5 Tips Hadapi Cuaca Ekstrem yang Tengah Melanda

Sabtu, 7 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Hadapi Cuaca Ekstrem Yang Tengah Melanda

Ilustrasi hujan. (Special)

Ladiestory.id - Menurut laporan BMKG, beberapa wilayah di Indonesia kini tengah mengalami berbagai cuaca ekstrem. Keadaan semacam ini dapat berupa hujan lebat, angin kencang, puting beliung, hingga banjir. Penyebab terjadinya perubahan cuaca ini sendiri dikarenakan adanya fase peralihan antara musim kemarau ke musim hujan.

Tak hanya mengakibatkan berbagai masalah cuaca, keadaan semacam ini juga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Nah, dalam menghadapi berbagai hal ini tentu diperlukan tindakan yang tepat. Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi cuaca ekstrem yang tengah melanda? Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan.

Pantau Informasi Cuaca

Ilustrasi perkiraan cuaca. (Special)

Hal yang tentunya paling penting kamu lakukan yaitu rajin memantau informasi cuaca. Salah satu sumber informasi cuaca yang terpercaya yaitu BMKG.

Memantau informasi cuaca penting dilakukan, terutama bagi kamu yang memerlukan perjalanan ke luar rumah, baik untuk bekerja atau bersekolah. Sebab, perubahan cuaca terkadang tidak dapat diprediksi.

Manfaat dari memantau informasi cuaca secara rutin yaitu dapat membantu untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan. Misalnya, payung atau jas hujan yang bisa digunakan untuk melindungi diri. 

Lakukan Perlindungan Ekstra

Ilustrasi hujan. (Special)

Selama menghadapi cuaca ekstrem, kamu perlu memiliki perlindungan ekstra. Beberapa yang perlu dipersiapkan seperti topi, jaket, jas hujan, serta payung.

Tak hanya itu, kamu juga perlu memberikan perlindungan ekstra dari dalam tubuh. Misalnya, mengonsumsi vitamin C sebelum beraktivitas maupun berpergian ke luar rumah. Tentunya, perlindungan ekstra dari luar dan dalam tubuh dapat memberi efek secara maksimal dalam mencegah berbagai gangguan, terutama kesehatan, selama cuaca ekstrem.

Siapkan Obat-Obatan yang Diperlukan

Ilustrasi Obat-obatan. (Special)

Kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal di tempat tinggal. Salah satunya, yaitu persediaan obat-obatan, seperti, obat batuk, flu, sakit kepala, radang, hingga demam. Sehingga, ketika kondisi tubuh tidak fit, kamu dapat segera melakukan pengobatan mandiri. Tak hanya itu, bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan tertentu, kamu perlu selalu sedia obat pribadi ke mana pun. 

Mulailah Ketahui Cara Evakuasi 

Ilustrasi evakuasi bencana. (Special)

Cuaca ekstrem biasanya diiringi dengan berbagai kondisi yang cukup membahayakan. MIsalnya, hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir hingga angin kencang yang menimbulkan berbagai kerusakan.

Keadaan semacam ini tentunya tak dapat diprediksi. Sehingga, kamu perlu siaga jika sewaktu-waktu terdapat bencana.

Maka dari itu, persiapkan berbagai kebutuhan darurat. Kamu dapat memulai dengan mempelajari cara evakuasi yang benar ketika mengalami suatu bencana, hingga menyiapkan tas darurat yang berisi bahan makanan, pakaian, senter, tali, gunting, sampai dokumen-dokumen penting. Pastikan seluruh anggota keluarga mengetahui cara evakuasi dan memiliki tas daruratnya masing-masing. 

Selalu Utamakan Kesehatan Tubuh 

Ilustrasi tidur. (Special)

Tips terakhir yang juga penting untuk dilakukan selama menghadapi cuaca ekstrem yaitu mengutamakan kesehatan tubuh. Kamu dapat melakukannya dengan menjaga waktu istirahat, mengonsumsi air putih yang cukup, serta mengutamakan makanan bergizi.Sebab, tiga hal tersebut dapat menjaga kesehatan tubuhmu dengan maksimal.

Selain itu, cuaca ekstrem biasanya mudah menyebarkan berbagai penyakit. Apabila kamu mengutamakan mengonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan mineral pada tubuh. Maka, tubuh akan berhasil dalam melawan bakteri, virus maupun kuman yang mencoba menyerang. 

Penting untuk diketahui, jika kamu mengalami keadaan darurat, segeralah melapor ke nomor layanan darurat dan pusat kesehatan terdekat. Pastikan tak hanya kamu yang tahu informasi ini, ya. Jangan lupa sampaikan juga ke keluarga maupun orang-orang tercinta. Semoga bermanfaat!