Hindari Kejahatan Online, 5 Tips Keamanan Berinternet

Jumat, 10 Juni 2022 | 22:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Hindari Kejahatan Online, 5 Tips Keamanan Berinternet

ilustrasi kerja online. (Special)

Ladiestory.id - TikTok berkomitmen untuk menginspirasi komunitas di seluruh dunia agar tetap aman saat berselancar secara daring (online). Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan TikTok untuk mendorong orang-orang menjadi #BeCyberSmart atau bijak bersiber, dilakukan dengan merayakan Hari Media Sosial bersama para kreator, pakar, dan organisasi terkemuka seperti ConnectSafely, Family Online Safety Institute (FOSI), hingga National Cybersecurity Alliance (NCA).

Guna memastikan para pengguna TikTok memiliki pengalaman berselancar yang aman, di manapun mereka sedang online, TikTok dengan semangat menghadirkan beberapa tips dan tools favorit agar para pengguna tetap merasa aman dari kejahatan online yang mengincar. Berikut tips keamanan berinternet ala TikTok yang bisa dicoba.

Tips Aman Berinternet Ala TikTok. (Spesial)

Berselancar dengan bijak

Ilustrasi Perempuan dengan Laptop. (Special)

Hati-hati saat menyambungkan perangkat ke Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanannya. Selalu pakai kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun. Aktifkan verifikasi dua langkah untuk lebih amannya.

Jaga privasi

Etika Hargai Privasi Orang (Special)

Lihatlah fitur kontrol keamanan dan privasi TikTok yang mudah digunakan untuk menyesuaikan pengalaman online Kamu.

Awas terpancing

Ilustrasi komputasi. (Spesial)

Phising adalah taktik yang digunakan untuk mencuri informasi pribadi. Hindari membuka, mengunduh, atau mengklik tautan dan lampiran dari pengirim yang tidak dikenal.

Jangan tinggalkan jejak

Keamanan saat Online. (Special)

Perbarui semua perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebelum hendak menjual perangkat, pindahkan semua data pribadi, foto atau video, lalu hapus semua konten di perangkat tersebut agar aman.

Mainkan, tonton, dan pelajari bersama

Ilustrasi Bermain Gadget. (Special)

Bekerja sama dengan Global Cyber Alliance (GCA), TikTok mengembangkan panduan untuk keluarga. Dengan lebih dari 100 mitra di seluruh dunia, GCA sejalan dengan TikTok untuk keamanan siber dan privasi, bekerja untuk memberikan solusi keamanan siber yang cocok untuk semua orang. Panduan langkah demi langkah yang gratis ini akan membantu individu dan keluarga untuk menanamkan kebiasaan keamanan siber yang kuat.

“Dengan komunitas global dan dinamis, TikTok menyediakan platform yang kuat untuk menyebarkan kesadaran keamanan siber dan pengetahuan tentang bagaimana caranya dalam skala besar, selagi kami berupaya mencapai komitmen kami untuk membangun dunia yang lebih aman dan terlindungi,” jelas Phillip Reitinger selaku Presiden dan CEO Global Cyber Alliance.

s