Tips Memilih Cincin Nikah untuk Kamu dan Pasangan

Selasa, 22 Desember 2020 | 00:28:12

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tips Memilih Cincin Nikah Untuk Kamu Dan Pasangan

Cincin pernikahan menjadi simbol hubungan kedua mempelai pengantin. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pemilihan cincin pernikahan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih cincin nikah. Penasaran? Simak 5 tips memilih cincin nikah berikut ini!

1.Perhatikan Anggaran

Tips pertama yang penting untuk diperhatikan adalah anggaran yang ada. Jangan pernah memaksakan beli cincin yang harganya tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki karena akan menyusahkan kamu di kemudian hari.

2.Pahami Material Dasar Cincin

Selanjutnya, tips memilih cincin nikah untuk kamu dan pasangan yang tidak kalah pentingnya adalah dengan memahami material dasar cincin. Secara umum, ada dua bahan dasar emas, yaitu emas kuning dan emas putih. Cincin emas kuning biasanya menjadi pilihan paling umum pasangan yang akan menikah karena kualitasnya yang bisa tahan terhadap berbagai perubahan kimia. Sementara cincin emas putih merupakan logam mulia dengan lapisan rhodium yang membuatnya kuat dan awet. Tips memilih bahan cincin pernikahan, yakni dengan tetap menyesuaikan terhadap anggaran yang ditetapkan di awal sebab apa pun pilihan kamu, kondisi keuanganlah yang menentukan.

3.Sesuaikan Model dan Ukuran Cincin

Selain memahami material dasar cincin, kamu juga perlu menyesuaikan model dan ukuran cincin terhadap jari kamu dan pasangan. Jangan sampai model yang diincar hanya cocok dikenakan oleh pengantin pria, begitu pun sebaliknya Ukuran juga menjadi perhatian penting saat memilih cincin sebab akan digunakan selama mungkin. Adapun rekomendasi model dan ukuran sebaiknya berbentuk polos dan terlihat sederhana. Namun, jika kamu dan pasangan memilih bentuk cincin dengan tampilan menawan, pilihlah yang nyaman saat dikenakan.

4.Tentukan Waktu Membeli Cincin

Tidak sedikit pasangan yang lebih mengedepankan urusan acara pernikahan dibanding memilih cincin. Jika membeli cincin jelang hari-H, maka bisa saja kamu tidak punya waktu untuk memilih cincin nikah berkualitas dengan harga yang sesuai anggaran. Maka dari itu, tentukan waktu membeli cincin agar kamu dan pasangan tidak terburu-buru.

5.Beli di Toko Terpercaya

Terakhir, belilah cincin di toko perhiasan terpercaya. Hal ini disebabkan oleh maraknya perhiasan palsu yang tidak sesuai antara kadar dengan karat emasnya. Dengan membeli di toko terpercaya, kamu pun dapat menyesuaikan dengan model dan ukuran cincin seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai tips memilih cincin nikah yang penting untuk kamu perhatikan. Selain cincin nikah, kamu juga perlu memperhatikan hidup, khususnya kondisi keuangan setelah proses pernikahan berlangsung.

Sumber Foto Utama: Freepik.com