4 Cara Mengatasi Hubungan yang Tidak Direstui Orang Tua

Rabu, 1 September 2021 | 05:44:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Cara Mengatasi Hubungan yang Tidak Direstui Orang Tua

Foto: Ladiestory.id

Hubungan pasti mengikat antara diri sendiri dengan orang lain. Umumnya hubungan ada berbagai macam, salah satunya hubungan percintaan. Setiap pasangan pasti menginginkan hubungan percintaan mereka direstui orang tua. Restu orang tua penting untuk sebuah hubungan percintaan, sebab restu bisa disebut doa.

Dengan doa dari orang tua maka kita bisa menjalani hidup bersama orang yang kita sayang dengan penuh keberkahan. Lantas bagaimana jika hubungan kamu dengan pasanganmu tidak direstui?

Cara Mengatasi Hubungan yang Tidak Direstui Orang Tua

Hubungan percintaan yang tidak direstui orang tua biasanya bisa terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adanya kemungkinan pasangan kamu terlalu mendominasi atau posesif. Jika hal seperti ini terjadi pada kamu pasti akan situasi yang tidak mengenakan bukan?

Hubungan yang tidak direstui orangtua bukan hanya terjadi sekali dua kali. Banyak hal serupa yang terjadi di dunia saat ini. Jika kamu berpikir bahwa memaksakan kehendakmu bisa menjadi solusi atas situasi ini, coba deh dipikirin dulu baik-baik.

Mulai pikirkan dan buat list di buku kamu tentang masalah yang sedang kamu hadapi dan coba  dengan pelan-pelan kamu cari tahu alasan di balik penolakan tersebut.

Komunikasikan dengan baik terlebih dahulu apa yang membuat orang tua enggan merestui hubunganmu. Coba kamu berpikir dan berposisi jika kamu adalah mereka.

Hal yang wajar jika kamu merasa kesal saat hubunganmu tidak mendapat restu orangtua. Baik itu menolak karena tak setuju dengan pasangan atau faktor lainnya, sebaiknya kamu hadapi dengan sikap yang bijak dan tidak emosi. Nah, untuk membantu kamu menyelesaikan masalah ini, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika hubunganmu dengan pasanganmu tak direstui orang  tua.

1. Mencoba bicara dengan baik kepada orang tua

Mengatasi hubungan yang tidak direstui
Foto: Ladiestory.id

Cobalah bicara terbuka dan jujur mengenai alasan mereka tidak merestui hubunganmu dilanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Tetap respect dan tenang ketika meminta mereka menyampaikan alasannya. Terkadang penolakan bisa terjadi karena kesalahpahaman. Dengan berbicara dengan mereka akan membantu menemukan akar masalah sekaligus meyakinkan orang tua bahwa pasangan kamu bisa menjadi pasangan yang baik.

2. Terbuka dengan argumen

Mengatasi hubungan yang tidak direstui
Foto: Ladiestory.id

Ketika jatuh cinta, seseorang bisa saja mengesampingkan logika. Apabila orangtua enggan merestui karena faktor pasangan yang pernah berselingkuh atau sikapnya kurang baik, itu wajar. Tetaplah terbuka dengan argumen semacam ini. Apabila kurang yakin, coba minta pendapat dari orang terdekat lainnya.

3. Mengenalkan pasangan kepada orang tua

Mengatasi hubungan yang tidak direstui
Foto: Ladiestory.id

Coba kamu ajak berbicara terlebih dahulu kepada orang tua agar nantinya pasanganmu dan orang tuamu bisa saling mengenal dan lebih dekat. Misalnya ajak makan malam bersama atau menghadiri acara bersama.

Kamu bisa mencoba mendorong pasanganmu untuk berbicara seputar kenangan masa kecil hingga impian sehingga orangtua bisa lebih mengenal sosok dirinya. Selain itu kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan pasangan, supaya nantinya dapat memberikan gambaran lebih jelas kepada orangtua tentang masa depan kalian. Siapa tahu,  awal cara ini akan membantu membuka hati orang tua.

4. Berpikir matang terlebih dahulu sebelum menikah

Mengatasi hubungan yang tidak direstui
Foto: Ladiestory.id

Kamu bisa berpikir terlebih dahulu supaya tidak salah dalam mengambil keputusan. Menunda pernikahan hingga 2-3 tahun ke depan seharusnya tidak menjadi masalah selama kedua belah pihak mampu untuk memperjuangkan satu sama lain.

Lebih baik menunda pernikahan daripada terburu-buru dan berakhir dengan perceraian. Misalnya mungkin mempertimbangkan lagi dan menunggu hingga usia 25 tahun ketika bagian otak yang berpikir rasional atau prefrontal cortex benar-benar terbentuk.

Nah itu dia 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hubungan yang tidak direstui. Lihat apa masalahnya lalu komunikasikan baik dengan orang tua maupun pasangan. Jika kamu sudah melakukan hal yang benar. Pasti kamu akan mendapatkan restu orang tua. Semoga informasi ini bermanfaat. Semangat dan semoga berhasil!

Berita Terkait