Yuk Simak, 5 Tips Menghadapi Atasan yang Rese

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:30:00

Yuk Simak, 5 Tips Menghadapi Atasan Yang Rese

Pekerjaan Baru (Special)

Ladiestory.id - Ketika memasuki dunia kerja dan meninggalkan bangku sekolah serta kuliah, tentunya semua orang akan mendapatkan hal yang berbeda dari sebelumnya. Masuk ke dalam dunia kerja untuk pertama kali pasti membuat rasa penasaran yang sangat besar. Pastinya, kamu akan memiliki lingkungan dan pengalaman yang baru.

Memasuki tahapan dunia kerja yang baru memang tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun banyak dari kamu yang bisa melewatinya dengan baik, namun banyak hal jadi menegangkan untukmu. Ya, melewati dunia kerja yang baru untuk pertama kalinya pasti akan memberikan sensasi dan tantangan sendiri. Hal tersebut yang justru bisa menjadi pengalaman yang tidak bisa kamu lupakan.

Di lingkungan yang baru tentu akan ada teman kerja serta atasan yang mungkin tidak sesuai dengan karakter kepribadian kamu. Berbicara tentang atasan, kamu pasti dituntut untuk menuruti apa yang dia arahkan. Apalagi kalau atasan kamu itu berkerja langsung denganmu.

Terkadang, atasan itu pun belum tentu menyukai cara bekerja dan karakter kamu. Bisa jadi, dia menjadi seseorang yang rese atau tidak bisa kamu taklukan untuk menyukai kamu. Lalu bagaimana ya tipsnya menghadapi atasan yang rese?

Kenali Sosok Atasan

 

Pekerjaan baru. (Special)

Cara dan tips pertama agar kamu bisa sukses menghadapi atasan yang rese adalah, kamu harus mengerti sifat dan karakter atasan kamu. Karena posisinya dia lebih tinggi, tentu kamu harus merendah ketika bertemu dengan dia. Kamu harus bisa mengerti dan mengenali karakter serta kepribadian atasan untuk bisa membuatnya lebih menyukai dirimu.

Kendalikan Perasaan Atasan

 

Ilustrasi mengendalikan atasan. (Special)

Kemudian, cara kedua, adalah kamu harus mampu mengendalikan perasaan atasan kamu. Apalagi jika atasan kamu adalah seorang perempuan yang juga memiliki perasaan yang sangat peka seperti kamu. Dengan mengendalikan perasaan atasan kamu, maka tentu kamu akan bisa disukai olehnya. Setiap apa pun pekerjaanmu, pasti dia akan mencari kamu untuk membantu menyelesaikannya. Kamu justru bisa membuat karirmu lebih cemerlang dan siapa tahu bisa cepat naik pangkat.

 Jalin Komunikasi yang Baik

 

Ilustrasi menjalin komunikasi yang baik (Special)

Kemudian, tips yang selanjutnya adalah, kamu harus menjalin komunikasi yang baik dengannya. Dengan menjalin komunikasi yang baik, maka kamu bisa membuat sebuah jalinan hubungan yang bukan hanya sebatas atasan dan bawahan, tapi juga sebagai sebuah hubungan keluarga. Dengan komunikasi yang baik, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari atasan kamu terutama ilmu dan pengalaman di dunia kerja yang sudah atasan kamu miliki.

Beri Solusi dan Jangan Protes

 

Ilustrasi berikan solusi jangan terlalu banyak protes. (Special)

Selanjutnya, ketika terjadi permasalahan dalam pekerjaan atau masalah apa pun, usahakan jangan protes. Kamu harus memberikan solusi dalam masalah itu.  Entah dia mau mengambil saran atau solusi yang kamu berikan, setidaknya kamu tidak membuatnya semakin ilfeel bahkan marah.

Jadilah Pendengar yang Baik dan Sabar

 

Ilustrasi pendengar yang baik dan sabar (Special)

Tips yang terakhir, usahakan untuk menjadi pendengar yang baik saat bekerja dengannya. Kamu juga harus sabar menghadapinya karena ada banyak ilmu yang bisa dia tularkan ke kamu.

Itu tadi tips menghadapi atasan kamu yang rese atau menyebalkan. Semoga kamu bisa menerapkannya dan selamat bekerja!