Awas Jangan Keliru, Begini 5 Urutan Basic Skincare yang Benar

Jumat, 17 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Awas Jangan Keliru, Begini 5 Urutan Basic Skincare yang Benar

Foto: Soompi

Basic skincare adalah urutan pemakaian skincare sederhana yang mendasar untuk perawatan kulit. Tak jarang wanita yang beranggapan bahwa pemakaian skincare adalah rumit.

Bahkan masih ada yang bingung bagaimana urutan menggunakan skincare dengan benar. Apalagi buat pemula, kamu harus tahu urutan memakai skincare. Karena hal itu sangat penting untuk membantu skincare agar bekerja lebih efektif.

Urutan Basic Skincare yang Benar

Biar tidak bingung lagi, begini urutan pemakaian basic skincare yang benar, Ladies.

1. Cleanser

Foto: Ladiestory.id

Cleanser adalah hal pertama dalam urutan tahapan skincare.  Pada tahap ini terdiri dari 2 bagian, yaitu first cleanser dan second cleanser. Pada produk first cleanser yang beredar di pasaran, dan biasanya menggunakan bahan yang mengandung oil, milk, atau balm. First cleanser berfungsi untuk mengangkat kotoran pada wajah.

Berikutnya, second cleanser. Pada tahap ini sering orang sebut sebagai mencuci muka dengan facial wash atau sabun cuci muka. Bisa menggunakan sabun yang berbahan gel, creamy, atau water based.

Fungsinya adalah mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin tertinggal saat kamu melakukan tahapan first cleanser.

2. Face Toner

Berikutnya adalah pemakaian toner. Toner juga merupakan bagian penting dalam urutan basic skincare karena setelah selesai melakukan tahap cleansing, pH kulit wajah akan berkurang. Dan fungsi toner pada rangkaian ini adalah untuk mengembalikan pH kulit menjadi normal.

Toner memiliki dua jenis yaitu Hydrating Toner dan Exfoliating Toner. Hydrating Toner adalah toner yang fungsinya untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Jenis toner ini dapat digunakan saat siang dan malam hari secara rutin.

Sementara itu, Exfoliating Toner adalah toner yang mengandung bahan aktif seperti AHA, BHA, PA, Retinol, Niacinamide dan sebagainya dan fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati dan mengelupaskan lapisan kulit paling luar.

Untuk jenis toner ini, hanya dapat dipakai satu hingga dua kali dalam seminggu. Artinya, jika dipakai setiap hari, maka kulitmu akan mengalami over exfoliating yang pada akhirnya menimbulkan iritasi.

3. Moisturizer

Foto: Ladiestory.id

Moisturizer atau pelembap jadi urutan basic skincare yang wajib kamu ikuti. Moisturizer berfungsi untuk melembapkan dan menutrisi kulit. Tapi, kesalahan memilih pelembap bisa mengakibatkan wajah jadi beruntusan atau berjerawat.

Karena itu pastikan kamu yang memiliki kulit berminyak, tidak memilih pelembap dengan kandungan yang rich. Gunakanlah pelembap dengan tekstur gel yang ringan. Dengan begitu, kandungannya mudah meresap ke dalam kulit.

Begitupun sebaliknya, jika tipe kulit cenderung kering, sebaiknya gunakan pelembap yang bertekstur creamy. Hal ini untuk membantu melembabkan kulit dengan baik.

4. Sunscreen

Tanpa menggunakan sunscreen di pagi hari, sebagus dan sebanyak apapun rangkaian skincare yang kamu pakai, hasilnya tak akan maksimal. Karena kulit yang akan terkena bahaya paparan sinar matahari karena sinar matahari itu yang mengandung UVA dan UVB.

Agar hasilnya maksimal, kamu juga harus mengaplikasikannya setiap 2-3 jam sekali. Terutama, jika kamu sedang berada di luar ruangan. 

5. Sheet Mask

Foto: Ladiestory.id

Urutan terakhir dalam rangkaian basic skincare, adalah penggunaan sheet mask yang sebenarnya hanya sebagai pelengkap yang membantu memaksimalkan kinerja moisturizer.

Sheet mask biasanya mengandung cairan serum yang fungsinya hampir sama dengan moisturizer, yaitu untuk melembabkan dan menutrisi kulit.

Biasanya, penggunaan sheet mask dilakukan pada malam hari. Urutannya adalah sebelum kamu memakai pelembap dan menggunakannya hanya selama 15-20 menit saja.

Basic skincare perlu diterapkan agar kulit senantiasa terjaga kelembapan dan kesehatannya. Selain itu, jika dilakukan sejak dini dan secara rutin, bukan tidak mungkin kulit wajah jadi awet muda.

Berita Terkait