Agar Tak Menyesal, Ini 5 Tips Jitu Pilih Jurusan Kuliah

Jumat, 11 November 2022 | 13:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Agar Tak Menyesal, Ini 5 Tips Jitu Pilih Jurusan Kuliah

Ilustrasi kuliah. (Special)

Ladiestory.id - Dalam menentukan pendidikan tentunya harus didasari dengan keingininan yang tinggi serta passion atau kemampuan, apalagi saat kamu akan lanjut ke jenjang perguruan tinggi.

Tak jarang, hal ini membuat seseorang merasa dilema untuk menentukan sesuatu yang penting bagi masa depan hingga kariernya kelak. Sebelum memutuskan jurusan kuliah, ada baiknya meminta saran dari orang tua. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan lima tips jitu memilih jurusan kuliah berikut.

Cari Tahu Minat dan Bakat

Ilustrasi kuliah. (Special)

Setelah lulus dari SMA/SMK, maka kamu mungkin akan mengalami dilema dalam menentukan perguruan tinggi impian dan jurusan yang ingin ditekuni. Memilih jurusan kuliah tentunya tidak mudah dan membutuhkan banyak pertimbangan matang untuk memutuskannya. Tak heran jika banyak orang yang mudah ragu, dilema, hingga merasa galau saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Untuk itu, kamu harus mencari tahu minat dan bakat yang ada dalam dirimu. Dengan megetahui minat dan bakat, kamu akan lebih mudah menemukan jurusan terbaik yang akan dijalanimu.

Lihat Potensi dalam Diri

Ilustrasi kuliah. (Special)

Selain minat dan bakat, tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat ialah dengan melihat potensi yang ada dalam dirimu. Setiap orang tentu memiliki talenta ataupun faktor pendukung yang dapat mengarah ke masa depannya.

Jika kamu gemar menggambar atau membuat sebuah desain, maka kamu bisa mengambil jurusan yang mengarah ke arsitektur ataupun fashion design. Kendati memiliki hobi dan bakat menggambar, kamu mungkin tidak tertarik mengambil jurusan seni, tapi justru lebih menyukai kesehatan atau ilmu sosial. Hal tersebut tentunya bukan menjadi suatu masalah, yang terpenting ialah bagaimana kamu menyukai jurusan yang ingin ditekuni nanti.

Lihat Prospek Jurusan

Ilustrasi kuliah. (Special)

Hal selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah ialah melihat prospek atau peluang karier. Tentunya, setiap jurusan kuliah memiliki prospek karier yang baik di masa depan, kembali lagi bagaimana peluangmu dalam mengasah soft skill dan hard skill.

Cobalah mempertimbangkan dan mengamati kondisi di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Hal ini agar tidak terburu-buru dan salah memilih jurusan kuliah. Kamu bisa mengobservasi jurusan yang sedang dicari banyak peminatnya, bahkan mudah menyerap tenaga kerja.

Pertimbangkan Biaya

Ilustrasi kuliah. (Special)

Saat memasuki perguruan tinggi, hal lainnya yang harus dipertimbangkan adalah biaya, terutama dana pendidikan. Biaya pendidikan yang harus dikeluarkan setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Setiap jurusan perkuliahan pun memiliki jumlah dana pendidikan yang berbeda-beda pula.

Maka dari itu, perlu ada pertimbangan matang dari segi ekonomi. Cobalah diskusikan dengan orang tua terkait biaya pendidikan maupun biaya akomodasi saat menempuh studi. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu soal peluang beasiswa.

Jangan Buru-buru Ambil Keputusan

Ilustrasi kuliah. (Special)

Setelah menerapkan beberapa tips di atas, sebaiknya kamu jangan teruru-buru dalam mengambil keputusan. Pasalnya, memilih jurusan kuliah dinilai seperti halnya memilih pasangan hidup, yakni perlu pertimbangan secara matang dari segala aspek.

Hal ini untuk mengindari putus kuliah lantaran kamu tidak suka dengan jurusan yang ditekuni. Pikirkan jurusan kuliah secara matang dan bertanggung jawab atas pilihan yang telah diambil.