Tips Memakai Anting Emas Putih Agar Tidak Mudah Iritasi

Selasa, 18 Agustus 2020 | 20:56:10

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tips Memakai Anting Emas Putih Agar Tidak Mudah Iritasi

Pernahkah kamu memakai perhiasan seperti kalung, anting, atau gelang, kemudian kulit terasa gatal dan kemerahan? Jika iya, bisa jadi kamu alergi terhadap logam. Gatal dan timbul bercak merah pada kulit merupakan gejala awal bahwa kulit kamu memiliki alergi dengan perhiasan. Rasa gatal yang timbul akibat kontak dengan logam biasa dikenal dengan istilah dermatitis kontak. Hal ini diakibatkan karena adanya kontak antara logam dengan kulit.

Alergi logam adalah salah satu penyebab umum alergi pada kulit. Para penderita alergi ini biasanya mengembangkan gejala dermatitis (eksim) di area kulit yang terkena logam dan mengandung nikel.  Alergi terhadap nikel sering dikaitkan dengan perhiasan. Namun, nikel juga dapat ditemukan di barang sehari-hari kamu, seperti koin, ponsel, hingga bingkai kacamata.  Reaksi alergi ini mungkin akan muncul setelah terjadi paparan berulang atau dipakai dalam waktu yang lama. Obat dan perawatan khusus memang dapat meringankan gejala alergi.

Walaupun demikian, kamu perlu menghindari kontak kulit terhadap logam atau nikel ketika reaksi alergi sudah terlihat.  Alergi nikel sering dikaitkan dengan anting dan perhiasan lainnya. Namun nikel dapat ditemukan di banyak barang sehari-hari, seperti koin, resleting, ponsel, dan bingkai kacamata. Reaksi alergi akibat logam dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari usia dan jenis kelamin. Setelah tkamu-tkamunya muncul, alergi dapat bertahan selama bertahun-tahun hingga seumur hidup.  Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada wanita. Hal ini mungkin dikarenakan mereka lebih sering menggunakan perhiasan, seperti anting atau kalung, dibandingkan pria.

Tips Agar Tak Alergi Memakai Anting Emas Putih

  • Gunakan Perhiasan dengan Logam Hypoallergenic
  • Kenali Jenis Kulit Kamu
  • Cari tahu sumber masalah iritasi kulit kamu. Apakah kulit kamu alergi terhadap bahan tertentu ?
  • Hindarilah memakai anting dari bahan itu dalam waktu yang lama.
  • Lapisi dengan cat kuku bening
  • Untuk bahan yang membuat kulit kamu iritasi bisa dilapisi tipis-tipis dengan cat kuku bening
  • Jaga kebersihan anting
  • Beli anting dari bahan yang ramah untuk kulit

Tingkat keparahan alergi ini juga beragam. Beberapa orang mungkin akan mengembangkan gejala yang ringan segera setelah berkontak dengan perhiasan. Namun, tidak sedikit pula yang mengalami reaksi alergi setelah bertahun-tahun menggunakan barang yang mengandung nikel.

Salah satu bahan yang tidak menyebabkan iritasi kulit adalah Steel tipe 316L Titanium, bahan ini tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Perawatannya juga sangat mudah boleh dibilas dengan air karena bahan ini anti karat. Ruam yang disebabkan oleh alergi nikel biasanya tidak akan mengancam kesehatan anda. Tetapi jika alergi anda semakin mengganggu atau bahkan jadi infeksi, segera konsultasikan ke dokter kulit. Semoga tips ini bisa membantu kamu yah,ladies.

 

Sumber Foto Utama: Freepik.com