Pertama Kali Kencan Buta? Terapkan 5 Tips Ini biar Sukses!

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 00:01:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Pertama Kali Kencan Buta? Terapkan 5 Tips Ini Biar Sukses!

Ilustrasi kencan buta. (date.de)

Ladiestory.id - Kencan  buta atau dikenal dengan istilah blind date bukan lagi menjadi hal rahasia di kalangan anak muda. Namun, blind date tidak dikhususkan untuk mencari pacar atau pasangan hidup. Blind date juga bisa dilakukan jika kamu membutuhkan teman dekat di luar circle-mu sendiri.

Meski pada awalnya terkesan canggung dan malu-malu, sebenarnya konsep yang disuguhkan dari sebuah kencan buta ini cukup menyenangkan. Kamu dan calon teman kencanmu sama-sama tidak saling mengenal. Sehingga, kamu tidak perlu memasang ekspektasi yang tinggi dan kamu bisa menjadi apa adanya tanpa harus menjaga image.

Ingat, tujuan sebenarnya dari blind date adalah untuk lebih mengenal diri masing-masing secara nyata. Pasalnya, selama ini mungkin kamu dan calon teman kencanmu itu hanya berkomunikasi melalui media sosial, via chat atau hanya melalui telepon saja.

Meski blind date sudah menjadi hal lumrah, namun belum banyak orang yang mau terbuka untuk menerima ajakan kencan buta. Alasannya bermacam-macam, ada yang malu, canggung bahkan takut jika harus pergi berduaan dengan orang yang hanya dikenal melalui dunia virtual.

Jangan khawatir! Untuk menambah pengalaman dan menambah keberanianmu dalam melakukan blind date dengan teman virtualmu, kamu bisa intip beberapa tips di bawah, ya!

Pilih Orang yang Cocok

Ilustrasi kencan. (Special)

Meski namanya kencan buta, bukan berarti kamu tidak berusaha untuk mencari informasi apapun tentang calon teman kencanmu itu. Kamu bisa memanfaatkan akses internet untuk mencari tahu terlebih dulu terkait informasi paling dasar dari orang yang akan menjadi teman kencanmu.

Kamu bisa mendapatkan informasinya dari media sosial pribadi miliknya. Meski tidak 100 persen benar, setidaknya, isi unggahannya bisa mewakili sedikit tentang karakter pribadinya, cerita hidupnya hingga lingkungan pertemanannya seperti apa. Kamu juga bisa bertanya ke temanmu, jika mungkin mereka mengenal orang tersebut.

Jika setelah ditelusuri orang ini cocok denganmu, maka jangan sungkan untuk menerima ajakan untuk bertemu pertama kalinya. Namun, jika kamu merasa tidak cocok, kamu bisa menolaknya dengan sopan.

Jadilah Diri Sendiri

Ilustrasi kencan. (Special)

Namanya juga pertemuan pertama, tentu rasa canggung dan sedikit bingung harus apa ketika bertemu pasti ada. Namun begitu, hal itu tidak membuat kamu menjadi orang lain. Bersikaplah apa adanya dan jadilah dirimu sendiri.

Mungkin benar, kamu sedang berusaha untuk menarik perhatian teman kencanmu, tapi personality-mu yang apa adanya bisa membuatnya lebih terpukau. Lakukan aktivitas mengobrol atau makan layaknya kamu melakukannya dengan temanmu sendiri. Akan tetapi juga harus menjaga aturan atau etika kesopanan agar doi merasa nyaman dan tidak ilfeel.

Jangan Banyak Basa-basi

Ilustrasi basa-basi. (Special)

Sebaga dua orang yang baru kenal dan baru pertama kalinya berkencan, kamu akan menemukan kesulitan untuk memulai pembicaraan dan mempertahakan komunikasi agar terus berjalan dengan baik.

Meski begitu, kamu tidak perlu terlalu banyak basa-basi untuk hal yang tidak perlu. Sebisa mungkin arahkan percakapan atau pertanyaan yang berkaitan tentang dirinya agar kamu bisa jauh lebih mengenalnya.

Namun, pastikan juga bahwa pertanyaanmu adalah pertanyaan yang masih bersifat dasar, bukan pertanyaan yang sensitif ditanyakan. Apalagi, sampai menjadi boomerang untuk kelanjutan hubunganmu dengan dia.

Biarkan Semuanya Mengalir, Tapi Tetap Waspada

Ilustrasi hati-hati. saat berkencan (Special)

Meski ia terlihat ramah dan menyenangkan, perlu diingat bahwa kamu baru bertemu dengannya. Jadi, tetaplah waspada dan hati-hati. Lindungi dirimu dari hal-hal yang membuatmu tidak nyaman, baik itu secara sentuhan fisik atau dari ucapan-ucapannya.

Jika kamu merasa jengah atau tidak suka dengan cara orang itu memperlakukanmu, lebih baik katakan dari awal, agar komunikasi berjalan dengan lancar.

Jangan lupa untuk selalu memantau barang yang kamu bawa dan perhatikan makan dan minummu. Saat hendak pergi meninggalkan meja, pastikan makanan dan minuman yang kamu pesan sudah dihabiskan.

Jangan Berekspektasi Terlalu Tinggi

Ilustrasi berkencan (Special)

Dalam mencari pasangan maupun teman, kamu tentu memiliki tipe idealmu sendiri. Namun, jika kamu baru mengenalnya, buang jauh-jauh ekspektasi itu.

Jika kamu punya ekspektasi dia adalah jodoh idamanmu, kamu akan kecewa di kemudian hari. Bisa jadi, yang ia tampakkan hanyalah topeng manis pada pertemuan pertama.

Jika memang kamu sudah tertarik padanya, tahan dulu ekspektasimu dan pertimbangkan lagi untuk melakukan kencan kedua.