Agar Lebih Berkualitas, Ini 5 Tips Pilih Circle Pertemanan

Minggu, 31 Juli 2022 | 00:01:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Agar Lebih Berkualitas, Ini 5 Tips Pilih Circle Pertemanan

Ilustrasi pertemanan. (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang pasti ingin memiliki teman-teman yang baik, yang tentunya mendukung proses untuk bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Oleh karena itu, bisa dibilang, circle pertemanan memiliki pengaruh yang cukup penting.

Circle pertemanan akan memberikan dampak pada kebiasaan dan pola pikirmu. Berada dalam circle toxic, tentu pola pikir dan kebiasaan kamu ikut-ikutan toxic.

Begitu pun sebaliknya, ketika kamu berada dalam circle pertemanan yang berkualitas, kamu juga akan ikut tumbuh dan berproses seperti circle-mu. Circle pertemanan yang positif juga dapat memberikan kebahagiaan dalam hidupmu.

Lalu, bagaimana caranya memilih circle pertemanan yang lebih berkualitas? Yuk simak tips berikut!

Carilah Teman yang inspiratif

Ilustrasi teman yang saling menginspirasi. (Spesial)

Orang-orang yang ada sekitarmu memiliki pengaruh yang besar bagi dirimu, entah itu dari segi pola pikir, kebiasaan, bahkan tingkah laku. Maka dari itu, kamu harus selektif dan berhati-hati dalam memilih circle pertemanan.

Untuk kamu yang berada dalam fase ingin terus berkembang, carilah teman-teman yang penuh dengan energi positif dan juga menginspirasimu untuk selalu berani melakukan yang terbaik.

Carilah teman yang tidak hanya bisa diajak untuk nongkrong, tapi juga teman yang memiliki segudang aktivitas bermanfaat dan mampu berkontribusi bagi lingkungan sekitar. Circle pertemanan seperti ini akan membantu kamu maju dan berkembang.

Supportif

Ilustrasi teman yang saling mendukung. (Special)

Selain menginspirasi kamu, teman-teman yang berada dalam circle-mu harus mampu mendukungmu ke arah yang lebih baik. Jangan pilih teman yang iri dengan pencapaian dan keberhasilanmu.

Seorang teman yang selalu mendukung ini sangat penting di saat kamu berada dalam masa-masa yang sulit dan jatuh dalam keterpurukan. Circle pertemanan yang supportif dapat merangkul dan memotivasi satu sama lain, sehingga kamu tidak pernah merasa sendiri.

Circle yang Haus Ilmu dan Sama-sama Ingin Belajar

Ilustrasi belajar bersama. (Special)

Circle pertemanan yang haus ilmu dan belajar adalah circle pertemanan yang selalu mengedepankan rasa ingin maju dan terus tumbuh bersama. Percayalah, jika kamu menemukan circle pertemanan yang seperti ini hidupmu akan terasa lebih baik.

Rasanya akan sangat menyenangkan kalau kamu punya teman yang suka merekomendasikan kamu bahan bacaan atau buku-buku yang bisa menambah pengetahuan dan melejitkan karier kamu. Biasanya, teman yang seperti ini adalah teman yang asik untuk diajak diskusi, dia cerdas dan pastinya punya growth mindset.

Punya Nilai yang Sama dengan Dirimu

Ilustrasi pertemanan yang sefrekuensi. (Special)

Lebih tepatnya, kamu harus punya circle pertemanan yang sekfrekuensi, karena ini menyangkut nilai dan keyakinan yang kamu bawa. Jika satu frekuensi dengan temanmu, hal itu akan mempermudah kamu menghindari hal-hal negatif atau pertengkaran apabila suatu hari nanti terjadi perbedaan pendapat.

Circle pertemanan yang satu frekuensi biasanya akan lebih mudah untuk kamu ajak berjalan beriringan meski kadang isi pikiran tak selalu sama, tapi kamu dan dia punya tujuan yang sama. Kamu akan lebih mudah bercerita atau melakukan sesuatu dengannya. Punya circle pertemanan yang sefrekuensi denganmu akan membuat hidupmu tidak membosankan.

Pilih Teman yang Ada di Masa Sulit

Ilustrasi teman yang selalu ada. (Special)

Mencari teman saat kamu sedang senang, sedang kaya, sedang berada di puncak tidaklah sulit. Akan tetapi, mencari teman yang ada saat kamu sedang berada dalam masa-masa sulit tidak mudah ditemukan.

Jika kamu menemukan orang-orang yang mau menerimamu dan hadir saat kamu sulit, percayalah, mereka adalah teman sejatimu. Mereka adalah orang-orang yang bisa memahami bahwa hidup tak selamanya indah dan sesuai rencana. 

Saat kamu merasa sedih dan terpuruk, pundak mereka siap menopangmu dan telinga mereka siap untuk mendengar keluh kesahmu. Yang paling penting adalah, mereka tidak akan pernah meninggalkanmu seburuk apapun keadaanmu.

s