Wow! Ini 5 Jajanan Indonesia yang Mendunia!

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:05:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Wow! Ini 5 Jajanan Indonesia Yang Mendunia!

Foto: yussyakmal

Ladiestory.id - Indonesia memang terkenal dengan berbagai kebudayaan dan kekhasan setiap daerahnya. Setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti tari adat, rumah adat, tak ketinggalan dengan makannya.

Tidak banyak jajanana Indonesia seperti makanan daerah yang masih tersisa hingga sekarang. Kue-kue daerah menjadi jajanan pasar yang lebih mudah untuk dijumpai dibandingkan makanan daerah yang lain.

5 Jajanan Indonesia yang Mendunia!

Memang sekarang ini sudah banyak makanan modern dari luar negeri yang masuk ke dalam Indonesia. Namun rupanya jajanan Indonesia justru eksis di luar negeri. Kira-kira apa saja jajanan Indonesia yang mendunia?

1. Batagor

jajanan Indonesia
Foto: Instagram/tanggalmuda

Bakso tahu goreng atau yang kerap disingkat batagor, merupakan makanan asal Bandung. Tak hanya itu, namun batagor telah menjadi jajanan Indonesia yang mendunia.

Padahal, makanan yang terbuat dari tahu diisi dengan adonan ikan tengiri ini biasa dijajakan di pinggir jalan dengan gerobak sederhana. Usaha batagor ‘Yoel’s’ di Kota Cimahi salah satunya. Produknya sudah diimpor sampai ke Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Taiwan, Qatar, Australia, dan Kanada.

Ketenaran penganan ini membuat salah satu resto Indonesia di kota Seattle, Amerika Serikat, juga menjual penganan ini. Menu batagor lezat juga sudah hadir di restoran Nusantara, Berlin, Jerman. Di New York, sebuah resto bernama Bali Nusa Indah juga menyajikan menu batagor.

2. Klepon

jajanan Indonesia
Foto: tasikmalaya.pikiran-rakyat

Kue berbentuk bulat hijau dengan taburan parutan kelapa di dalamnya ini punya keunikan yang beda dari kue-kue lokal lainnya. Ini termasuk salah satu jajanan Indonesia yang mendunia.

Namun hati-hati ketika makanan jajanan Indonesia ini. Sebab bisa jadi, kamu menyemburkan gula merah kemana-mana. Ya, kue klepon ini berisi gula merah cair, yang begitu digigit, gula tersebut ‘meleleh’ di mulut.

3. Lapis Legit

jajanan Indonesia
Foto: Merdeka

Lapis legit adalah salah satu jajanan Indonesia yang mendunia. Kue bertekstur lembut dan bercita rasa manis ini sendiri pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda yang saat itu terinspirasi dari kue lapis Eropa. Kue ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Karena rasanya yang lezat dan tidak bikin eneg, ada banyak kalangan yang menyukai kue ini. Bahkan pada tahun 2016 lalu situs berita AS CNN mendaulat lapis legit khas Indonesia sebagai salah satu dari 17 kue terlezat di dunia.

CNN menyebut bahwa mentega dan kuning telur membuat lapis legit Indonesia memiliki rasa yang manis, lembab dan lezat sehingga sangat pas disajikan sebagai camilan hiburan.

4. Bika Ambon

jajanan Indonesia
Foto: Instagram/twinskitchenmedan

Meski menggunakan nama Ambon di belakangnya, Bika Ambon nyatanya berasal dari Medan. Disebut demikian karena kue ini pertama kali diproduksi dan populer di simpang Jalan Ambon-Sei Kera, Medan. Jajanan Indonesia ini sendiri sudah menjadi oleh-oleh khas Medan yang kerap diborong wisatawan saat berkunjung ke sana.

Kue ini memiliki kelezatan yang bisa membuat kamu penasaran, sebab teksturnya begitu lembut dan kenyal saat dimakan di dalam mulut. Saat memakannya kamu akan merasakan perpaduan rasa menarik antara manis, asam dan gurih. Perpaduan inilah yang akan membuat kita ingin memakannya lagi dan lagi.

5. Kue Pancong

kue pancong
Foto: Okemom

Kue yang terbuat dari santan, tepung beras, kelapa ini termasuk kudapan khas nusantara yang mulai susah ditemukan. Penjualnya semakin terbatas. Padahal rasa gurih asin dari parutan kelapa ditambah taburan gula pasir di atas kue ini bisa membuat orang ketagihan.

Kendati di Indonesia mulai jarang dilirik, jajanan Indonesia khas Betawi ini rupanya populer di New York, Amerika Serikat. Nigel Sielegar, seorang pemuda Indonesia yang tinggal di New York yang mempopulerkannya dan menjadi jajanan Indonesia yang mendunia.

Dengan label Moon Man, Nigel menjual kue ini di acara festival maupun di gerai. Kue pancong Moon Man bahkan masuk ke daftar 100 makanan dan minuman terbaik di New York tahun 2017. Selain masuk daftar 100 makanan terbaik, kue pancong karya Nigel juga menjadi finalis Vandy Award 2017, kategori makanan pencuci mulut terbaik.

Inilah 5 jajanan Indonesia yang mendunia. Patut berbangga ya! Kira-kira ada jajanan Indonesia yang jadi favoritmu tidak?