2 Jam Mainkan Lato-lato, Bocah di Sidoarjo Bawa Pulang Seekor Kambing

Selasa, 10 Januari 2023 | 11:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

2 Jam Mainkan Lato-Lato, Bocah Di Sidoarjo Bawa Pulang Seekor Kambing

Permainan Lato-lato. (Special)

Ladiestory.id - Seorang bocah di Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur jadi juara usai mainkan lato-lato selama dua jam tujuh menit tanpa henti. Atas prestasinya tersebut, bocah bernama Chesta Khadafi berhasil membawa pulang satu ekor kambing.

Bocah berusia 10 tahun itu mengaku telah berlatih selama satu minggu untuk mengikuti perlombaan tersebut. Chesta pun mengaku senang usai meraih predikat juara dalam perlombaan tersebut.

Perlombaan Lato-lato di Sidoarjo. (Special)

“Meski terasa capek benar, saya merasa senang dan bahagia,” ujar Chesta Khadafi, melansir berbagai sumber, Selasa (10/1/2023).

“Kambing ini saya hadiahkan buat kedua orang tua,” sambungnya.

Chesta sendiri tidak menyangka bahwa dirinya akan menjadi juara dalam perlombaan. Ia mengaku hanya fokus untuk memainkan permainan viral terebut.

“Tidak ada harapan untuk menjadi juara. Saat mengikuti lomba, saya hanya fokus bermain lato-lato,” kata Chesta Khadafi.

Muhammad Subeki selaku Ketua Panitia acara tersebut mengungkapkan bahwa perlombaan itu diikuti sekitar 300 peserta. Para peserta pun datang dari berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Mojokerto, Surabaya, Jombang dan Sidoarjo.

“Yang mengikuti lomba lato-lato ini sebanyak 300 peserta dari berbagai kota. Semua peserta harus mengikuti aturan dari panitia,” kata Subeki. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan mekanisme dari lomba tersebut. Semua peserta wajib menggunakan lato-lato dari panitia saat perlombaan berlangsung. Pada babak penyisihan, peserta diharuskan bermain lato-lato selama 10 menit. Apabila gagal, maka peserta akan dinyatakan gugur.

Di babak penyisihan, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 20 peserta. Kemudian, peserta yang dapat menyelesaikan babak penyisihan akan melanjutkan pertandingan di babak kedua.

Di babak berikutnya, peserta diberikan tantangan untuk memainkan lato-lato sambil duduk, jongkok, serta berjalan memutar. Diketahui, dari 300 peserta, tersisa 43 orang yang masuk ke babak final.

Perlombaan Lato-lato di Sidoarjo. (Special)

Kemudian pada babak final, para peserta dituntut untuk memainkan lato-lato sekuat mungkin. Bagi yang memainkan lato-lato dengan durasi paling lama, maka dia yang menjadi juara.

Dari 43 peserta yang masuk ke babak final, panitia mengambil tiga juara dengan durasi permainan paling lama. Chesta Khadafi menjadi juara pertama dan berhak membawa pulang satu ekor kambing setelah bermain lato-lato selama 2 jam 7 menit.

Posisi kedua disusul oleh Daffa dengan durasi permainan selama 2 jam 6 menit. Sedangkan, posisi ketiga diraih oleh Danil dengan durasi permainan 2 jam 5 menit.