Cegah Penuaan Dini, Ini 7 Tips Rawat Kulit Area Mata

Senin, 25 Juli 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Cegah Penuaan Dini, Ini 7 Tips Rawat Kulit Area Mata

Ilustrasi Kantung Mata. (Special)

Ladiestory.id - Kulit di sekitar mata merupakan bagian yang kadang terlupakan saat melakukan perawatan wajah. Padahal, kulit sekitar mata juga membutuhkan perawatan rutin dan tepat. Hal ini dikarenakan kulit tersebut rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus.

Kini, telah banyak beredar produk perawatan untuk kulit sekitar mata. Produk berupa krim tersebut diyakini mampu mencegah tanda-tanda penuaan dinia. Namun, selain menggunakan krim, kamu juga perlu melakukan perawatan kulit sekitar mata dengan tips berikut ini.

Jaga Kelembapan

Foto: Hallodok

Tips pertama yang perlu kamu lakukan agar kulit di sekitar mata segar dan terhindar dari tanda penuaan dini adalah dengan menjaga kelembapannya. Cara menjaga kelembapan yaitu dengan memakai eye cream. Eye cream diformulasikan khusus untuk merawat kulit area mata. Selain menggunakan eye cream, kamu juga bisa memanfaatkan pelembap wajah. Namun, tidak semua kandungan yang ada pada pelembap wajah cocok digunakan pada kulit area mata.

Pilih Eye Cream yang Tepat

Foto: Shutterstock/puhhha

Pada umumnya, eye cream berfungsi untuk melembapkan serta mencegah tanda penuaan dini. Namun, masing-masing orang memiliki permasalahan serta kondisi kulit yang berbeda. Sehingga, kamu perlu lebih jeli dalam menentukan eye cream yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Eye cream untuk menghilangkan kerutan halus, mata panda, maupun mata bengkak tentunya memiliki kandungan yang berbeda. 

Bersihkan secara Rutin

Ilustrasi membersihkan riasan mata. (allure.com)

Selain menggunakan produk perawatan kulit area mata, kamu juga perlu menjaga kebersihannya. Bersihkan kulit area mata dengan lembut dan lakukan secara rutin. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cara mengaplikasikan skincare pada area mata tersebut. Ketika menggunakan skincare, sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan perlahan karena kulit sekitar mata tergolong tipis dan rentan mengalami iritasi.

Pijat Area Mata

Foto: Ladiestory.id

Tips selanjutnya untuk membuat kulit area mata sehat dan terhindar dari penuaan dini adalah dengan melakukan pijat area mata. Pijat lembut area sekitar mata dengan jari tangan atau bisa juga dengan menggunakan jade roller. Dengan memijat area mata secara rutin maka akan membuat kulit sekitar mata sehat dan terhindar dari mata bengkak.

Gunakan Tabir Surya

Ilustrasi liburan. (Special)

Tabir surya sangat bermanfaat untuk mencegah tanda penuaan dini. Tabir surya bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit area mata. Oleskan tipis-tipis tabir surya pada kulit sekitar mata. Lakukan secara perlahan karena area tersebut rentan mengalami iritasi. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Basuh Wajah dengan Air Hangat

Foto: Ladiestory.id

Jika kamu telah selesai beraktivitas seharian, jangan lupa untuk membersihkan wajah termasuk area sekitar mata. Ketika membersihkan wajah juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena jika salah langkah, maka akan menyebabkan kulit menjadi kering bahkan iritasi. Agar kulit area mata tetap lembap, sebaiknya gunakan air hangat untuk membasuhnya setelah selesai membersihkan wajah. Jika dilakukan secara rutin, maka akan membuat wajah terutama area mata menjadi lembap dan sehat.

Istirahat Cukup

Ilustrasi Tidur di Siang Hari (Pinterest.com)

Tips terakhir yang bisa Kamu lakukan untuk membuat kulit area mata sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur malam dengan durasi yang cukup yaitu sekitar enam hingga delapan jam. Istirahat yang cukup tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga dapat membuat mata lebih segar.