Tips Menjalani Hidup Sehat Untu Masyarakat Modern

Selasa, 27 April 2021 | 20:52:05

LS Health

Penulis : LS Health

Tips Menjalani Hidup Sehat Untu Masyarakat Modern

Bagi setiap orang, kesehatan merupakan harta terbesar setiap manusia. Betapa kaya atau glamornya kehidupan seseorang, tidak akan bisa dinikmati sepenuhnya apabila diserang penyakit atau kesehatannya terganggu. Maka itu, di era modern seperti sekarang, gaya hidup sehat sangat layak diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Lalu, bagaimana masyarakat modern dapat menerapkan cara hidup sehat yang mudah dan praktis? Ternyata cara hidup sehat itu tidak sulit kok! Mulailah dengan kebiasaan – kebiasaan baik berikut ini ya, ladies.

Minum Air Putih 8 – 10 Gelas

Jarang disadari terkadang bibir kering dan pecah-pecah, kurang konsentrasi, hingga sakit kepala, merupakan beberapa gejala umum kekurangan minum air putih. Setiap orang direkomendasikan untuk minum air putih sebanyak 2 – 3 liter per harinya atau minimal 8 gelas per hari. Gejala lain yang bisa dilihat jika kekurangan minum air putih adalah intensitas warna urine yang berubah kuning atau keruh. Terkadang, beberapa orang juga mengalami kesulitan BAB atau konstipasi.

Beristirahat 8 Jam

Masih banyak orang yang mengabaikan betapa pentingnya memiliki jam istirahat yang cukup. Para dokter dan ahli medis merekomendasikan jam tidur normal adalah 7 – 8 jam setiap malam. Dengan jam istirahat yang cukup, otak akan berfungsi maksimal dan tubuh dapat meregenerasi sel – sel yang rusak. Tubuh manusia tidak bisa dipaksa untuk terus bekerja atau beraktivitas lebih dari 8 jam.

Yoga

Melakukan yoga saat ini sudah menjadi tren yang lumrah di kalangan masyarakat modern, terutama di perkotaan besar. Banyak kelas yoga atau tempat yoga yang didirikan untuk memenuhi permintaan peserta yang semakin bertambah setiap tahun.

Yoga dikenal luas sebagai salah satu jenis olahraga yang cocok untuk menyeimbangkan kebugaran fisik sekaligus pikiran. Seperti yang diketahui, masyarakat modern dengan aktivitas padat sangat rentan terkena serangan stres. Untuk itu, yoga bisa menjadi media alternatif cara hidup sehat yang dapat dipilih.

Olahraga Ringan Secara Rutin

Tak perlu dipertanyakan lagi tentang manfaat berolahraga rutin bagi kesehatan tubuh manusia. Olahraga merupakan cara hidup sehat yang paling prioritas dan disarankan ahli medis. Olahraga baik untuk melatih kesehatan jantung, kepadatan tulang, menjaga berat badan ideal, dan tentunya menghalau stres. Yang penting untuk diingat adalah olahraga harus dilakukan secara teratur atau rutin.

Batasi Junk Food

Makanan junk food merupakan salah satu jenis makanan yang harus dibatasi atau bahkan dihindari karena tidak memenuhi angka kecukupan nutrisi. Makanan junk food umumnya dibuat dari tepung, minyak, gula yang kadarnya cukup tinggi. Sehingga menyebabkan tubuh mendapatkan asupan kalori berlebihan.

Saat menjalani cara hidup sehat yang terbaik adalah menerapkannya sebagai gaya hidup. Sehingga kamu bisa lebih mudah menjalaninya dan melakukannya dengan lebih enjoy tanpa terpaksa.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com