Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | TIPS-TIPS MENGHILANGKAN BAU MULUT SECARA ALAMI

Tips-tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 16 Desember 2020 | 08:15:32
Durasi baca: 2 menit, 30 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tips-tips Menghilangkan Bau Mulut  Secara Alami

Tidak rutin menggosok gigi setiap hari akan membuat serpihan sisa makanan tertinggal di mulut. Bakteri akan tumbuh pada serpihan tersebut, lalu mengeluarkan senyawa berbau tidak sedap penyebab bau mulut. Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak semakin banyak, hingga akhirnya membentuk plak gigi. Ketika itu terjadi, bau yang muncul bisa lebih parah. Oleh karenanya, rutin membersihkan gigi amatlah penting guna menjaga kesehatan gigi dan mencegah bau mulut. Bau mulut terutama bersumber dari dalam mulut, atau dapat pula disebabkan oleh hal lain yang berasal bukan dari dalam mulut. Beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut antara lain:

  • Makanan atau bumbu makanan tertentu mempunyai bau yang tajam, seperti bawang, daging, dan durian. Tentu saja bila ada sisa yang tertinggal di dalam mulut dapat meninggalkan jejak bau, apalagi bila terselip diantara gigi.
  • Masalah gigi dan gusi. Gigi yang berlubang (terutama yang sudah dalam dan membusuk), sisa akar gigi yang tidak dicabut, gusi yang meradang (membengkak), ataupun banyaknya karang gigi, dapat mengeluarkan bau tertentu yang tidak sedap. Kondisi-kondisi tersebut merupakan tempat tertimbunnya bakteri.
  • Kebersihan mulut. Kebersihan mulut yang tidak baik tentu saja menjadi sumber utama bau mulut. Jika tidak menyikat gigi dengan bersih, maka sisa makanan akan diuraikan oleh bakteri yang akan menghasilkan gas kimia volatile sulfur compounds (VSCs). Lidah merupakan daerah penyumbang terbesar bau mulut, terutama di daerah bagian belakang. Karena di daerah tersebut kering, adanya sisa partikel makanan, dan sel-sel mati menyebabkan bakteri penghasil VSCs tumbuh dengan suburnya.
  • Mulut kering. Air ludah membantu membersihkan mulut. Kurangnya asupan air minum atau adanya dry mouth dapat membuat mulut kering dan mengeluarkan bau tidak sedap. Contoh paling umum saat tidur, produksi air liur berkurang dan saat bangun pagi mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap
  • Gaya hidup. Kopi, produk tembakau, minuman beralkohol, dan lainnya juga dapat menyumbangkan bau mulut.
  • Penyakit kronis. Hanya sekitar 10% dari penyebab bau mulut bersumber dari penyakit kronis, antara lain seperti penyakit diabetes, gagal ginjal, gagal hati, reflux asam lambung, kondisi hidung (seperti infeksi sinus) dan tenggorokan, serta obat-obatan yang dapat menurunkan produksi air liur.

Tips Melawan Bau Mulut Secara Alami

Agar terbebas dari bau mulut, selain membutuhkan bantuan profesional, kita juga harus ikut berusaha dengan melakukan hal-hal berikut:

Baca juga: Pilihan Produk Serum Garnier Yang Cocok Untuk Mengembalikan Kulit Yang Kusam dan Berjerawat

  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari dan flossing (membersihkan sela gigi dengan benang floss) minimal satu kali sehari, dengan sikat yang kondisinya masih baik
  • Membersihkan lidah dengan tounge cleaner/scraper (pembersih lidah)
  • Membersihkan gigi palsu lepasan secara rutin dan dilepas saat tidur (apabila memakai)
  • Sering minum air putih agar mulut tetap basah sehingga tidak terjadi mulut kering
  • Menguyah permen karet (disarankan yang mengandung gula xylitol) dapat merangsang produksi air liur
  • Mengurangi makanan atau minuman yang mempunyai bau tajam
  • Check-up rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
  • Menggunakan obat kumur yang mempunyai bahan aktif oksigen, karena bahan aktif oksigen dapat membantu melawan bakteri penghasil VSCs. Obat kumur dapat membantu membersihkan bagian-bagian yang sulit disikat seperti bagian belakang lidah.

Nah, sekarang kamu tahu penyebab bau mulut dan cara mengatasinya.   Coba lakukan langkah-langkah di atas, santai, dan nikmati hari-harimu bareng teman terdekat dengan lebih pede!

Tips Melawan Bau Mulut Secara Alami Bau Mulut Kesehatan Mulut Cara Menghilangkan Bau Mulut

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health