Yuk, Lindungi Diri dari Corona dengan Vitamin Daya Tahan Tubuh Ini!

Kamis, 24 Juni 2021 | 11:17:39

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Yuk, Lindungi Diri Dari Corona Dengan Vitamin Daya Tahan Tubuh Ini!

Foto : Ladiestory.id

Kasus corona di Indonesia kian hari kian melonjak. Asupan beberapa vitamin daya tahan tubuh pun sangat diperlukan untuk antisipasi agar terhindar dari serangan virus  tersebut. 

Selain menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker, ada beberapa vitamin juga yan baik dikonsumsi agar ketahanan tubuh Anda tetap terjaga.

Vitamin Daya Tahan Tubuh 

Berikut vitamin daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi setiap hari :

1. Vitamin C

Foto: Ladiestory.id

Vitamin C sangat baik buat menjaga daya tahan tubuh,. Selain untuk meningkatkan imun tubuh supaya dapat terhindar dari penyakit, vitamin C juga bermanfaat sebagai antioksidan.

Tak hanya itu vitamin C juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi serta mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C bukan hanya terdapat dalam jeruk, vitamin ini juga bisa Anda dapatkan dalam pepaya, bayam, kubis, paprika dan stroberi.  

2. Vitamin A

Foto : Ladiestory.id

Vitamin A dikenal sangat baik untuk mata, tapi ternyata bukan hanya baik untuk mata vitamin A juga mampu menjaga daya tahan tubuh Anda. Untuk mendapatkan manfaatnya vitamin ini perlu diolah oleh tubuh. 

Vitamin A ini terkandung dalam dua bentuk yaitu vitamin A dan provitamin A. Adapun yang termasuk dalam vitamin A adalah daging, susu dan ikan tuna. Sedangkan dalam bentuk provitamin A terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti wortel, melon, ubi, labu, serta sayuran berwarna hijau tua.

3. Vitamin D

Foto: Ladiestory.id

Vitamin juga tergolong vitamin yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin ini mudah larut dalam tubuh serta berfungsi untuk  kekebalan tubuh. Selain itu vitamin D juga mampu meredakan peradangan sehingga mampu mengurangi infeksi pada saluran nafas.

Vitamin D dapat Anda dapatkan dengan konsumsi ikan tuna, sarden, ikan salmon, ikan makarel, susu dan sereal.

4. Vitamin E

Foto: Ladiestory.id

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Vitamin E ini banyak terdapat pada tanaman dengan kandungan lemak yang tinggi. Seperti kacang tanah,  kacang almond, biji bunga matahari, dan minyak nabati.

5. Vitamin B Komplek

Foto: Ladiestory.id

Vitamin daya tahan tubuh lainnya yang wajib Anda konsumsi yaitu vitamin B komplek, yang didalamnya termasuk vitamin B6 dan vitamin B12. Bila tubuh kekurangan vitamin B maka tubuh akan mudah terserang virus. Vitamin B seperti vitamin B6 bisa didapatkan dari ayam dan sayuran hijau seperti buncis. 

6. Zinc

Foto : Ladiestory.id

Selanjutnya ada Zinc yang juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan seng dapat mempengaruhi sistem imun, sehingga akan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit, termasuk pneumonia.

Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengkonsumsi vitamin zinc bisa didapatkan dengan konsumsi daging merah, tiram, kepiting, kacang panggang, unggas, dan yogurt. 

7. Zat Besi

Foto: Ladiestory.id

Zat besi juga dapat membantu tubuh membawa oksigen ke dalam sel, sehingga mampu berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Zat besi bisa Anda dapatkan dengan konsumsi makanan seperti ayam, kerang, sarden, tiram, dan daging merah. Zat besi juga terdapat dalam brokoli, sereal, kale, dan kacang merah.

8. Selenium

Foto: Ladiestory.id

Selenium juga termasuk dalam vitamin yang memiliki efek kuat dalam sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi. Makanan yang mengandung selenium terdapat dalam: daging merah, makanan laut seperti halibut, sarden dan tuna), juga daging unggas

Itulah 8 vitamin daya tahan tubuh yang sangat baik dikonsumsi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, khususnya agar terhindar dari virus corona. Sayangi diri dengan setiap hari konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin tersebut dan jangan lupa terapkan juga protokol kesehatan dimanapun Anda berada.