Yuk, Mulai Mengajari Anak Hidup Sehat Sedini Mungkin

Monday, 11 Jan | 09:12:13

LS Parenting

Penulis : LS Parenting

Yuk, Mulai Mengajari Anak Hidup Sehat Sedini Mungkin

Banyak manfaat yang dirasakan anak saat mulai menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Selain tumbuh kembangnya jadi lebih optimal, kualitas hidupnya membaik, dan bisa tumbuh menjadi anak hebat yang cepat tanggap. Tak hanya soal makanan, anak pun perlu juga menerapkan kebiasaan sehat sejak dini. Untuk mulai membiasakannya, Ibu bisa mencoba cara-cara ini:

Batasi waktu penggunaan gadget

Walau anak bisa bermain atau belajar hal baru dari gadget, namun terlalu banyak menggunakan gadget salah-salah membuat anak mengalami gangguan perilaku, kegemukan, atau gangguan waktu tidur . Untuk itu, orang tua wajib mendampingi anak dengan bantu menyeleksi aplikasi yang diakses anak, membatasi jam penggunaannya, dan ajak anak berdiskusi tentang apa yang disaksikannya. Aktifkan fitur parental lock pada apliaksi bila tersedia.

Membiasakan aktif bergerak

Membiasakan anak aktif sejak dini bisa dimulai dengan beraktivitas sederhana yang tidak terasa seperti olah raga bersama keluarga, seperti berjoget mengikuti lagu kesukaan, main di luar ruangan, atau pergi main trampolin di tempat bermain. Jika anak sudah terbiasa bergerak, waktunya meningkatkan skill olah raga dasar mereka dengan latihan menendang, melompat, atau lompat tali di taman dekat rumah.

Terapkan kebiasaan makan sehat di rumah

Kebiasaan makan sehat tidak hanya soal menyajikan makanan bernutrisi, tapi juga waktu makan. Agar anak tertarik mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, jadilah contoh yang baik dengan makan makanan bergizi di depannya . Berikan anak makanan sesuai porsinya, dan biasakan membuat waktu makan bersama keluarga jadi menyenangkan.

Mengajak anak berbelanja dan menyiapkan makanan

Saat berbelanja, ajak Anak membaca kandungan nutrisi pada label kemasan makanan. Selain itu, pastikan Kamu mengisi keranjang belanjaan dengan bahan makanan yang segar dan kurangi produk makanan olahan. Mengolah dan menyiapkan makanan bersama Anak juga akan membuatnya lebih terampil dalam memasak saat ia besar nanti.

Menjadikan makan bersama keluarga sebagai rutinitas

Ketika makan bersama, isi dengan percakapan dan cerita yang menyenangkan. Dalam percakapan saat makan, Kamu juga bisa menjelaskan kandungan nutrisi dan fungsinya bagi tubuh, dengan cara yang sederhana. Jika perlu, sesekali anak dapat mengundang temannya untuk makan bersama.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

Berita Terkait