Viral Bocah 5 Tahun Terbakar saat Konsumsi Ice Smoke, Berbahaya Tuk Dikonsumsi?

Jumat, 15 Juli 2022 | 17:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Viral Bocah 5 Tahun Terbakar Saat Konsumsi Ice Smoke, Berbahaya Tuk Dikonsumsi?

Fakta Ice Smoke. (Special)

Ladiestory.id - Ice smoke menjadi viral kembali, lantaran ada satu kasus yang melibatkan jajanan kekinian ini. Diketahui ice smoke telah memakan korban bocah hingga mengakibatkan luka bakar.

Apakah itu ice smoke? Seberapa bahayanya jajanan ini hingga nyaris merenggut nyawa seorang bocah?

Apa Ice Smoke?

Fakta Ice Smoke. (Special)

Diketahui ice smoke merupakan salah satu jajanan yang nge-hits sejak 2021. Selain itu, ice smoke ini juga dikenal dengan nama "Dragon's Breath" atau napas naga.

Jajanan ini merupakan camilan yang dibekukan dan diberi cairan nitrogen cair. Nitrogen inilah yang membuat ice smoke dapat mengeluarkan asap saat dimakan.

Jajanan ini sangat mudah dijumpai pada malam hari. Camilan kekinian ini sering ditemui di pasar malam dengan harga kisaran Rp20 Ribuan.

Ice Smoke Dianggap Menarik

Fakta Ice Smoke. (Special)

Jajanan ice smoke dianggap menarik lantaran dapat mengeluarkan kepulan asap. Tak hanya itu, pada dasarnya jajanan ini memiliki bahan dasar snack jenis "Chiki" yang disukai oleh anak-anak.

Hal ini membuat ice smoke memiliki banyak julukan nama lain. Sesuai bahan dasarnya, ice smoke juga disebut dengan "Ciki Kebul". Beberapa daerah pun ada juga yang menyebut jajanan kekinian ini dengan nama magic snack.

Apakah Ice Smoke Berbahaya?

Fakta Ice Smoke. (Special)

Belum lama ini, viral kisah bocah usia 5 tahun yang terbakar saat mengonsumsi ice smoke. Kejadian tak terduga ini menjadi pertanyaan apakan ice smoke berbahaya untuk dikonsumsi?

Ice smoke menjadi salah satu jajanan yang membahayakan jika tidak diolah dengan benar. Pasalnya, jajanan ini memberikan cairan nitrogen yang diketahui dapat memicu kebakaran.

Meski baru tenar pada 2021, sebenarnya jajanan ini telah muncul sejak lama. Diketahui, pada 2018 Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengeluarkan peringatan untuk tidak mengonsumsi jajanan tersebut.

Pasalnya, cairan nitrogen dapat membakar tenggorokan saat dalam kondisi dingin. Bahkan mengonsumsi jajanan ini bisa merusak organ internal.

Dilansir dari NBC, FDA juga menyebut bahaya ice smoke ini bahkan bisa mengancam jiwa. Terlebih bahaya ini datang pada orang yang mengidap asma.

Mashed mengatakan, menghirup uap jajanan tersebut bisa mengakibatkan penderita asma kesulitan bernapas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jajanan ice smoke sangat membahayakan.

Bocah SD Terbakar saat Jajan Ice Smoke

Fakta Ice Smoke. (Special)

Viral di media sosial terkait bocah 5 tahun asal Ponorogo yang terbakar saat mengonsumsi ice smoke. Hal tersebut pun telah dibenarkan oleh ayah kandungnya yang bernama Sutrisno.

Dilansir dari berbagai sumber, Sutrisno pun menjelaskan kronologi insiden tak terduga itu. Kejadian tersebut bermula saat dirinya bersama sang anak yakni Ahsan sedang menonton pertunjukan Reog pada Selasa (12/7/2022) sore. Diketahui pertunjukan tersebut digelar di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Jawa Timur.

Kemudian, Ahsan meminta ayahnya untuk membelikan jajanan es ciki kebul atau yang dikenal dengan ice smoke. Ia membelikan jajanan tersebut seharga Rp20 Ribu.

"Langsung saya belikan. Setelah jajannya dipegang anak saya, jajannya keluar api, langsung bakar anak saya," kata Sutrisno.

Sutrisno menyebut insiden itu terjadi begitu cepat. Bahkan, ia tak mengetahui sumber api dari mana. Terlebih, saat api itu mulai membakar tubuh anaknya, perhatian Sutrisno sedang teralihkan.

Sontak, ayah dari bocah itu langsung memadamkan api dengan tangan kosong. Bahkan Sutrisno melepas baju Ahsan sebelum akhirnya di bawa ke rumah sakit.

Kesalahan Cara konsumsi Ice Smoke

Fakta Ice Smoke. (Special)

Tak hanya pengolahan yang salah. Namun, cara mengonsumsi ice smoke dengan salah pun bisa memimbulkan bahaya. Kepala Departemen Kimia Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS), Prof Fredy Kurniawan mengatakan nitrogen cair tidak dapat mengeluarkan api begitu saja.

Ia menegaskan, api tidak dapat dikeluarkan pada nitrogen yang memiliki rumus kimia N2. Sesuai rumusnya, angka N2 menandakan subscript alias tidak dapat mengeluarkan api.

"N2 pada temperatur kamar bentuknya gas. Dinaikkan tekanannya jadi cair. N2 ini sangat dingin di bawah titik beku air," kata Prof Fredy saat dihubungi detikJatim, Rabu (13/7/2022).

Fredy menjelaskan, zat nitrogen cair tidak boleh berada dalam suhu dingin. Jika N2 itu bersentuhan dengan organ manusia yang dingin maka dapat membahayakan.

Pasalnya, N2 atau nitrogen yang tidak mengeluarkan api dapat mengakibatkan cold burn. Perlu diketahui, cold burn adalah kebakaran yang dikarenakan suhu sangat dingin.

"Bekas terbakar pada temperatur yang dingin. (Sama dengan bekas terbakar dengan api) kulit seperti melepuh," ujarnya.