Yuk Belajar Bahasa Korea Cantik dan Imut!

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 05:16:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Yuk Belajar Bahasa Korea Cantik dan Imut!

Foto: Koreaboo

Kamu pecinta drama Korea, variety show Korea, dan tayangan-tayangan Korea yang lain? Jika kamu penikmat itu semua, maka ada beberapa kata dalam Bahasa Korea yang sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga.

Yuk Belajar Bahasa Korea Cantik dan Imut!

Salah satu yang sering diucapkan oleh mereka adalah yeppeo dan gwiyowo. Nah, kedua kata ini merupakan Bahasa Korea cantik  dan imut. Namun, dalam aturan Bahasa Korea tidak semudah itu bisa diutarakan ke semua orang.

Sebab dalam Bahasa Korea memiliki tingkatan bahasa, seperti bahasa formal dan informal. Jika kamu salah mengucapkan, maka akan dipandang sebagai orang yang sangat tidak sopan.

Selain itu, kata yang ditujukan kepada orang dan benda pun akan memiliki perbedaan. Padahal sama-sama memiliki arti cantik dan imut. Oleh sebab itu, yuk belajar Bahasa Korea cantik dan imut agar tidak salah penggunaannya.

Bahasa Korea Cantik

Yang pertama kamu bisa belajar tentang penggunaan kata cantik. Berikut bahasa Korea Cantik.

1. 아름다워요 (Areumdawoyo)

Foto: instagram.com/jennierubyjane

Frasa ini merupakan bentuk standar dari kata “cantik” dalam Bahasa Korea. Pada umumnya, frasa ini digunakan oleh orang Korea untuk memuji orang yang usianya lebih tua dari kita atau bisa juga untuk orang asing yang belum akrab.

Contoh kalimatnya seperti : 그 사람은 아름다워요! (Keu Sarameun Areumdawoyo!) yang artinya adalah “Orang itu sangat cantik!”.

2. 예뻐요 (Yeppeoyo)

Yeppeoyo merupakan frasa standar lain untuk menyatakan “cantik” dalam Bahasa Korea. Kebalikannya dengan poin sebelumnya. Bahwa frasa ini digunakan untuk memuji kecantikan orang yang usianya lebih tua dari kita dan bisa boleh digunakan untuk orang yang kurang begitu akrab dengan kita.

Contoh kalimatnya seperti : 진짜 예뻐요! (Chinjja Yeppeoyo!) yang memiliki arti “Benaran cantik!”

3. 이뻐요 (Ippeoyo)

Foto: Koreaboo

Sedangkan frasa lain yang bisa kamu gunakan untuk menyatakan “cantik” terhadap orang lain adalah 이뻐요 (Ippeoyo). Namun, frasa ini disarankan hanya untuk orang yang sudah akrab saja dengan Anda.

Untuk orang yang lebih tua dan belum akrab tidak disarankan menggunakan frasa ini. Jadi kamu bisa menggunakan frasa "예뻐요 (Yeppeoyo)" saja untuk ungkapan yang jauh lebih sopan.

4. 아름다워 (Areumdawo)

Sama halnya dengan "Ippeoyo", frasa ini juga hanya boleh diucapkan terhadap teman dekat saja. Untuk orang yang lebih muda dari kamu namun belum akrab tidak disarankan menggunakan frasa ini. Sebab frasa ini termasuk dalam kalimat informal.

Contoh kalimat dengan menggunakan frasa ini adalah : 전망이 아름다워 (Cheonmangi areumdawo) yang memiliki arti “Pemandangannya sangat cantik”.

5. 이뻐 (Ippeo)

Foto: scmp

Selanjutnya, Bahasa Korea cantik  juga bisa disebutkan dengan "이뻐" (Ippeo). Namun, frasa ini juga termasuk dalam kata informal yang hanya boleh digunakan untuk orang yang sudah akrab saja denganmu. Kamu boleh menggunakan "이뻐" (Ippeo) untuk menyatakan “cantik” yang ditujukan terhadap pacar, teman akrab, dan orang asing yang sudah lama kenal.

6. 예뻐 (Yeppeo)

Frasa ini juga termasuk bentuk informal. Bahasa Korea yang berarti "cantik" ini hanya disarankan digunakan untuk orang yang sudah akrab saja. Jangan pernah mengutarakan kata ini kepada orang yang lebih tua, sebab hal itu kurang sopan.

Contoh kalimatnya adalah : 와, 예뻐! (Wa, Yeppeo!) artinya adalah “Wow, Kamu cantik banget!”.

Bahasa Korea Imut

Jika sebelumnya kamu belajar tentang kata "cantik", kamu juga bisa mempelajari bahasa Korea imut.

1. 귀엽다 (Gwiyeopda)

Bahasa Korea imut dan lucu dapat diutarakan dengan "귀엽다" (gwiyeopda). Namun, frasa ini hanya digunakan untuk memuji beda atau makhluk hidup selain manusia.

Contoh kalimat adalah : 귀여운 강아지 (gwiyeoun gangaji) artinya adalah "Anak anjing yang lucu"

2. 귀여워 (Gwiyeowo)

Foto: lifestyle.bisnis

Nah, jika Kamu ingin memuji seseorang yang imut dan lucu, Kamu dapat menggunakan frasa "귀여워" (Gwiyeowo). Frasa ini juga termasuk dalam kata informal, sehingga berhati-hati dalam menggunakannya.

Contoh kalimat adalah : 너는 완전 귀여워! (neo neun wanjeon gwiyeowo) artinya adalah "Kamu sangat imut!"

3. 귀엽습니다 (gwiyeopseumnida)

Lalu bagaimana jika ingin memuji dengan kata yang lebih sopan? Kamu bisa menggunakan 귀엽습니다 (gwiyeopseumnida) merupakan bentuk formal dari kata kiyowo. Kata ini memiliki arti lucu dalam bahasa Korea. Kamu dapat mendengarkan kata ini dalam kegiatan atau acara formal, seperti interview atau pengumuman.

4. 귀여워요 (gwiyeowoyo)

Selanjtunya ada 귀여워요 (gwiyeowoyo) juga tergolong sopan meskipun tidak seformal yang pertama. Kata ini juga memiliki arti lucu dalam bahasa Korea. Kamu dapat mengucapkannya pada orang yang lebih tua dalam percakapan sehari-hari.

Inilah Bahasa Korea cantik  dan imut yang dapat kamu ucapkan sesuai ketentuan frasa yang ada. Semoga membantu Kamu untuk sedikit mengerti ketika sedang nonton drama.

Berita Terkait