4 Langkah Mempersiapkan Karier Idaman

Kamis, 30 September 2021 | 12:09:00

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Career Stylist & Character Coach

Founder of jdnext.id

4 Langkah Mempersiapkan Karier Idaman

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Setelah menyelesaikan pendidikan formal di sekolah, tantangan yang lebih besar datang menyongsong ketika seseorang memutuskan untuk memasuki dunia kerja yang profesional. Namun demikian, kebanyakan dari kita tidak merencanakan karier dengan baik. Kita hanya membiarkannya mengalir begitu saja.  “Yang penting kan dapat pekerjaan!

Foto: Ladiestory.id

Seiring berjalannya waktu, sebagian orang yang berprestasi mendapat kesempatan untuk dipromosikan ke jenjang jabatan yang lebih tinggi. Namun demikian, sebagian orang yang masih belum mendapat promosi mungkin merasa “stuck” dan lantas menjadi galau. Munculah pertanyaan-pertanyaan, seperti:

“Apakah ini karier yang tepat untuk saya?”

“Ke mana sih arah karierku ini?

dan sejuta pertanyaan-pertanyaan galau lainnya.

Kariermu adalah Investasimu

Mempersiapkan karier (career planning) adalah awal yang baik bagi perjalanan karier seseorang. Semakin awal kamu mempersiapkan hal ini, maka semakin panjang waktu yang kamu miliki untuk mempersiapkannya. Nah, bagaimana cara mempersiapkannya? Ini dia langkah-langkahnya.

1. Pengenalan dan Eksplorasi Diri (Self-Exploration)

Langkah pertama adalah dengan mengenali diri kita sendiri. Apakah kamu sudah menemukan dan mengetahui talenta, kekuatan serta kelemahan dirimu?

Dalam perjalanan hidup, kita perlu untuk menemukan talenta kita. Coba bayangkan apabila karier kita sejalan dengan talenta yang kita miliki, maka kita akan lebih mudah menjalani dan menikmati perjalanan karier kita, ‘kan?

Jika kamu masih bingung, maka kamu dapat mengambil tes kepribadian atau tes bakat minat untuk mengetahui potensi dirimu. 

2. Riset Potensi Karier

Foto: Ladiestory.id

Setelah menemukan talenta kita, maka kita dapat melakukan riset mengenai potensi karier yang dapat kita pilih sejalan dengan talenta kita. Buatlah daftar sebanyak-banyaknya pilihan karier.

Misalnya, kamu punya talenta dalam hal menulis. Seseorang yang punya kemampuan menulis yang andal memiliki banyak pilihan karier. Mulai dari pengarang, akademisi, jurnalis, copywriter, sampai menjadi creator konten.

3. Tentukan Tujuan Karier Idamanmu

Foto: Ladiestory.id

Dari sekian banyak pilihan karier yang sudah kamu buat, tentukanlah satu-dua karier yang menjadi idamanmu.

Misalnya kamu ingin mencoba berkarier sebagai copywriter. Lakukanlah riset terkait kemampuan teknis (hard skills) dan kemampuan non-teknis (soft skills) yang diperlukan untuk menjadi seorang copywriter. Cara paling mudah adalah dengan melihat deskripsi persyaratan di dalam iklan lowongan pekerjaan.

4. Mulai Membangun Kredensial dan Membuat Resume

Foto: Ladiestory.id

Setelah mengetahui kemampuan teknis (hard skills) dan kemampuan non-teknis (soft skills) yang diperlukan untuk karier yang menjadi pilihan kita, maka kita dapat mulai membangun kredensial sedini mungkin.

Misalnya, mulai membuat tulisan dan mempublikasikan tulisan melalui blog maupun media-media, bergabung dengan klub majalah maupun komunitas penulis. Mengikuti lomba menulis, dan lain-lain.

Dengan demikian, ketika lulus kuliah maka seseorang sudah memiliki pengalaman yang dapat dituliskan di dalam resume kerjanya.

Nah, itu dia langkah-langkah untuk mempersiapkan karier idaman. Idealnya, langkah ini diambil sebelum memilih karier pertamamu. Namun demikian,kamu tetap dapat melakukan hal ini jika kamu belum menemukan karier idealmu atau bahkan jika kamu ingin mengubah dan menambah kariermu. 

Semoga kamu dapat menemukan karier idamanmu!

 

Juni Dani (@jdnext)

Penulis adalah seorang Advokat, Character Behavior Consultant dan Professional Coach yang sekarang menjalani kariernya sebagai Career Stylist.

Juni Dani dapat dihubungi melalui:

Instagram: @jdnext

Email: connect@jdnext.id

Website: www.jdnext.id

Berita Terkait