Kunci Hubungan Langgeng, Ini 7 Tips Hubungan yang Sehat

Minggu, 9 Januari 2022 | 16:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Kunci Hubungan Langgeng, Ini 7 Tips Hubungan Yang Sehat

Ilustrasi pasangan. (Special)

Ladiestory.id - Setiap pasangan tentunya menginginkan hubungan yang sehat dan langgeng. Untuk mewujudkan itu, bukan hanya sekadar saling cinta saja, namun banyak hal yang harus dilakukan kedua pihak, salah satunya saling terbuka. 

Berikut Ladiestory.id merangkum tips hubungan yang sehat dan langgeng dengan pasangan.

1. Saling Jujur dan Terbuka

Ilustrasi pasangan. (Special)

Hubungan yang sehat bisa diwujudkan dengan adanya saling jujur dan terbuka antara Kamu dan pasangan. Healthy relationship ditandai dengan adanya keberanian untuk membicarakan hal apapun tanpa ada yang ditutup-tutupi dari pasangan, termasuk masalah kesehatan, pekerjaan, bahkan keuangan. Tanpa adanya keterbukaan dan tidak mengakimi satu sama lain, hubungan yang sehat akan sulit tercapai.

2. Saling Menghargai

Ilustrasi pasangan. (Special)

Salah satu tips menjaga hubungan yang sehat dan langgeng adalah adanya saling menghargai dengan pasangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa menghargai pasangan, seperti mendengarkan keluh kesah pasangan, mendengarkan apapun yang dibahas pasangan, dan tidak menunda apapun yang pasangan minta terhadap Kamu. Mendengarkan dan bisa menerima pendapat pasangan, itu juga cara dalam menghargai pasangan. 

3. Komunikasikan Setiap Ada Masalah dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan. (Special)

Dalam berhubungan, terkadang seseorang tidak ingin menceritakan masalahnya dengan pasangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga perasaan dan tak ingin pasangannya ikut terbawa dalam masalah yang dihadapinya. 

Tapi, tahukah Kamu hal demikian itu justru menunjukkan hubungan yang tidak sehat? Karena, salah satu tips untuk menjaga hubungan sehat dengan pasangan adalah mau berbagi dan membicarakan apapun masalah yang sedang Kamu hadapi. Lalu bersama-sama mencari solusinya, bukan dipendam sendiri dan menunjukan bahwa Kamu baik-baik saja tanpa punya masalah di depan pasanganmu.

4. Saling Sayang Selamanya

Ilustrasi pasangan. (Special)

Biasanya pasangan yang telah lama berhubungan, rasa sayangnya akan memudar. Namun, bila Kamu ingin hubungan yang sehat dan langgeng jangan biarkan rasa sayang itu pudar. Semakin lama berhubungan dan seiring bertambahnya usia dan kedewasaan kedua belah pihak, seharusnya rasa sayang itu selalu ada bahkan meningkat. Dengan begitu menandakan hubungan Kamu dan pasangan sehat dan akan langgeng.

5. Saling Dukung dan Kerjasama

Ilustrasi pasangan. (Special)

Tips hubungan yang sehat dengan pasangan, salah satunya bisa diwujudkan dengan saling mendukung dan bekerja sama. Di saat salah satu dari kalian memiliki masalah, dukungan dari pasangan akan menguatkan dan membuat percaya diri bahwa Ia mampu menghadapi masalah. 

Selain dukungan, kerja sama juga tak kalah pentingnya, agar pasangan merasa tidak sendirian. Selain itu, pasangan juga akan merasa Kamu bisa diandalkan untuk membantu menghadapi masalahnya. Hal ini juga jadi kunci untuk menjaga hubungan yang sehat dan langgeng.

6. Saling Percaya

Ilustrasi pasangan. (Special)

Dasar menjalin hubungan yang sehat salah satunya adalah kepercayaan. Percaya lebih dari sekadar yakin bahwa pasangan tidak selingkuh atau berbohong. Kepercayaan di sini bisa juga berupa keyakinan bahwa pasangan Kamu akan menjaga perasaanmu dan tidak menyakiti fisik maupun mental Kamu.

7. Quality Time

Ilustrasi pasangan. (Special)

Tips terakhir yang juga sangat penting untuk hubungan yang sehat, ialah selalu menyempatkan waktu untuk bersenang-senang berdua saja dengan pasangan. Sesibuk apapun Kamu dengan pekerjaan atau aktivitas harian, jangan lupa untuk luangkan waktu bersama pasangan. 

Cobalah hal-hal atau kegiatan baru yang belum pernah dilakukan bersama pasangan. Ini bisa jadi cara seru yang tidak membosankan untuk menjaga hubungan yang sehat dan langgeng.