6 Tips Jitu Menghadapi Pasangan yang Posesif

Selasa, 19 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Tips Jitu Menghadapi Pasangan Yang Posesif

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kepercayaan merupakan pondasi utama dalam suatu hubungan. Tapi sayangnya, terkadang sulit bagi setiap pasangan untuk menerapkan rasa saling percaya.

Sehingga timbullah sikap posesif dan kerap curiga, bahkan mengekang segala hal yang dilakukan pasangannya. Tentu saja hal ini membuat tidak nyaman, dan bila dibiarkan akan membuat kamu merasa tertekan akan sikap pasanganmu yang posesif itu. 

Tips Menghadapi Pasangan yang Posesif

Nah, bila kamu merasa pasanganmu bersikap posesif, kamu bisa lakukan tips jitu menghadapi pasangan posesif  berikut ini.

1. Bersikap Terbuka dalam Segala Hal

pasangan posesif
Foto: Ladiestory.id

Bersikaplah terbuka dengan pasangan kamu dalam hal apapun. Jangan pernah menyembunyikan kebenaran, karena kebohongan sekecil apapun mungkin tak berbahaya. Tapi, bila kebohongan kecil itu terungkap dapat berubah menjadi permasalahan yang besar, lho.

2. Yakinkan Dia Bahwa Kamu Mencintainya Sepenuh Hati

Sikap posesif pasanganmu selama ini mungkin saja berawal dari fakta bahwa kamu tidak bisa membuatnya merasa dicintai sepenuh hati, karena kamu kurang memperhatikannya, dan sibuk sendiri. 

Bila memang begitu, maka kamu perlu meyakinkan dia bahwa kamu mencintainya dengan tulus dan sepenuh hati. Kamu bisa buktikan cintamu, dengan lebih mempedulikannya dan memberi kado kejutan untuk menunjukan bahwa kamu memang memperhatikannya.

3. Bicarakan Hal Ini dengan Pasangan

pasangan posesif
Foto : Ladiestory.id

Terkadang pasangan sendiri tidak sadar bahwa apa yang dilakukan pada kamu menjurus pada sikap posesif. Untuk itu, cobalah kamu ajak pasanganmu duduk santai berdua dan bicaralah dari hati ke hati mengenai sikap posesifnya.

Ada banyak sebab yang membuat seseorang menjadi posesif. Salah satunya mungkin trauma yang terjadi dalam hubungan sebelum dengan kamu, sehingga  dia takut kehilanganmu dan bersikap posesif untuk menjagamu.

4. Kenalkan Pasanganmu dengan Teman-Teman Kamu

Biasanya pasangan yang posesif tidak bisa percaya dengan apapun yang kamu lakukan. Itu terjadi bisa saja karena dia merasa asing dan tidak kenal dengan lingkungan di sekitar kamu, sehingga yang bisa dilakukannya adalah menaruh curiga dengan apa yang kamu lakukan. 

Maka dari itu, tak ada salahnya bila kamu mengenalkan pasangan pada teman-teman kamu. Sehingga ia tahu dan dapat merasa nyaman bila tahu dengan siapa kamu menghabiskan waktu ketika sedang tidak bersamanya.

5. Bersikap Kompromi

Foto: Ladiestory.id

Terkadang demi menjaga hubungan tetap baik dan langgeng dengan pasangan, kita harus bisa berkompromi. Seperti misalnya pasanganmu terlalu sensitif atau tidak suka bila kamu sering menghabiskan banyak waktu bersama teman-temanmu, maka kamu bisa mengurangi kebersamaan kamu bersama teman-teman.

Tapi, bukan berarti kamu harus memangkas semua hal yang tak disukainya dalam kehidupan kamu. Namun, sekali lagi hanya untuk berkompromi, demi menyelamatkan hubungan kamu dan pasangan dari pertengkaran kecil yang berkepanjangan.

6. Beri Kabar Saat Sedang Tidak Bersamanya

Saat kamu sedang berada jauh dari pasangan atau kalian tidak dapat menghabiskan waktu bersama, cobalah untuk selalu memberinya kabar baik lewat pesan ataupun telepon.

Beri tahu padanya terlebih dahulu bila kamu sedang sibuk dan tidak bisa dihubungi. Sehingga sikap posesifnya yang terus mencari tahu atau menanyakan keberadaan kamu bisa berkurang.

Itulah 6 tips jitu menghadapi pasangan yang posesif. Semoga bermanfaat.