Tradisi Unik Perayaan Imlek Yang Sudah Ada Dari Ratusan Tahun Lalu

Senin, 1 Februari 2021 | 14:34:13

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tradisi Unik Perayaan  Imlek Yang Sudah Ada Dari Ratusan Tahun Lalu

Hari raya Imlek telah ada sejak 4.000 tahun lalu. Seiring perkembangan zaman, maka terbentuklah beberapa tradisi yang akhirnya turun menurun dan wajib dijalani dalam setiap perayaan Imlek. Lalu apa saja tradisi-tradisi unik yang ada saat perayaan Imlek berlangsung?

Sama halnya dengan natal dan lebaran, tahun baru Imlek juga memiliki perayaan yang meriah. Mulai dari membersihkan rumah hingga sajian khas imlek menjadi tradisi dan ritual yang nggak boleh dilewatkan. Jika kamu penasaran dengan ragam tradisi unik masyarakat Tionghoa ini, coba baca selengkapnya di sini ya.

Baju Kembaran

Menjelang Imlek, pusat-pusat perbelanjaan memajang baju-baju yang kental dengan budaya masyarakat Tionghoa, baik dari model maupun warna. Salah satu model baju yang banyak dicari saat Imlek khususnya bagi perempuan adalah baju-baju bermodel Cheongsam. Untuk membuat acara Imlek keluarga kamu lebih seru, kamu bisa mengenakan Cheongsam berwarna senada dengan keluarga. Selain membuat suasana keluarga lebih ceria, kamu juga dapat membuat foto keluarga bernuansa Imlek untuk menghiasi dinding ruang keluarga maupun akun media sosial kamu.

Dekorasi Rumah

Tidak hanya mempercantik diri, kamu juga dapat menyemarakkan suasana dengan mendekorasi rumah dengan dekorasi khas imlek. kamu bisa memasang lampion di beberapa sudut rumah, atau menghias meja dengan dekorasi imlek lainnya berupa bunga mekar yang melambangkan mekarnya rejeki maupun pohon jeruk mkamurin yang melambangkan kesejahteraan. Selain itu, dekorasi yang umum dilakukan adalah dengan mengecat ulang jendela dan pintu rumah, serta menempelkan tulisan-tulisan bermakna baik yang dinamakan Chun liang. Dekorasi Imlek umumnya didominasi dengan warna merah yang dianggap bisa membawa kesejahteraan, keberuntungan dan kekuatan.

Lengkapi Makanan dan Cemilan

Untuk menambahkan hangatnya suasana Imlek, kamu juga bisa menyiapkan makanan maupun cemilan-cemilan khas Imlek untuk keluarga maupun tamu-tamu yang datang berkunjung. Imlek seringkali dikaitkan dengan tersedianya hidangan-hidangan khas yang berjumlah 12 jenis. Beberapa cemilan favorit yang biasanya tersedia di hari ini adalah berupa kue keranjang, jeruk mkamurin, hingga lapis legit. Hidangan maupun cemilan saat Imlek umumnya memiliki makna tersendiri, misalnya mie goreng yang dilambangkan sebagai umur yang panjang. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu ingin menunjukkan kebolehan mengolah masakan kamulan di hari raya Imlek dan menyajikannya pada sanak saudara.

Manjakan Diri

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memanjakan diri menjelang datangnya Imlek. Salah satunya adalah dengan pergi ke salon maupun spa favorit. Selain untuk berelaksasi, kamu juga dapat mempercantik diri sebelum bertemu dengan sanak-saudara di hari raya Imlek nanti. Jika kamu suka memanjakan diri dengan cara lain, kamu juga bisa berekreasi mengunjungi taman hiburan bersama keluarga.

Beri Kartu Ucapan

Kesibukan maupun terbatasnya waktu tak jarang menjadi penghalang rencana kumpul keluarga di hari raya imlek. Jika kamu tidak dapat bertemu dengan sanak saudara pada momen ini, kamu dapat mengirimkan kartu ucapan Imlek untuk menunjukkan betapa kamu mengingat mereka meskipun tidak sempat bertemu langsung.

Tidak dapat dipungkiri tradisi-tradisi diatas menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan ketika hari raya Imlek tiba. Beberapa bahkan memiliki nilai sejarah serta kebaikan didalamnya dan menggambarkan arti hari raya Imlek bagi masyarakat Tionghoa. Terlepas dari tradisi apa yang paling menggambarkan perayaan hari besar Imlek ini, hal lain yang lebih penting adalah bagaimana kamu memaknainya. Gong Xi Fa Cai!

Sumber Foto Utama: istockphoto.com