8 Tips Tetap Romantis dan Harmonis Bersama Pasangan Saat Bulan Puasa

Kamis, 7 April 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

8 Tips Tetap Romantis Dan Harmonis Bersama Pasangan Saat Bulan Puasa

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Menjalankan ibadah puasa tidak menjadi penghalang untuk tetap mesra dan harmonis bersama pasangan. Meski ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan pada siang hari, tapi Kamu bisa menggunakan cara lain agar hubungan tetap romantis dan harmonis, tanpa harus membatalkan puasa.

Berikut Ladiestory.id merangkum beberapa tips untuk menjaga hubungan agar tetap romantis saat Ramadan.

Luangkan Waktu

Ilustrasi pasangan muslim beribadah. (Special)

Langkah pertama untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis adalah selalu meluangkan waktu bersama pasangan. Meski Kamu sibuk dengan urusan kantor, atau pekerjaan rumah, tapi cobalah sisihkan waktu untuk berdua.

Kamu bisa berbuka bersama pasangan di rumah, atau mengunjungi restoran favorit kalian. Kamu juga bisa nonton film pendek romantis bersama setelah salat Tarawih. Kamu bisa berbincang-bincang ringan, tentang keseharian masing-masing. Hal tersebut akan membuat hubungan kalian semakin mesra.

Beribadah Bersama

Ilustrasi pasangan muslim beribadah. (Special)

Beribadah bersama juga bisa membuat hubungan rumah tangga menjadi semakin harmonis. Selain mendapatkan pahala, beribadah bersama juga bisa meningkatkan ikatan emosional di antara kalian. Kamu bisa memanfaatkan bulan Ramadan ini, untuk Tarawih bersama pasangan.

Ikuti Tausiyah Bersama

Ilustrasi pasangan muslim beribadah. (Special)

Kegiatan romantis tidak harus berupa makan malam saja. Kamu tetap bisa romantis sekaligus mendapatkan pahala, dengan mengikuti acara keagamaan yang dibuka untuk umum, misalnya pengajian, tausiyah, atau berbagi menu buka bersama.

Menghadiri acara keagamaan tersebut, bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga pada bulan suci. Selain itu, Kamu akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari acara atau kajian keagamaan tersebut, yang bisa Kamu terapkan dalam kehidupan rumah tangga.

Ungkapan Rasa Sayang

Ilustrasi perempuan muslim mengirim pesan. (Special)

Pada bulan Ramadan diwajibkan untuk mengurangi hawa nafsu, salah satunya mengurangi terjadinya kontak fisik dengan suami pada siang hari. Namun, hal tersebut tidak menjadi batasan untuk mengungkapkan rasa sayang seorang istri kepada suami.

Kamu bisa mengekspresikannya dengan kata-kata romantis melalui chat atau melalui telepon. Hal tersebut tidak dilarang, dan tidak membatalkan puasa, sebaliknya hal itu justru akan membuat hubungan dengan suami semakin romantis dan harmonis.

Masak Bersama

Ilustrasi pasangan muslim masak bersama. (Special)

Masak bersama pasangan untuk menyiapkan sajian buka puasa, akan membuat hubungan semakin romantis dan harmonis. Kamu bisa melakukan kegiatan ini, saat akhir pekan atau saat pasangan libur. Kalian bisa memasak menu takjil favorit dan berbuka bersama di rumah.

Berdandan

Ilustrasi perempuan muslim berdandan. (Special)

Berdandan dan merias diri agar tampil menarik di depan pasangan, dapat menambah pahala serta membuat hubungan tetap harmonis. Mengenakan pakaian rapi, berdandan dan menggunakan wewangian saat menyambut suami pulang kerja. Ini akan membuat perasaan suami senang dan betah di rumah.

Atur Waktu untuk Berhubungan Intim

Ilustrasi hubungan seksual. (Spesial)

Tidak dimungkiri hubungan intim merupakan bagian dari kebutuhan rohani dalam rumah tangga. Meski tidak bisa melakukannya di siang hari, Kamu bisa komunikasikan dengan suami untuk mengatur waktu. Kamu bisa gunakan waktu setelah salat Tarawih atau sebelum sahur.

Beberapa ahli menyarankan untuk melakukannya setelah berbuka puasa atau setelah salat Tarawih. Hal tersebut dikarenakan tubuh telah memiliki energi yang cukup dari asupan makanan saat berbuka.

Siapkan Hadiah Lebaran

Ilustrasi perempuan muslim memberi kado. (Special)

Semua orang akan senang jika mendapatkan hadiah, termasuk dengan pasangan. Kamu bisa memanfaatkan momen menjelang lebaran nanti untuk memberikan hadiah kepada pasangan. Tidak harus barang yang mahal, Kamu bisa membelikan barang yang disukai atau yang dibutuhkan pasanganmu.