Yuk, Cobain 5 Resep DIY Masker Wajah Aloe Vera agar Kulit Lebih Glowy

Senin, 20 April 2020 | 18:41:42

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Yuk, Cobain 5 Resep Diy Masker Wajah Aloe Vera Agar Kulit Lebih Glowy

Masih di rumah aja? Masker wajah sudah habis? Daripada membeli, yuk bikin sendiri masker aloe vera yang bisa membuat wajah glowy dan membantu mengatasi masalah-masalah kulit lainnya? Kamu hanya memerlukan aloe vera dan beberapa jenis bumbu dapur yang kemungkinan besar sudah ada di rumah. Ohya, yang pasti kamu butuh niat dan waktu. Punya 'kan semua bahan itu? Yuk, mulai bikin DIY masker aloe vera. Berikut beberapa resep yang bisa kamu coba. 

Bagaimana Membuat Masker Wajah Aloe Vera?

Pertama-tama, siapkan aloe vera. Jika kamu sudah menanamnya di rumah, bagus banget! Jika belum ada, carilah lidah buaya segar. Setelah itu, pastikan kamu tidak alergi terhadap tanaman ini. Caranya: coba aplikasikan aloe vera sedikit ke kulit tangan dan tunggu hingga beberapa jam atau satu hari untuk melihat reaksinya terhadap kulitmu. Jika kulitmu baik-baik saja, silakan terapkan resep masker aloe vera di bawah ini. 

Bagaimana Memakai Masker Wajah Aloe Vera?

Caranya sangat mudah. Intinya begini: 

1. Campur aloe vera dengan bahan-bahan lain di dalam mangkuk sampai konsistensinya mirip mentega (tidak terlalu encer). 

2. Aplikasikan masker ke wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Pastikan tidak membiarkannya lebih dari 20 menit karena masker akan kehilangan efek melembapkannya dan malah menyebabkan iritasi ketika terlalu lama didiamkan di atas kulit. 

3. Bersihkan wajah secara sempurna dan keringkan wajah. 

4. Aplikasikan pelembap agar wajah tetap kenyal. 

Beberapa Resep DIY Masker Wajah Aloe Vera

1. Aloe Vera + Madu (untuk kulit lembut)

Oleh karena madu memiliki manfaat melembutkan kulit, mengurangi kemerahan, melembapkan, maka bahan ini cocok banget dicampurkan dengan lidah buaya.

Cara pembuatan: Tambahkan madu ke dalam gel lidah biaya. Pastikan, tambahkan lebih sedikit madu; rasionya 1:2. 

2. Aloe Vera + Cuka Apel (untuk eksfoliasi lembut) 

Pada dasarnya aloe vera sudah memiliki kandungan eksfoliator alami, yakni beta-hydroxy acid dan salicylic acid, yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Sementara cuka apel juga mengandung hal yang sama dan anti-inflamasi, sehingga cocok untuk aloe yang lebih bersifat lembut. Jika kamu tidak memiliki cuka apel, kamu bisa menggantinya dengan gula atau bubuk kopi 

Cara pembuatan: tambahkan cuka apel ke dalam gel aloe vera hingga konsistensinya menyerupai mentega.

3.  Aloe Vera + Kunyit (untuk mencerahkan kulit) 

Untuk meratakan warna kulit, gunakan kunyit. Kandungan utamanya, curcumin, memiliki banyak manfaat untuk kulit, mulai dari menetralisir radikal-radikal bebas sampai mengurangi hiperpigmentasi. Dan karena aloe vera bisa mengurangi bintik-bintik hitam di wajah, maka ketika kamu menggabungkannya dengan kunyit dan menghasilkan masker pencerah wajah. Tidak punya kunyit? Ganti dengan lemon atau jeruk yang kaya akan vitamin C untuk meratakan warna kulit.

Cara pembuatan: gabungkan aloe vera dan kunyit hingga konsistensinya menyerupai masker pada umumnya.

4. Aloe Vera + Minyak Kelapa (untuk melembapkan kulit) 

Untuk kulit kering dan bersisik, minyak kelapa (atau minyak zaitun, jika kamu punya ini) adalah bahan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Soalnya, minyak kelapa mampu melembapkan kulit dengan cara alami. Dan ketika dipasangkan dengan aloe, masker ini akan menjadi masker yang sangat menghidrasi kulit! Namun, jika kamu memiliki kulit cenderung berjerawat, hati-hati karena minyak kelapa bisa menyebabkan jerawat. 

Cara pembuatan: campurkan aloe vera dengan minyak kelapa hingga konsistensinya menyerupai mentega. 

5. Aloe Vera + Yogurt (untuk meratakan warna kulit) 

Punya probiotik, atau yogurt di rumah? Gunakan untuk membuat masker wajah. Pasalnya, probiotik dipercaya bisa mengurangi jerawat dan meratakan warna kulit. 

Cara pembuatan: sama seperti di atas, tambahkan aloe vera dan yogurt hingga konsistensinya mirip masker biasa. 

Sumber foto utama: Shutterstock.com