5 Tips Mental Sehat dan Hidup Anti Drama

Kamis, 12 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Mental Sehat Dan Hidup Anti Drama

Ilustrasi santai. (Special)

Ladiestory.id - Hidup berjalan tidak selalu seperti yang kamu inginkan. Saat bahagia dan terpuruk pasti akan terjadi di setiap hidup yang dijalani, seperti layaknya roda yang berputar. Bahkan, drama-drama kehidupan yang sering kali membuat dirimu hidup seakan diuji dengan berbagai cobaan, dan mental dipaksa kuat untuk terus bertahan.

Sebagai manusia, pastinya kamu akan sering jatuh berkali-kali lalu tetap bangkit kembali. Kamu juga merasa lelah menghadapi semua drama kehidupan sampai-sampai kesehatan mental pun ikut terganggu. Tidak perlu risau, berikut Ladiestory.id telah merangkum tips untuk hidup bebas drama dan lebih sehat mental.

Tutup Telinga

Ilustrasi tutup telinga. (Special)

Memang hal yang sudah lumrah bila kamu mendengarkan perkataan orang lain, baik itu kritik maupun saran. Akan tetapi, ingatlah bahwa kamu tidak bisa menyenangkan hati semua orang dan membuat mereka ikut serta menyukaimu. Pasti ada saja orang yang tidak bisa menerima kamu apa adanya.

Jika suatu saat kamu mendapati seseorang membicarakan sesuatu yang buruk tentangmu, maka berusahalah untuk tutup telinga dan tidak mendengarkannya. Jika memang diharuskan mendengarkan apa yang dikatakan, sebaiknya jangan masukan hal itu ke dalam hati. Apalagi, hingga membuatmu overthinking berhari-hari.

Bila kamu terlalu sering mendengarkan perkataan jelek seseorang tentangmu, hal itu hanya akan membuat suasana hatimu rusak dan tidak bersemangat beraktivitas.

Jaga Perilaku

Ilustrasi berperilaku baik. (Special)

Zaman sekarang, banyak orang yang memiliki perasaan sensitif. Mereka akan mudah tersinggung, baik itu dengan hal-hal remeh ataupun serius. Maka dari itu, kamu harus bisa menjaga perilaku agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain, baik itu berupa perkataan atau tulisan di media sosial.

Tentu kamu tidak mau bukan jika hidup penuh drama hanya karena berurusan dengan hal-hal menyangkut perasaan orang lain. Jadi, akan lebih baik bila kamu menjaga perilakumu. Ini semua demi kedamaian hidupmu sendiri. 

Gunakan Media Sosial dengan Bijak

Ilustrasi media sosial. (Special)

Di zaman serba digital ini, banyak hal yang mudah sekali tersebar. Media sosial pun akan menyimpan semua hal yang kamu lakukan. Terkadang, sering bermain media sosial hanya akan membuatmu terlalu banyak mengetahui kehidupan orang lain.

Terlebih, jika kehidupan orang tersebut jauh lebih indah dari hidupmu. Hal itu hanya akan memicu rasa iri dan dengki dalam diri.

Supaya hidupmu lebih berkualitas dan anti drama, lebih baik batasi diri dalam bermain media sosial. Akan lebih baik bila kamu mengisi waktu luangmu dengan melakukan hobi atau hal-hal yang lebih bermanfaat untuk dirimu sendiri.

Jangan Terlalu Ikut Campur

Ilustrasi curhat. (Special)

Satu hal terpenting dalam hidup agar terbebas dari drama adalah tidak ikut campur dalam urusan orang lain. Jangan pernah berkeinginan untuk mengetahui apalagi ikut campur dalam urusan pribadi mereka, meskipun kamu berniat ingin membantunya.

Karena, selain tidak sopan, hal ini bisa memicu masalah datang dalam hidup. Perlu diingat, setiap orang memiliki kehidupan pribadi yang tidak suka diusik, apalagi menjadi perhatian orang lain. Ada saatnya kamu cukup mendengarkan ceritanya dan memberi saran saja.

Namun, jika seseorang ingin memberimu kepercayaan mengetahui privasinya, pastikan kamu tidak memaksa ingin mencari tahu lebih dalam mengenai kehidupannya. Itu semua hanya akan mendatangkan masalah dalam hidupmu.

Berhenti Berharap

Ilustrasi sedih. (Special)

Memiliki harapan bahwa orang lain akan memahami perasaan atau keadaanmu hanya akan membuatmu kecewa. Hal itu akan membawamu jauh dari kebahagiaan. Semua orang terdekatmu, baik itu keluarga, teman, pacar, bahkan sahabat, juga memiliki hidup yang harus dijalani.

Ada saatnya mereka akan sibuk dengan urusan atau masalah yang dihadapi. Tentunya, kamu harus mencoba memahami mereka. Kamu pun perlu terbiasa untuk menghadapi masalah yang ada secara mandiri. Di sisi lain, hal itu juga akan melatih mentalmu agar lebih kuat untuk tantangan hidup ke depannya.