Tips Hemat Menggunakan Minyak Goreng Supaya Tidak Mudah Habis

Selasa, 22 Februari 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tips Hemat Menggunakan Minyak Goreng Supaya Tidak Mudah Habis

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Ladiestory.id - Minyak merupakan kebutuhan penting untuk ibu rumah dan penjual makanan. Seringkali penyediaan minyak harganya mahal atau mengalami kelangkaan. Maka dari itu, Kamu perlu mewaspadai dengan keadaan yang mungkin terjadi terhadap kebutuhan minyak. 

Secara logika memang ketika Kamu menggunakan sedikit minyak tentu saja akan lebih menghemat pengeluaran. Namun, tidak banyak orang yang mengerti cara tepat untuk menghemat minyak goreng. Inilah beberapa tips menarik yang dilakukan mengenai penghematan minyak goreng seperti teknik khusus atau mengganti minyak melalui bahan lain.

1. Memasak dengan Metode Pan Fry

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Metode pan fry menggunakan sedikit minyak yang harus digunakan ke wajan atau panci. Minyak sedikit tersebut dipanaskan dan kemudian makanan bisa digoreng. Intinya memasak dengan metode ini adalah menggoreng makanan tidak terlalu lama karena makanan akan cepat matang dan berubah warna.

2. Memasak Menggunakan Wajan Anti-lengket

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Peralatan penting dalam memasak adalah menggunakan wajan anti-lengket untuk menghemat minyak. Faktanya, ketika menggoreng menggunakan peralatan ini tentu saja Kamu tidak perlu menggunakan minyak terlalu banyak. Tapi, ingat, pastikan memilih jenis wajan yang aman. Hindari wajan dengan jenis perfluorooctanoate (PFOA) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS). Bahaya dari Paparan PFOA dan PFOS jika terkena makan akan meningkatkan trigliserida dalam tubuh sehingga seseorang berisiko terkena penyakit tiroid, hati, ginjal, bahkan jantung.

3. Pemakaian Minyak Digunakan Lebih dari Sekali

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Ketika menggoreng sebenarnya Kamu tidak harus memakai minyak baru. Pemanfaatan minyak baru bisa digunakan kembali ketika digunakan untuk  menggoreng makanan yang tak berbau. Namun, perlu diperhatikan sebelum memakai minyak sisa lebih baik disaring dan tentu saja perlu disimpan dengan baik. Hanya saja, memang sebaiknya tidak digunakan secara berulang-ulang karena tentu saja kurang baik bagi kesehatan. Catatan penting sebelum pemakaian minyak memang sebaiknya mulai diteliti dari warna minyak yang digunakan seperti tidak terlalu gelap atau hitam. Jika sudah berbau kurang sedap, terlalu kental dan lengket lebih baik segera dibuang.

4. Memasak dengan Cooking Spray

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Bentuk lain yang bisa dicoba adalah cooking spray. Dengan cara tidak menaruh minyak untuk dipanaskan tapi ditaruh dalam kaleng semprot.  Pasalnya isinya memang bukan hanya minyak, tapi ada bahan kimia di dalam cooking spray. Dari cairan yang dikeluarkan ketika disemprot ke makanan pada wajan mampu mencegah makanan lengket. Metode ini dapat membantu dalam menghemat dan ada beberapa produk yang menawarkan bahan bebas kalori.

5. Mengganti Minyak dengan Margarin

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Tips mudah yang bisa dilakukan ketika ingin menggoreng dengan menumis, Kamu hanya perlu mengganti minyak dengan margarin. Keunggulan memasak menggunakan margarin akan membuat rasa masakan terasa lebih gurih dan tentunya menghemat pemakaian minyak goreng.

6. Memasak Menggunakan Air Fryer

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Air fryer merupakan alat masak yang digunakan khusus untuk menggoreng. Bentuknya seperti oven kecil mirip dengan magic cooker. Biasanya, alat ini cocok untuk menggoreng sayuran atau memasak daging. Faktanya, beberapa alat dapat menggoreng otomatis tanpa minyak sehingga jadi lebih hemat dalam penggunaannya. 

7. Ubah dari Menggoreng Jadi Memanggang

Menghemat Minyak Goreng (Special)

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa dipanggang tanpa harus digoreng. Hal ini dapat dijadikan pilihan atau cara untuk menghemat minyak. Sebagai contoh, memanggang terong supaya bentuknya tidak lembek atau membuat keripik dengan cara memanggang menggunakan oven. Dari segi rasa, tidak berbeda jauh dengan makanan yang digoreng.

Silahkan dicoba untuk menghemat pengeluaran kebutuhan minyakmu!