Apa Arti Sujanan dalam Weton Jawa? Penting Untuk Menentukan Jodoh Terbaik

Selasa, 16 November 2021 | 01:13:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Apa Arti Sujanan Dalam Weton Jawa? Penting Untuk Menentukan Jodoh Terbaik

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Siapa yang masih percaya dengan weton Jawa? Yap, kebanyakan orang Jawa masih mempercayai adanya weton ini. Weton berasal dari kata wetu atau keluar yang mendapat akhiran –an, sehingga menjadi wetuan.

Maka weton merupakan penanda hari kelahiran seseorang. Bagi sebagian besar masyarakat Jawa, mengetahui weton merupakan salah satu hal penting lantaran berhubungan dengan karakter seseorang, serta perjodohan.

Foto: Ladiestory.id

Ada arti lain yang mengatakan bahwa weton adalah hari kelahiran manusia menurut penanggalan Jawa. Weton terdiri dari hari (dino) dan pasaran.

Setiap dino dan pasaran memiliki angka masing-masing dan bersifat baku. Angka dino dan pasaran ini telah ada sejak beratus-ratus tahun lalu sejak kebudayaan Jawa muncul.

Cara Menghitung Jumlah Neptu dalam Weton Jawa

Dino

Minggu = 5

Senin = 4

Selasa = 3

Rabu = 7

Kamis = 8

Jumat = 6

Sabtu = 9

 

Pasaran

Kliwon = 8

Legi = 5

Pahing = 9

Pon = 7

Wage = 4

Misalkan, kamu lahir di hari Minggu Wage. Artinya neptumu 5+4=9. Sementara itu, pasangan lahir di hari Senin Pon. Artinya neptu pasangan 4+7=11.

Terakhir, jumlahkan neptu kamu dan pasangan, itu artinya 9+11=20. Selanjutnya, kamu bisa melihat arti hitungan weton jodoh.

Arti Perhitungan Weton Jodoh

1. Sujanan

Sujanan memiliki arti pertengkaran, dimana mirip dengan Padu. Pada hitungan Jawa, pasangan dengan neptu Sujanan akan menghadapi masalah dengan perselingkuhan.

Dimana permasalahan ini termasuk dalam kategori ancaman pertengkaran rumah tangga yang besar. Baik dari pihak laki-laki maupun dari perempuan.

Neptu untuk Sujanan sendiri adalah 7, 15, 23, dan 31.

2. Padu

Seperti yang sudah dikatakan bahwa Padu memiliki arti pertengkaran. Kalau weton Jawa ini merupakan pasangan dengan neptu padu akan sering bertengkar.

Bahkan kemungkinan besar pasangan ini akan berpisah. Namun tetap semuanya kembali kepada pribadi masing-masing.

Padu memiliki neptu 6, 14, 22, dan 30.

3. Topo

Arti Topo dalam weton Jawa merupakan gambaran hidup manusia seutuhnya. Tafsiran ini mengatakan jika pasangan tersebut akan digoncang dengan permasalahan pada awal pernikahan. Namun semua akan membaik seiring berjalannya waktu. Asalkan kedua pribadi ini dapat saling bertahan.

Neptu untuk Topo adalah 4, 12, 20, 28, dan 36.

4. Tinari

Banyak yang beranggapan bahwa Tinari lebih baik dari Jodoh karena Tinari juga menggambarkan kemapanan finansial. Sebab pasangan dengan tafsir Tinari akan memiliki hidup bahagia dengan kondisi finansial yang mencukupi.

Neptu untuk tafsir Tinari adalah 5, 13, 21, dan 29.

5. Pegat

Dalam Bahasa Jawa Pegat berarti berpisah atau cerai. Ini juga berlaku pada weton Jawa dimana arti dari Pegat adalah perpisahan.

Kemungkinan besar pasangan dengan neptu ini akan berpisah di tengah jalan. Sebab rumah tangga pasangan neptu akan dirundung banyak masalah.

6. Jodoh

Jodoh artinya pasangan ini dipercaya akan memiliki rumah tangga yang harmonis hingga Tuhan memisahkan. 3, 11, 19, 27, dan 35 adalah neptu impian dalam hitungan Jawa karena neptu tersebut berarti Jodoh.

7. Ratu

Sesuai dengan namanya, Ratu berati pasangan ini akan hidup bagaikan seorang ratu dengan banyak harta dan hidup harmonis. Dewi fortuna akan selalu bersama pasangan ini.

Neptu untuk Ratu adalah 2, 10, 18, 26, dan 34.

Inilah arti Sujanan dalam Weton Jowo beserta yang lainnya untuk menentukan jodoh yang baik. Apa kamu masih percaya dengan hitungan weton seperti ini?