Unggah Foto Tanpa Izin, Dua Lipa Dikabarkan Kena Gugat Seorang Fotografer

Selasa, 28 Juni 2022 | 18:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Unggah Foto Tanpa Izin, Dua Lipa Dikabarkan Kena Gugat Seorang Fotografer

Dua Lipa. (Instagram.com/dualipa)

Ladiestory.id - Kabar kurang mengenakan datang dari penyanyi Dua Lipa yang diketahui baru saja mendapat tuntutan dari salah seorang fotografer asal New York, Robert Barbera. Pelantun lagu “Levitating” tersebut dituntut dengan dugaan mengunggah foto tanpa izin.

Sang fotografer menganggap jika Dua Lipa telah melanggar hak cipta dengan membagikan foto jepretannya yang diambil pada Juli 2018 lalu. Foto yang dimaksud, diketahui merupakan potret saat sang penyanyi tampak mengenakan sweater hitam bertuliskan “HEROES”.

"Tanpa izin dari Plaintiff, tergugat dengan sengaja memilih, menyalin, menampilkan sejumlah foto yang merupakan produk yang dilindungi hak cipta,” tulis perwakilan perusahaan Robert Barbera, pengacara Craig Sanders dalam keterangan komplainnya.

Dalam tuduhan lain, Barbera pun menyebut, jika Dua Lipa dengan foto, musik, dan konten yang diunggah di akun Instagram pribadinya, dianggap mengancam pasar potensial dari perusahaan sang fotografer, Integral Images.

"Dengan informasi dan hal yang kami percaya, pelanggaran ini menambah traffic ke akun (Dua Lipa), dan membuat terdakwa menyadari adanya penambahan keuntungan yang disebabkan oleh promosi event dan penjualan musik milik terdakwa," lanjut komplain tersebut.

Seperti diketahui, ternyata Dua Lipa bukanlah satu-satunya artis yang sempat mendapatkan tuntutan dari perusahaan sang fotografer. Sebelumnya, penyanyi Justin Bieber pun dikabarkan sempat menerima gugatan yang sama pada Oktober 2019, namun langsung dinyatakan ditutup oleh pengadilan.

s