Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | TIPS JAGA KESEHATAN DI MUSIM PANCAROBA

Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

LS Health
Penulis: LS Health
Selasa, 16 Maret 2021 | 10:13:23
Durasi baca: 1 menit, 46 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Bagi kamu khususnya yang punya segudang aktivitas, menjaga kesehatan di musim pancaroba sebaiknya jadi prioritasmu. Dengan tubuh yang bugar, kamu pun tetap lancar dalam menjalankan aktivitas. Kalau sakit melanda, tentu segudang aktivitasmu terancam terbengkalai.

Musim pancaroba bisa terjadi dua kali dalam setahun, yaitu ketika peralihan dari musim kemarau ke musim hujan atau dari musim hujan ke musim kemarau seperti sekarang ini terjadi peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Daya tahan tubuh biasanya melemah kala musim pancaroba. Di sisi lain, kamu juga harus menghadapi penyakit tertentu yang mengintai di tengah masyarakat ketika musim pancaroba saat ini.

Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Siapkan jaket, jas hujan, dan payung

Baca juga: Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Cuaca di musim pancaroba memang tak menentu. Jika hujan mulai datang sesekali, artinya musim pancaroba sudah tiba. Meski hujan tak datang setiap hari, kamu harus siap jika hujan datang sewaktu-waktu.

Konsumsi makanan bergizi dan suplemen

Bolehlah kamu ngemil mecin sesekali, tapi ingat juga untuk mengonsumsi makanan bergizi ya. Dengan asupan gizi yang baik, sistem kekebalan tubuh juga akan bekerja maksimal. Perhatikan asupan gizi mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak. Jadi, kamu bisa makan kombinasi antara nasi, sayur, buah, protein hewani atau nabati setiap harinya. Kalau perlu, konsumsi suplemen agar asupan gizimu lebih terjaga.

Istirahat cukup

Kalau tubuh kurang istirahat maka bisa menurunkan daya tahan tubuh lho! Usahakan untuk selalu tidur dalam waktu yang cukup setiap hari yaitu 6 – 8 jam. Saat tidur, organ tubuh juga akan beristirahat. Bayangkan kalau kurang istirahat, maka organ tubuh juga akan kelelahan.

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Untuk Kesehatan Wanita


Olahraga

Lakukan olahraga rutin sepertI jogging, senam, bersepeda atau sekedar jalan kaki. Olahraga punya banyak manfaat termasuk merangsang produksi hormon dopamin, yang membuat perasaan jadi lebih senang dan bahagia. Hormon ini juga membantu mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Jaga asupan air putih

Yang gak kalah penting adalah menjaga asupan air putih dalam jumlah cukup. Kalau kekurangan cairan, organ tubuh dan sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif. Jumlah air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap harinya adalah 1200 ml – 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah musim pancaroba ini.

Baca juga: Cek Kesehatan dari 6 Warna Darah Menstruasi

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba Musim Pancaroba Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health