5 Tips Rawat Buku Agar Tidak Rusak dan Kuning

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:00:00

5 Tips Rawat Buku Agar Tidak Rusak Dan Kuning

Ilustrasi Penyimpanan Buku (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang yang memanfaatkan waktu weekend untuk beristirahat atau bersantai untuk sekadar membaca buku favorit. Di tengah kepadatan jadwal aktivitas harian, banyak orang yang hanya bisa membaca buku favorit-nya saat hari libur saja. Tanpa disadari, buku favorit kamu menjadi mudah rusak atau menguning meskipun jarang digunakan. Berikut cara merawat buku agar tidak rusak dan menguning.

Simpan Buku Ditempat Terbuka

Ilustrasi Tempat Terbuka (Ladiestory.id)

Saat menyimpan buku sebaiknya dilakukan pada rak yang terbuka dan tidak lembab. Buku yang tersimpan dalam tempat yang lembab dalam waktu yang lama, akan rentan mengalami oksidasi dan perubahan warna menjadi kuning.

Tempat terbuka juga sebaiknya tidak mengenai sinar matahari langsung, karena paparan sinar ultraviolet yang juga menyebabkan buku terokdasi. Jadi, kamu bisa simpan buku di tempat yang dirasa teduh.

Atur Posisi Buku

Ilustrasi Orang di Perpustakaan (Pinterest.com)

Cara merawat buku agar awet selanjutnya adalah mengatur posisi buku di rak penyimpanan. Saat menyimpan buku dengan sembarang akan mengakibatkan buku menjadi lebih rentan rusak, baik dari sampulnya hingga bentuk buku. Kamu dapat mengatur buku dirak dengan rapih sesuai selera. Misal kamu ingin mengatur sesuai warna buku agar terlihat rapih atau mengatur sesuai jenis buku fiksi atau non fiksi. Dengan menyimpan dengan susunan rapih di tempat penyimpanan, buku akan lebih awet dan bagus.

Jangan Lipat Halaman Buku

Ilustrasi Baca Buku (Ladiestory.id)

Setelah membaca buku, sering kali terburu-buru atau lupa yang membuat kita lebih sering melipat halaman buku sebagai pembatas. Setiap buku termasuk novel biasanya sudah terdapat pembatas buku yang bisa digunakan untuk membagi halaman yang sudah dibaca dengan halaman yang belum dibaca.

Jika sering melipat halaman buku akan membuat buku mudah rusak dan sobek pada halamannya. Jadi usahakan untuk menggunakan pembatas buku yang tersedia dalam buku favorit-mu.

Jika pembatas buku kamu hilang, kamu bisa membuatnya dengan mudah menggunakan kertas yang teksturnya lebih tebal. Kamu bisa berkreasi dengan memberi warna sesuai selera.

Sampul Buku

Ilustrasi buku (Ladiestory.id)

Tips selanjutnya adalah menyampul buku. Saat kamu baru membeli buku, usahakan untuk langsung memberi sampul pada buku. Dengan menyampul dapat mencegah bagian luar buku menjadi rusak atau mengelupas. Gunakan sampul buku yang berbahan plastik lebih tebal dan sesuaikan sampul juga dengan ukuran bukumu.

Atur Sirkulasi Udara

Ilustrasi Buku (Ladiestory.id)

Melansir Bookwritten, gas dalam kertas dapat keluar secara konsisten dan bisa mengakibatkan halaman buku menjadi menguning. Apalagi jika buku diletakkan dalam rak berbahan dasar kayu. Karena kayu diyakini memiliki gas atau bahan kimia yang serupa. Sehingga dapat mempercepat proses oksidasi pada buku yang membuat perubahan warna buku menjadi kuning.

Salah satu cara untuk merawat buku yang terakhir adalah dengan mengatur sirkulasi udara saat menyimpan buku. Kamu bisa nyalakan kipas atau simpan di ruangan ber-AC untuk melancarkan sirkulasi udara.

s