Tokoh Yang Menginspirasi; Belajar Dari Kegagalan

Senin, 9 Agustus 2021 | 05:44:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tokoh Yang Menginspirasi; Belajar Dari Kegagalan

Foto: Instagram/nickvujicic

Meskipun selalu ingin kita hindari, kegagalan adalah bayang-bayang yang gak bisa dielakkan ketika mengejar suatu hal yang diinginkan. Karena tentunya dalam proses mencapai sesuatu dibutuhkan kerja keras dan waktu yang enggak sebentar. Dan harus diterima, kadang kegagalan jadi salah satu unsur di dalamnya.

Sebaliknya mencapai kesuksesan tentu jadi impian tiap orang. Namun, gagal sebelum mencapai kesuksesan adalah hal penting yang membuat kamu melihat pencapaian sebagai sesuatu yang berharga, lho.

Mencapai sukses, terkadang kita bisa mendapatkan inspirasi bisa dari mana saja, bahkan dari orang-orang yang sudah sukses di sekitar kamu. Belajar dari kesuksesan orang lain merupakan hal yang biasa dilakukan, apalagi jika orang yang dijadikan sebagai sumber inspirasi tersebut memiliki pencapaian yang luar biasa di dalam hidupnya. 

Bukan hanya orang terdekat saja, sumber inspirasi ini bisa saja datang dari berbagai tokoh terkenal di dunia. Jika selama ini kamu belum menemukan tokoh yang menginspirasi di dalam hidupmu, maka kamu bisa memilih salah satu tokoh sukses yang bisa memberikan inspirasi positif untukmu.

Tokoh inspiratif adalah tokoh yang dapat diteladani perilaku nya tokoh yang memiliki perilaku terpuji, tidak melakukan hal yang dilarang oleh yang kuasa, menjalankan perintah yang kuasa. Itulah contoh sikap yang dapat diteladani oleh semua orang.

Lalu siapa tahu tokoh yang menginspirasi dihidupmu? Penting kah punya tokoh inspiratif?

Pasti tiap individu pastinya punya tokoh yang menginspirasi masing-masing. Bisa saja tokoh inspiratif yang memberi pengaruh dalam hidup kamu adalah presiden, tokoh perdamaian dunia atau aktor film.

Tokoh yang Menginspirasi

1. J.K Rowling 

Foto: Instagram/jkrowling_official

 

Harry Potter menjadi salah satu buku dengan jumlah cetakan terbanyak hingga saat ini. Penggemar tokoh ini sangat banyak, apalagi setelah filmnya hadir ke layar lebar untuk pertama kalinya. J.K Rowling merupakan tokoh sukses di balik cerita Harry Potter yang begitu terkenal itu. 

Penulis yang sangat inspiratif ini tidak menemukan jalan mulus untuk meniti karirnya hingga sukses seperti sekarang. Rowling mengalami penolakan hingga belasan kali dari penerbit, hingga pada akhirnya Bloomsburry memberinya kesempatan hingga menjadi besar seperti saat ini. Kegigihan dan kerja kerasnya telah membawa Rowling menjadi salah satu orang sukses dengan jumlah kekayaan yang besar.

2. Oprah Winfrey

Foto: Instagram/Oprah Winfrey Network

 

Oprah Winfrey semasa kecil hidup di tengah keadaan ekonomi yang sulit. Bahkan ia juga pernah dipecat pada pekerjaan pertamanya, di Baltimore’s WJZ. Tapi semua keadaan itu berbalik. Ia sukses membawakan talk-show dengan ranking tertinggi di Chicago pada saat itu. Tentunya Oprah Winfrey juga terhitung sebagai produser yang sukses dan dermawan.

3. Stephen Hawking 

Foto: Instagram/Stephen W. Hawking

 

Prof. Stephen Hawking menjadi tokoh inspiratif dunia yang membuat sebagian besar orang akan malu untuk mengeluh. Dengan keterbatasan fisik yang dialaminya, Hawking tetap menghasilkan berbagai karya ilmiah yang berguna bagi banyak orang. 

Penyakit syaraf yang dideritanya telah membuat Hawking tak lagi bisa beranjak dari kursi rodanya selama hampir 42 tahun. Bukan hanya itu saja, pria ini bahkan sudah tidak bisa lagi berbicara hampir 28 tahun. Namun semua itu bukan alasan bagi Hawking untuk terus berkarya dalam bidang sains.

4. Nick Vujicic

Foto: Instagram/nickvujicic

 

Pernah terbayang kah jika kamu terlahir dengan bagian tubuh yang tidak lengkap? Alih-alih bersedih dan minder, seorang laki-laki asal Australia justru menghidupi kehidupannya dengan sepenuh hati meski terlahir tanpa tangan dan kaki.

Nick Vujicic adalah tokoh inspiratif dunia yang juga seorang penginjil asal Australia.

Selain sikap penerimaan yang ditunjukkan Vujicic atas kondisi fisiknya, cerita hidup Vujicic juga menginspirasi karena sukses membina rumah tangga dan hidup bahagia dengan kedua anaknya.

Tentu hidup Vujicic tidak semudah orang lain yang punya anggota tubuh komplit, tapi dia buktikan kalau kekurangan bukan alasan untuk tidak bersyukur dan bahagia.

5. Zig Ziglar

Foto: Instagram/zigziglarofficial

 

Memulai karirnya sebagai salesman, Ziglar mengambil keputusan yang sangat berani untuk meninggalkan pekerjaan utamanya tersebut dan mencari kehidupan baru sesuai dengan keinginannya. Pria ini ingin menjadi seorang pembicara dan motivator, meskipun puluhan penerbit sudah menolak buku yang ditulisnya. 

Namun Ziglar seolah tidak memiliki alasan untuk menyerah, dia tetap berusahan hingga pada akhirnya Pelican bersedia menerbitkan bukunya yang berjudul See You at The Top. Penerbit kecil ini bahkan memberinya kesempatan menjual buku ini sampai 250 ribu kopi lebih, bahkan masih mencetaknya hingga saat ini.

6. Adele

Foto: Instagram/Adele

 

Memiliki ukuran tubuh ekstra tentu bukan hal yang dianggap wajar bagi pyblik figur. Hal ini dialami Adele di tahun-tahun awal kemunculannya sebagai penyanyi.

Rolling in the Deep, adalah bukti Adele berhasil menjadi penyanyi sekaligus tokoh inspiratif dunia yang diakui bukan karena kesamaannya dengan banyak orang.

Adele berhasil membuktikan kalau ukuran tubuh bukan tolak ukur atau halangan kamu untuk berkarya. Adele memang layak dijadikan tokoh inspiratif dengan karyanya yang menyentuh hati. Rasa percaya diri Adele ini perlu ditiru banyak generasi muda supaya mau menggali potensi dari dalam dirinya sendiri.

7. Albert Einstein 

Ladiestory.id

 

Tokoh yang terkenal karena kejeniusannya ini ternyata juga pernah mengalami masa yang enggak mudah. Albert Einstein kecil baru bisa bicara di usia 4 tahun, dan baru bisa membaca di usia 7 tahun. Tapi ia akhirnya bisa tumbuh sebagai peraih nobel yang pemikirannya sangat berpengaruh.

Mendapatkan pelajaran penting dari kesuksesan orang lain tentu bukan hal yang baru lagi. Saat ini, ada banyak tokoh yang menginspirasi dengan berbagai kisah sukses mereka yang luar biasa. Kamu bisa menjadikan semua ini sebagai pelajaran dan inspirasi untuk mendapatkan kesuksesan di dalam kehidupanmu.