Tips Jitu agar Keuangan Tetap Aman Saat Pandemik Covid-19

Senin, 6 April 2020 | 17:53:31

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tips Jitu Agar Keuangan Tetap Aman Saat Pandemik Covid-19

Siapa yang gajinya sudah dipotong? Atau malah dirumahkan karena pandemik COVID-19? Atau sebaliknya, pengeluaran membengkak karena membeli banyak peralatan disinfektan yang semakin hari, semakin mahal? Belum lagi, Ramadhan dan Lebaran yang sudah di depan mata. Pertama dan utama, tarik nafas dan jangan panik; percayalah bahwa situasi ini akan berlalu dan semuanya akan baik-baik saja. Kedua, kita mesti mulai memperbaiki dan membereskan keuangan pribadi. Apa yang bisa kamu lakukan agar kondisi keuangan tetap aman di tengah krisis global seperti ini?

Prioritaskan Tagihan

Lihat semua tagihan kamu dan identifikasi mana yang penting dan mana yang mungkin tidak perlu dibayar segera. Meskipun ada kebijakan pemerintah mengenai keringanan cicilan, tapi kamu tetap harus memprioritaskan semua tagihanmu agar tidak ada tunggakan di bulan berikutnya.

Kurangi Pengeluaran

Kamu harus mulai mengurangi pengeluaran yang tidak penting karena kita tidak tahu sampai keadaan seperti ini akan berlangsung. Coba kurang pengeluaran yang sifatnya tidak mendesak atau harus, seperti hiburan, belanja online, dan order makanan melalui aplikasi.

Prioritas pada Kebutuhan yang Mendesak

Saat ini, prioritasnya bukan lagi keinginan versus kebutuhan, tetapi bergeser menjadi kebutuhan mendesak. Oleh karenanya buat daftar kebutuhan-kebutuhan yang bersifat mendesak. Jika ada satu-dua kebutuhan yang selama ini dipenuhi tapi begitu mendesak saat ini, lebih baik ditunda terlebih dahulu. 

No Panic Buying

Melakukan belanja berlebihan malah akan memperburuk keadaan saat pandemik ini. Stok di toko habis, padahal pergerakan produksi juga sedang menurun. Efeknya akan sangat terasa dan tidak bagus juga untuk negara. Jadi, tetaplah tenang dan percayalah, pasti akan ada jalan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Tunda Keinginan Tersier

Membeli baju baru atau gadget baru, dan sebagainya, sebaiknya diliburkan dulu, ya. Setidaknya, sampai kondisi benar-benar kondusif. Keinginan tersier ini biasanya muncul karena kita ingin memberi reward diri sendiri, jadi untuk sementara tunda terlebih dahulu memberikan hadiah diri sendiri dengan membeli produk yang mahal. Berikan reward cuma-cuma kepada diri sendiri, misalnya dengan melakukan maskeran atau luluran sendiri. 

Intinya, bijaklah menggunakan uang dalam kondisi krisi ya, Ladies! Selain bijak menggunakan uang, jangan lupa juga untuk tetap melakukan bagian kita dalam menghentikan penyebaran virus Corona ini. Seperti biasa, pastikan kamu mencuci tangan secara teratur, jaga kesehatan badan dan mental dengan makan sehat dan tidur yang cukup. Selain itu, jaga jarak dari orang yang sakit dan jangan keluar rumah terutama jika kamu tidak enak badan. Dan seperti yang baru saja disampaikan pemerintah, gunakan masker kain saat keluar rumah meskipun kamu tidak sakit. 

Sumber foto utama: Freepik.com