5 Tips Tutup Alergi di Wajah dengan Trik Makeup

Rabu, 26 Oktober 2022 | 11:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Tutup Alergi Di Wajah Dengan Trik Makeup

Ilustrasi makeup. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki masalah kulit akibat alergi terkadang kerap membuat kaum hawa tampil kurang percaya diri. Masalah kulit seperti jerawat, ruam kemerahan, bentol akibat alergi tertentu, hingga bekas alergi yang masih menempel di wajah membuat wanita merasa tidak bersemangat menjalankan aktivitas.

Namun, hal itu juga bisa diatasi dengan trik makeup dengan menutupi tanda-tanda alergi di kulit sesuai jenis kulitmu. Berikut tipsnya.

Gunakan Kontur Wajah

Ilustrasi contour (Special)

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam, sembab, kering, hingga bersisik, kamu bisa mengatasinya dengan trik makeup yang satu ini. Gunakan kontur wajah untuk menutupi masalah kulit wajah yang sedikit gelap agar terlihat lebih cerah.

Kamu juga bisa menggunakan undertone kontur dengan warna bronze atau gold untuk menutupi rona wajah yang merah akibat bekas alergi agar kondisi wajahmu terlihat lebih flawless dan shimmering.

Gunakan Concealar

Ilustrasi concealer. (Special)

Memiliki masalah dark circle di area bawah mata membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Kamu bisa memanfaatkan concealer untuk menyempurnakan keindahan matamu. Cara ini juga tentunya bisa mengembalikan kecerahan mata serta memberikan kesan segar untuk matamu.

Lingkaran hitam di area mata tak hanya disebabkan oleh kondisi kurang tidur atau gejala insomnia saja, hal lainnya juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap cuaca dingin yang bisa membuat area bawah mata terlihat menggelap.

Kamu pun juga bisa menggunakan palet eyeshadow dengan warna nude yang tidak terlalu memberikan kesan pigmented atau mencolok untuk menghasilkan tampilan yang soft dan natural.

Tinted Concealar

Ilustrasi concealer. (Special)

Ketika alergi melanda justru membuat seseorang merasa takut untuk mengaplikasikan riasan wajah dengan makeup. Namun, tidak semua makeup dapat memberikan efek samping berbahaya bagi kulit dan kamu pun tak perlu khawatrir untuk mengaplikasikannya. Justru, dengan trik makeup yang jitu, kamu juga bisa membantu menyamarkan bekas alergi di wajah agar tetap tampil all out sepanjang hari.

Ketika kamu mengalami alergi yang menyebabkan kondisi hidungmu menjadi meler bahkan memerah, maka kamu juga bisa menutupi rona merah dihidungmu tersebut dengan menggunakan tinted concealer ataupun color correction di area hidungmu.

Selain itu, agar hasilnya merata, kamu pun bisa menambahkan matte blush berwarna pinkish di area pipi agar terlihat natural dan efek kemerahannya pun teralihkan.

Lipstik Glossy atau Creamy

Ilustrasi lipstik. (Special)

Memiliki kondisi kulit bibir kering dan pecah-pecah juga tak hanya disebabkan oleh kulit dehidrasi, hal ini juga bisa disebabkan karena perubahan suhu atau cuaca, sehingga tampilan bibir menjadi bermasalah. Kamu pun bisa menggunakan salah satu trik makeup dengan memilih tekstur lipstik yang glossy atau creamy untuk menyamarkan garis-garis halus dan menutupi kulit kering.

Kamu juga bisa memilih warna nude, peach, atau pink agar memberikan kesan fresh dan awet muda. Cara lainnya, gunakan lip oil dan lip balm agar kulit keringmu dapat ternutrisi. Setelah itu, kamu bisa sedikit menambahkan lip primer dan juga lipstik untuk menyempurnakan tampilan bibir indahmu.

Bedak Tabur

Ilustrasi perempuan menggunakan bedak tabur. (Special)

Memiliki alergi akibat jerawat, kamu pun juga bisa tetap mengaplikasikan makeup di wajah dengan menggunakan bedak tabur. Saat sedang berjerawat, bukan berarti kamu tetap tampil polos tanpa makeup. Bedak tabur juga mampu menyerap produksi minyak berlebih di wajah, namun usahakan untuk tidak menggunakan jenis makeup yang berat. Semoga bermanfaat.