3 Cara Mengupas Telur Rebus Tetap Rapi, Mudah Untuk Diterapkan

Jumat, 27 Agustus 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

3 Cara Mengupas Telur Rebus Tetap Rapi, Mudah Untuk Diterapkan

Foto: Ladiestory.id

Memasak merupakan suatu skill atau kegiatan yang biasanya dilakukan oleh ibu rumah tangga. Hal ini dilakukan secara rutin dan memberikan kesenangan tersendiri bagi ibu.

Beberapa ibu menjadikan kegiatan memasak sebagai cara untuk mengeksplor diri dengan mengolah dan menyajikan sendiri masakan buatan sendiri. Namun dalam menyajikan makanan membutuhkan resep yang mudah namun menghasilkan makanan yang enak.

Meskipun terkesan menyenangkan pada beberapa orang, terkadang memasak dianggap sebagai sesuatu yang repot dan memakan banyak waktu. Intinya dalam memasak bukan hanya meracik bumbu namun mempersiapkan semua bahan yang perlu diolah dalam masakan.

Cara Mengupas Telur Rebus Tetap Rapi

Sebagai contoh ketika ingin memasak makanan dengan bahan telur, maka kita perlu menyiapkan telur yang sempurna, dimulai dengan memasak atau mengupas cangkangnya dengan bersih tanpa mengelupas.

Secara umum, telur adalah bahan makanan yang mudah diolah dengan beragam masakan dari camilan sehingga makanan utama.Manfaat dari telur dapat dirasakan karena ada kandungan protein yang baik untuk tubuh.

Selain itu, untuk menyajikan telur dapat diolah dengan mudah.  seperti direbus dengan air. Kendala yang mungkin terjadi adalah saat mengupas telur terkadang kurang sempurna dan mengalami kendala.

Ketika dikeluarkan dari air, suhu telur yang panas membuat telur sulit untuk mengupasnya bahkan dapat hancur dan  ikut terkelupas bersama kulitnya jika kurang tepat caranya. Nah, berikut tips cara mengupas telur rebus yang tepat dapat dilakukan dengan berbagai cara.

1. Memasukkan Telur Sebelum Air Mendidih

Foto: Ladiestory.id

 

Ketika merebus biasanya kita memasukkan bahan saat air sudah mendidih. Namun, bedanya adalah ketika merebus sajian telur terdapat cara penting dengan memasukkan telur yang kulitnya mudah dikupas tanpa meninggalkan daging telur pada kulit, kita dapat memasukkan telur sebelum air mendidih. Hal ini memudahkan telur untuk dapat dikupas dengan sempurna.

Cara ini memang berbeda, sehingga kita tak perlu menunggu sampai air rebusan mendidih untuk merebus telur. Ketika telur dimasukkan setelah air mendidih akan menyebabkan kulit telur menempel dengan kuat di bagian putih sehingga saat dikupas kulit mungkin masih menempel pada bagian putih sehingga berpotensi telur yang dikupas cenderung hancur.

2. Memberi Tambahan Soda Kue

Foto: Ladiestory.id

 

Soda kue adalah alkali atau basa alami yang membantu telur dapat dikupas dengan lebih mudah. Caranya dapat dilakukan dengan memasukan soda pada telur sehingga lebih licin dan mudah untuk dikupas.

Anda bisa memasukkan sebanyak 1 sendok teh soda kue dalam rebusan air. Hal inilah akan membantu melonggarkan ikatan antara putih telur dengan cangkangnya.

Maka menjadi hal yang penting untuk memasukan soda kue ketika merendam telur sebelum direbus. Namun, ukuran air yang digunakan dalam merebus telur dapat disesuaikan dengan banyaknya telur yang dimasak atau direbus.

3. Menggunakan Bantuan Cuka

Foto: Ladiestory.id

 

Cuka dapat dijadikan bahan basa alami dalam memudahkan telur mengelupas dari kulitnya. Cara yang dapat dilakukan dalam mengolah telur rebus yang dimasak menjadi sajian apa saja dengan menjaga supaya  telur rebus yang dikupas dengan sempurna sehingga masakan yang dibuat terlihat lebih sempurna dan cantik.

Itulah beberapa tips cara mengupas telur rebus agar tetap rapi. Mudah bukan?

Berita Terkait