Yuk, Mulai Cegah Kanker Payudara dengan 5 Bahan Makanan Ini!

Senin, 30 Januari 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Yuk, Mulai Cegah Kanker Payudara Dengan 5 Bahan Makanan Ini!

Ilustrasi Gerakan Peduli Kanker Payudara. (Special)

Ladiestory.id - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang banyak mengintai kaum perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh adanya sel-sel abnormal pada payudara yang tumbuh dan membentuk benjolan serta dapat dirasakan ketika diraba. Ketika benjolan tersebut bersifat kanker, maka sel-sel abnormal akan menyebar ke organ sekitarnya.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker payudara yaitu dengan mengatur pola makan.Terdapat beberapa jenis bahan makanan yang diketahui ampuh dalam mengurangi risiko kanker payudara. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Brokoli

brokoli. (Special)

Sayuran dengan ciri-ciri berbonggol ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Brokoli juga merupakan keluarga cruciferous yang termasuk dalam jajaran sayuran terbaik dalam membantu menurunkan risiko kanker. Terdapat kandungan antioksidan dan glukosinolat pada sayur brokoli diketahui dapat melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan DNA.

Tentunya hal ini dapat membantu tubuh menghindari risiko sel kanker dan menghambat pembentukan pembuluh darah kanker. Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa pada brokoli terdapat kandungan sulforaphane yang dapat membantu mengurangi jumlah sel induk kanker payudara. Beberapa manfaat lain yang diberikan oleh brokoli seperti mengurangi penyebaran kanker lebih lanjut. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Kamu dapat mengkonsumsi brokoli dalam keadaan mentah atau ditumis.  

Ikan

Ilustrasi Daging Ikan Salmon. (Special)

Bagi pecinta makanan laut, ikan tentunya salah satu pilihan yang lezat untuk melengkapi hidangan mu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zhejiang University dan APCS Center of Nutrition menemukan bahwa efek yang diberikan asam lemak khususnya pada ikan dengan kandungan omega-3 dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Penelitian dilakukan kepada wanita penderita kanker payudara yang mengkonsumsi lebih banyak asam lemak tak jenuh omega-3 dari ikan mengalami sebuah penurunan ukuran kanker payudara sebanyak 14 persen. Beberapa jenis ikan yang mengandung omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmon dan tuna. 

Tomat

Tomat. (Special)

Bahan makanan lain yang dapat kamu gunakan yaitu tomat. Tingginya kadar antioksidan pada tomat sangat efektif dalam membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Sebuah penelitian menemukan bahwa sayuran serta buah yang memiliki kandungan karotenoid tinggi dapat mengurangi resiko terbentuknya sel penyebab kanker payudara hingga 20 persen. Kamu dapat menikmati tomat dengan cara dimakan langsung atau diproses menjadi jus.

Teh Hijau

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Salah satu jenis teh yang mampu membantu mencegah kanker payudara yaitu berwarna hijau. Meski hampir semua teh memiliki kandungan katekin, sebuah ekstrak yang memiliki manfaat untuk mencegah kanker payudara. Teh hijau termasuk yang baik dalam mengurangi terjadinya resiko penyakit ini.

Selain itu, teh hijau sangat efektif untuk melindungi sel-sel tubuh dari paparan lingkungan yang memungkinkan adanya resiko kanker. Kamu dapat mengkonsumsi teh hijau sebanyak empat cangkir dalam sehari untuk mendapat manfaatnya secara maksimal. 

Kedelai

Ilustrasi susu kedelai. (Special)

Adanya kandungan protein, lemak sehat, mineral hingga vitamin yang tinggi dalam kedelai diketahui sangat baik untuk dikonsumsi. Khususnya dalam rangka mencegah terjadinya kanker payudara. Selain itu, kandungan baik lainnya yang terdapat pada kedelai yaitu antioksidan yang disebut dengan isoflavon.

Hal ini serupa dengan penemuan dari lembaga kanker nasional Amerika serikat. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa wanita yang mengkonsumsi kedelai dengan rutin memiliki tingkat kepadatan jaringan payudara yang lebih rendang. Tingkat kepadatan ini sendiri dikaitkan dengan tingginya risiko kanker payudara. 

Itulah lima jenis bahan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Namun, bagi kamu yang memiliki riwayat alergi terhadap suatu makanan. Alangkah lebih baiknya, kamu melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter. Sehingga, pencegahan kanker payudara yang kamu lakukan dapat memberikan manfaat secara maksimal. Selamat mencoba dan salam sehat Ladies!