Wajib Tahu! 5 Cara untuk Cegah Kulit Kering

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Wajib Tahu! 5 Cara Untuk Cegah Kulit Kering

Ilustrasi kulit kering. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang mempermasalahkan memiliki kondisi kulit kering. Kondisi ini kerap disebut dengan xerosis. Kulit kering pun dipicu oleh banyak faktor. Mulai dari hormon, keturunan, lingkungan, hingga pola hidup.

Tak hanya menganggu penampilan, namun kulit kering pun biasanya membuat kulit mudah iritasi. Biasanya kulit kering akan ditandai dengan kulit yang kasar, pecah-pecah dan mudah terkelupas.

Sejatinya kulit kering dapat dicegah dengan melakukan beberapa cara di bawah ini. Yuk, simak dulu Ladies!

Hindari Mandi Air Panas

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Salah satu cara mencegah kulit kering adalah menghindari mandi dengan air panas. Pasalnya, suhu air yang terlalu panas membuat kulit menjadi mudah kering.

Padahal seperti yang diketahui, mandi air panas mampu membantu badan menjadi rileks. Mandi pakai air panas merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan saat tubuh terasa pegal.

Namun sayangnya, mandi air panas tidak direkomendasikan bagi pemilik kulit kering. Pasalnya, air panas tersebut akan membuat kulit menjadi lebih bertekstur.

Selain menghindari mandi air panas, sebaiknya jangan mandi terlalu lama. Pasalnya, saat seseorang mandi dalam durasi yang lama, maka air akan menguap dari tubuh.

Kondisi ini bisa membuat kulit menjadi lebih mudah kering. Oleh karena itu, disarankan untuk mandi maksimal 10 menit saja. Waktu tersebut dianggap sudah mampu membersihkan kulit secara menyeluruh dan menghidrasi kulit.

Pakai Sabun dengan Kandungan yang Lembut

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Selain air panas, penggunaan sabun pun mempengaruhi kondisi kulit manusia. Jika tidak ingin memiliki kulit kering, sebaiknya berhati-hati dalam memilih produk sabun mandi.

Pilihlah sabun dengan kandungan yang lembut dan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia. Kamu bisa menggunakan milk soap dengan bahan dasar minyak.

Sebaliknya hindari sabun dengan kandungan alkohol atau pun parfum. Pasalnya, dua kandungan kimia ini mampu merusak kulit bahkan membuat iritasi.

Keringkan Tubuh dengan Tepat

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Lantaran terburu-buru, banyak orang memilih untuk tidak mengeringkan badan dengan baik. Artinya mereka langsung menggunakan baju dalam keadaan badan setengah basah.

Rupanya kebiasaan ini menjadi hal yang tak dianjurkan untuk dilakukan. Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut mampu membuat masuk angin. Selain itu, kebiasaan tersebut juga membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, jangan mengeringkan kulit dengan cara menggosokkan handuk. Sebaiknya, keringkan badan dengan cara ditepuk-tepuk saja.

Pasalnya, handuk yang kasar dapat merusak kulit bagian luar. Tak hanya mengakibatkan kulit kering namun juga bisa membuat kulit iritasi.

Hal tersebut pun berkaitan dengan pemilihan handuk. Gunakan handuk dengan kain yang lembut agar meminimalisir kulit menjadi kering.

Banyak Minum Air Putih

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Seperti yang diketahui, mengonsumsi air putih mampu mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya menghindarkan kulit menjadi kering.

Agar cairan dalam tubuh terpenuhi, kita membutuhkan delapan gelas air putih. Jumlah ini setara dengan 1,5 hingga 2,5 liter.

Jika angka ini terpenuhi, maka kulit akan terhidrasi bahkan terlihat lebih cerah dan bercahaya. Itulah sebabnya, air putih memiliki peran besar bagi kelembapan kulit.

Gunakan Tabir Surya dan Pelembap

Cara mencegah kulit kering. (Special)

Sekarang sudah banyak produk yang membuat kulit menjadi lebih lembap. Salah satunya, yakni tabir surya atau pelembap yang bisa digunakan bagi pemilik kulit kering mau pun tidak.

Namun, bagi pemilik kulit kering, sebaiknya pilih produk dengan kandungan ceramide, asam hialuronat, gliserin dan urea. Pasalnya, berbagai kandungan ini mampu membuat kulit tetap terhidrasi.

Kamu juga bisa menggunakan pelembap dengan kandungan lanolin dan petroleum jelly. Kemudian, kamu bisa menggunakan tabir surya saat di luar ruangan dengan kandungan SPF minimal 15.