Wanita Harus Tahu! 6 Jenis Jerawat Dan Cara Penanganannya

Kamis, 12 Agustus 2021 | 06:03:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Wanita Harus Tahu! 6 Jenis Jerawat Dan Cara Penanganannya

Foto: Ladiestory.id

Jerawat merupakan keadaan abnormal kulit karena gangguan berlebih produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jerawat tidak pasti timbul dari kotor, namun dapat juga dikarenakan faktor dari dalam tubuh. Umumnya, jerawat timbul akibat tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih, kotoran, sel kulit mati, dan lain sebagainya.

Beragam Jenis Jerawat Dan Cara Penanganannya

Datangnya jerawat ditandai dengan kulit berminyak, timbulnya bintil kecil, dan komedo. Terdapat berbagai jenis jerawat dengan berbagai area muncul selain pada kulit wajah. Seperti di punggung, dada, pundak, dan leher.

Banyak hal penyebab yang menjadikan jerawat muncul di wajah atau tubuh kita dengan berbeda-beda bentuk. Sebab itu, cara mengatasi jerawat juga mesti sesuai supaya masalah dapat teratasi dengan benar. Cara mengatasi jerawat juga harus disesuaikan dengan jenis jerawatnya, lho.

1. Jerawat Kistik 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Orang yang mempunyai jerawat kistik umumnya akan lebih berisiko mempunyai berbagai jenis jerawat parah lainnya. Jenis jerawat ini adalah jerawat dengan kista merah yang cukup besar pada bagian bawah kulit, dan berisikan nanah yang menjadikannya tampak layaknya bbisul.

Bila kamu mengalami jerawat kistik atau jerawat bernanah, lebih baik untuk membicarakan hal ini pada dokter kulit. Karena obat yang dijual bebas di warung umumnya tidak cukup manjur guna menglenyapkan jerawat jenis ini.

2. Jerawat Batu

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Jerawat batu atau jerawat kistik muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam. Penyebab munculnya jerawat batu yaitu karena penyumbatan pori akibat sel kulit mati yang dibarengi oleu infeksi bakteri. Karena itu timbul benjolan merah besar, terasa lunak karena terisi oleh nanah, dan sakit ketika dipegang.

Jerawat batu bisa memunculkan peradangan akibat infeksi bakteri. Jangan lupa, jerawat ini bisa menimbulkan bekas luka

3. Jerawat Blackheads

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Blackheads atau komedo berwarna hitam ini sebetulnya salah satu jenis jerawat, lho. Jenis jerawat ini umumnya timbul di area sekitar hidung.

Blackheads timbul akibat dari tersumbatnya pori-pori karena minyak berlebih. Beberapa orang mungkin tidak peduli dengan munculnya blackheads, namun bila dibiarkan bisa memunculkan problem baru pada wajah.

Guna mengatasi blackheads ini, kamu dapat memakai krim wajah dengan kandungan benzoyl peroxide, asam salisilat, dan resorsinol.

Bahan-bahan ini berfungsi guna membunuh bakteri pemicu komedo, mengurangi kadar kelebihan minyak, dan mengangkat sel kulit mati.

4. Papula

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Jenis jerawat selanjutnya yaitu papula. Papula umumnya timbul dengan wujud benjolan kecil berwarna merah di kulit. Benjolan ini umumnya bergerumul dan dapat membuat sakit.

Jerawat ini dapat disembuhkan melalui obat-obatan layaknya antibiotik atau perawatan topikal misalnya tretinoin dan retinol.

5. Jerawat Whiteheads

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Whiteheads atau komedo berwarna putih ini pun adalah jerawat yang kerap timbul pada wajah. Whiteheads timbul akibat dari tersumbatnya pori-pori dan menutupi semua permukaan hingga tampak benjolan berwarna putih.

Guna menalanginya, kamu dapat mengenakan produk dengan kandungan retinoid, benzoyl peroxide, AHA, dan asam salisilat yang berguna dalam mengangkat sel kulit mati, menghilangkan bakteri, dan mengurangi peradangan di area komedo.

6. Mechanica

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Jerawat mechanica muncul karena panas dan gesekan. Disisi lain, tekanan pada kulit, penggunaan pakaian olahraga basah yang menarik peningkatan iritasi, dan minyak berlebih pun bisa mengakibatkan jerawat mechanica.

Cara mengatasi jerawat dapat dengan produk berlandaskan peroksida benzoyl dan asam glikolat supaya bisa melakukan exofiliate dan mencegah jerawat sebelum mulai timbul.

Berita Terkait