Kerjaan Kantor Numpuk? Ini 6 Tips Tingkatkan Produktivitas Kerja

Senin, 3 Januari 2022 | 13:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Kerjaan Kantor Numpuk? Ini 6 Tips Tingkatkan Produktivitas Kerja

Ilustrasi perempuan dengan pekerjaan kantor numpuk. (Special)

Ladiestory.id - Setiap pekerjaan kantor pastinya tidak dapat diprediksikan seberapa banyaknya. Terkadang dalam waktu bersamaan datang pekerjaan lagi padahal pekerjaan satunya belum juga selesai. Belum lagi kewajiban Kita untuk membalas chat, email, berkomunikasi dengan klien, juga perlunya bersosialisasi dengan teman sekantor. 

Kerjaan yang menumpuk itu membuat kita berpikir untuk bisa bekerja cerdas dan memiliki produktivitas yang tinggi. Hal ini tentu saja penting, bila tidak ingin pekerjaan kita makin menumpuk tanpa kita tahu kapan akan beres semuanya.

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berikut Ladiestory.id merangkum beberapa tips agar Kamu bisa produktif kerja agar terhindar dari kerjaan kantor yang menumpuk.

1. Membuat List Apa Saja yang akan Dikerjakan

Ilustrasi membuat list yang akan dikerjakan. (Special)

Buatlah list atau catatan apa saja yang harus Kamu kerjakan esok hari dikantor akan memudahkan Kamu membuat skala prioritas. Mungkin tampak sederhana tapi hal ini sangat membantu Kamu agar tidak memikirkan daftar pekerjaan di dalam otak.

2. Menetapkan Target Harian

Ilustrasi perempuan bekerja. (Special)

Kamu harus menetapkan target setiap harinya agar pekerjaan tidak berakhir tanpa hasil. Buatlah spreadsheet yang berisi tiga target Kamu pada setiap harinya. Cara seperti ini akan membantu memastikan bahwa Kamu memang fokus pada pekerjaan.

3. Lakukan Pekerjaan dengan “two minutes rules” 

Ilustrasi sedang ngeprint dokumen. (Special)

Waktu dua menit tampaknya waktu yang sebentar. Tapi cara ini bisa jadi efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja.  Kuncinya sederhana saja, lakukan dengan segera tugas apapun yang cukup memakan waktu dua menit atau kurang dari itu. 

Agar cara ini efektif, tentukan jam berapa Kamu akan melakukan kegiatan tersebut setiap harinya. Kemudian buatlah waktu khusus dua menit untuk melakukan tugas-tugas ringan yang bisa dilakukan sekaligus, dan jangan menunda-nundanya. Misalnya tugas cetak dokumen atau merapikan dokumen ke laci yang hanya butuh waktu sebentar.

4. Aturlah Meja Kerja dengan Rapi

Ilustrasi meja kerja yang rapi. (Special)

Meja kerja yang rapi dan terorganisir akan membantu Kamu saat mencari barang-barang perlengkapan kerja. Semakin sedikit benda yang ada di atas meja, itu akan membuat meja tampak lebih rapi. Terlebih lagi bila banyak alat tulis yang tidak berguna, dokumen tak terpakai, hingga memo post-it yang sudah lewat. Ada baiknya bila semua yang tidak penting itu dirapikan agar Kamu bisa makin fokus bekerja dan jauh dari hal yang mengganggu proses kerja.

5. Anggaplah Waktu yang Ada Buat Bekerja Lebih Sedikit dari Waktu Sebenarnya

Ilustrasi perempuan bekerja. (Special)

Agar Kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, cobalah menganggap bahwa waktu yang disediakan lebih sedikit dari yang sebenarnya. Bila pekerjaan setiap hari maksimal disetor ke atasan pukul 5 sore,  anggap saja Kamu harus menyelesaikannya pukul 4 empat sore. Sehingga Kamu lebih terpacu untuk produktif dan tidak akan menunda-nunda pekerjaan.

6. Atur Ponsel dengan Mode Silent

Ilustrasi perempuan bekerja sambil buka ponsel. (Special)

Banyak distraksi yang terjadi di lingkungan kerja. Selain mengobrol dengan teman kerja, tak jarang ponsel juga bisa jadi gangguan yang cukup signifikan dalam produktivitas kerja. Pastinya Kamu pernah mengalami saat sedang fokus bekerja, tiba-tiba ada notifikasi dari social media, dan akhirnya Kamu membukanya karena penasaran. Situasi seperti ini sering terjadi, sehingga sebaiknya Kamu mengatur ponsel dalam mode silent.