dokter untuk mendapatkan bantuan medis. 

 6. Antidepresan 

Antidepresan. (Special)

 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Science Monitor, obat gangguan kecemasan yang disebut alprazolam ditemukan efektif dalam mengobati tinnitus.

Menurut American Tinnitus Association, beberapa antidepresan, seperti clomipramine, desipramine, imipramine, nortriptyline, atau nortriptyline, juga efektif dalam meredakan gejala tinnitus.

Tapi ingat, konsultasikan dulu sebelum mencoba salah satu dari berbagai obat di atas. Tanpa anjuran  dokter, dikhawatirkan obat-obatan di atas  dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. 

7. Alat bantu dengar 

Kadang-kadang pengobatan tinnitus mengharuskan orang dengan tinnitus  menggunakan alat bantu dengar. Hal ini biasanya terjadi pada pasien tinnitus yang berisiko mengalami gangguan pendengaran.

Untuk lebih memahami cara mengobati dengungan, disarankan untuk pergi ke dokter dan berkonsultasi dengannya. Dengan cara ini, dokter dapat menentukan penyebab suara berdengung yang Anda alami, agar dapat menemukan pengobatan yang terbaik.

Nah itulah cara mengatasi telinga berdengung terus menerus, Anda dapat melakukan hal-hal yang bersifat ringan seperti latihan sendiri di rumah dengan meditasi, yoga dan mendengarkan musik yang menenangkan.

Jika bertambah parah, kami sarankan untuk menghubungi dokter agar dapat ditangani secara tepat. Semoga Bermanfaat.