Jangan Salah! Ini Tips Merawat Sepatu Dari Kulit Sintetis, Agar Tidak Mengelupas

Minggu, 15 Agustus 2021 | 01:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Salah! Ini Tips Merawat Sepatu Dari Kulit Sintetis, Agar Tidak Mengelupas

Foto : Ladiestory.id

Sepatu merupakan salah satu item fashion yang penting, hal ini tak lepas dari penggunaannya yang diwajibkan untuk urusan pekerjaan. Bila tak dirawat dengan baik biasanya sepatu akan rentan rusak seperti sepatu yang terbuat dari kulit sintetis.

Tips Merawat Sepatu dari Kulit Sintetis

Kamu bisa coba lakukan tips merawat sepatu dari kulit sintetis, agar tidak mengelupas dan lebih awet. Yuk simak tipsnya dibawah ini. Berikut tips agar sepatu sintetis lebih awet dan tidak mengelupas

1. Simpan di Tempat yang Benar dan Jangan Menumpuknya

Foto : Ladiestory.id

Agar sepatu sintetis tidak mengelupas, salah satu cara merawatnya adalah dengan menyimpannya di tempat yang benar dan terhindar dari sinar matahari, tapi juga tidak lembab. Hal ini agar sepatu tidak ditumbuhi jamur. 

Sepatu juga harus disimpan ditempat yang lega yang punya cukup ruang, hal ini  agar sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan pernah menyimpan sepatu dengan ditumpuk yang tujuannya untuk menghemat ruang. Karena hal itu justru akan membuat sepatu jadi mudah mengelupas karena lapisannya mudah tergores. 

Selain itu jangan pula menyimpan sepatu dengan membungkusnya dengan plastik. Cukup simpan sepatu di tempat yang tidak berdebu agar sepatu tetap bersih. 

2. Bersihkan Sepatu dengan Sikat atau Lap  

Foto : Ladiestory.id

Bila sepatu sintetis kotor jangan pernah membersihkannya dengan cara mencucinya dengan deterjen. Karena deterjen justru akan membuat sepatu terkelupas.

Cara terbaik untuk membersihkan sepatu sintetis yang kotor adalah dengan menyikatnya perlahan dengan satu arah. Atau bisa juga mengelapnya dengan kain basah. Itulah salah satu cara merawat sepatu kulit sintetis yang benar.

Untuk noda yang sulit hilang gunakan baby oil untuk  membersihkannya. Selain ampuh mengangkat noda pada sepatu sintetis, baby oil juga bisa menjaga keawetan sepatu sintetis Anda. 

3. Letakan Silica Gel di Tempat Penyimpanan Sepatu

Cara merawat sepatu kulit sintetis agar tidak mengelupas dan lebih awet salah satunya adalah dengan meletakan silica gel di tempat penyimpanan sepatu atau di kotak sepatu.

4. Jangan Gunakan Sepatu dalam Keadaan Basah 

Bila sepatu basah saat terkena hujan, jangan memaksakan diri untuk terus menggunakanya. Hal ini justru akan membuat sepatu kulit sintetis cepat rusak, air akan membuat sepatu jadi mengembang dan akhirnya mengelupas.

Karena itu keringkan sepatu dengan cara mengangin - anginkannya ditempat yang teduh dan sejuk. 

5. Gunakan Semir Sepatu yang Tepat

Foto : Ladiestory.id

Semir sepatu yang berkualitas rendah bila dipakaikan untuk sepatu bahan sintetis maka akan membuat sepatu mudah mengelupas. Karena itu pastikan untuk selalu menggunakan semir sepatu yang cocok dan bagus buat sepatu bahan sintetis.

Semir untuk sepatu bahan sintetis biasanya yang terbuat dari lilin lebah madu, minyak biji rami, dan minyak pinus. 

Nah, itulah cara yang benar tips merawat sepatu dari kulit sintetis, agar tidak mengelupas dan lebih awet. Semoga bermanfaat.