Yuk, Kenali 4 Jenis Investasi yang Wajib Kamu Punya Agar Hari Tua Bahagia

Jumat, 6 Desember 2019 | 23:57:25

Muna Dewi

Penulis : Muna Dewi

Yuk, Kenali 4 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya Agar Hari Tua Bahagia

?

Banyak orang yang suka salah persepsi jika sudah menyebutkan kata investasi. Mayoritas pasti akan mengaitkannya dengan aktifitas keuangan dan ekonomi. Enggak salah tapi masih kurang tepat sebenarnya jika kita mengaitkan investasi selalu dengan keuangan dan ekonomi.?

Lantas investasi itu apa sih? Secara sederhana bisa dibilang investasi adalah melakukan sesuatu di waktu sekarang untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar di masa yang akan datang. Hal pertama yang penting dilakukan sebelum Ladies melakukan invetasi adalah menentukan tujuan. Apa goal yang ingin dicapai dalam beberapa rentang waktu ke depan.?

Goal inilah nanti yang akan memandu para Ladies untuk menentukan jenis investasi apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara mencapainya.?

Di bahasan kali ini, goal yang di kejar adalah bagaimana para Ladies bisa merasakan kebahagiaan di hari tua. Kriteria agar bisa dikatakan bahagia di hari tua itu minimal ada 4, yaitu bebas finansial, sehat jasmani, sehat rohani dan memiliki kenangan indah untuk dikenang. Jika sudah mengatahui kriteria apa saja yang harus dipenuhi maka para Ladies akan dengan mudah menentukan investasi apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi semua kriteria tersebut.?

?

1. Investasi Keuangan

sumber: pixabay.com

Memiliki kondisi bebas finansial di hari tua merupakan hal penting pertama yang harus para Ladies kejar. Bagaimana caranya? Tentu dengan melakukan innvestasi keuangan sedini mungkin. Bisa dengan menabung di tabungan konvensional, membeli properti, ikut reksadana atau bermain saham. Dalam berinvestasi ada satu petuah yang harus selalu para Ladies ingat, yaitu jangan pernah terpaku pada nominal yang besar namun rutinlah dalam melakukannya. Sebab sekali menabung dalam jumlah yang banyak hasilnya akan kalah dengan mereka yang menabung dalam jumlah sedikit tetapi rutin.?

2. Investasi Kesehatan

sumber: pixabay.com

Apa gunanya memiliki banyak uang jika tubuh sakit-sakitan? Tidak ada sama sekali.

Ladies, saat tubuh kita memasuki fase menopouse?secara bertahap tubuh kita juga akan mengurangi produksi hormon estrogen. Akibatnya otak, kulit, otot dan emosi akan terdampak langsung. Bagaimana cara agar terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan pasca menopouse? Makan makanan yang seimbang, rendah lemak dan tinggi kalsium agar tulang kuat dan jantung kita terlindungi. Olahraga secara teratur untuk mengurangi stres dan menjaga diri dari penyakit jantung.?

Jadi agar para Ladies bisa menikmati hari tua dengan badan yang sehat, mulailah sedini mungkin untuk menjaga gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur. Bukankah prinsip investasi, lakukan dengan teratur dan dalam jumlah yang terukur?

3. Investasi Kejiwaan

Sumber: pixabay.com

Salah satu penyebab maraknya penderita post power syndrome adalah karena ketidaksiapan kejiwaan mereka menghadapi kenyataan yang ada bahwa mereka sudah tidak memiliki kuasa atas sesuatu hal yang dulu mereka kuasai. Baik laki-laki maupun perempuan banyak yang menderita syndrome ini. Sebenarnya siapapun bisa terhindar dari syndrome yang satu ini asal memiliki kesehatan jiwa.?

Bagaimana caranya agar memiliki kesehatan jiwa yang baik? Salah satunya dengan rutin beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Setiap jiwa yang rutin beribadah secara tidak langsung mengakui bahwa dirinya lemah, tidak memiliki kekuatan untuk memiliki segala hal yang ada di depan matanya. Beribadah bisa menjadi peredam ego manusia pada segala hal yang berbau duniawi.?

Investasi kejiwaan bisa dilakukan dengan cara rutin beribadah.Jika jiwa kita tenang maka bisa dipastikan kebahagiaan akan mudah menghampiri.

4. Investasi Pengalaman

sumber: pixabay.com

Salah satu cara menikmati masa tua yang bahagia adalah dengan mengenang berbagai kenangan dan pengalaman yang indah di masa muda. Dan salah satu cara mengumpulkan kenangan yang indah itu tentu saja dengan berwisata. Menginvestasikan sebagian waktu dan dana di masa muda lewat aktifitas jalan-jalan bisa menjadi tabungan yang sangat penting di hari tua.?

Berbagai kisah dan pengalaman seru saat berwisata akan menjadi cerita yang sangat membanggakan untuk dibagikan pada anak cucu kelak.?

Mulailah Dari Sekarang

So Ladies, mulai dari sekarang berinvestasilah sedikit demi sedikit baik itu untuk kebebasan finansial, kesehatan jasmani, rohani maupun kekayaan pengalaman yang bisa menjadi bekal untuk lebih menikmati hidup dan berbahagia di masa tua. Sebab kalau bukan diri kita sendiri yang mempersiapkan kebahagiaan kita, lantas siapa lagi??

Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang agar masa tua kita bahagia dan penuh makna.?