4 Manfaat Menarik Dari Sari Kurma

Senin, 23 Agustus 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

4 Manfaat Menarik Dari Sari Kurma

Foto: Ladiestory.id

Buah yang sering dijadikan maskot ketik lebaran atau bulan puasa. Kurma pasti sudah tidak asing sebagai buah yang mampu mengembalikan tenaga yang hilang.

Beragam Manfaat Sari Kurma

Selain rasanya manis, ada banyak manfaat sari kurma yang bisa kita dapatkan sehingga sari kurma sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apa itu Sari Kurma?

Sari kurma merupakan buah kurma yang dihaluskan dan diambil sarinya. Biasanya bentuk dari Sari kurma kental, berwarna hitam, manis, dan membawa manfaat yang tidak kalah dari buah kurma.

Kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dalam sari kurma diketahui sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

1. Melancarkan pencernaan

Foto: Ladiestory.id

 

Manfaat yang penting bagi tubuh mampu menjaga fungsi pencernaan dari buah kurma. Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan sari kurma dapat melancarkan pergerakan tinja di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lancar dan teratur.

Selain itu, Sari kurma dapat diperoleh karena adanya berkat mineral dan gula. Tidak hanya itu, sari kurma mengandung antioksidan yang kuat dalam melindungi usus dari penyakit yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas.

2. Menurunkan dan menjaga kadar gula darah

Foto: Ladiestory.id

 

Makanan manis adalah pantangan bagi penderita diabetes. Namun, sari kurma diketahui dapat merangsang produksi hormon insulin oleh pankreas sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, sari kurma ini diduga berasal dari aktivitas antioksidan yang dikandung.


Selain itu, rasa sari kurma yang manis dapat membantu menghilangkan keinginan mengkonsumsi makanan manis yang tidak sehat pada penderita diabetes. Pengaruh ini dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes, misalnya penyakit neuropati diabetik.

3. Menaikkan trombosit dan hemoglobin

Foto: Ladiestory.id

 

Sari kurma mampu menaikkan kadar trombosit dikarenakan banyaknya kandungan glukosa, vitamin C, dan antioksidan alami di dalamnya.

Selain itu, sari kurma cocok untuk penderita demam berdarah dengue (DBD).

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan kandungan mineral dalam sari kurma membentuk hemoglobin dan produksi sel darah merah sehingga dapat dimanfaatkan untuk anemia defisiensi zat besi pada anak-anak.

4. Mengurangi tekanan darah

Foto: Ladiestory.id

 

Tekanan darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah adalah menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium.

Kalium merupakan mineral tertinggi yang terkandung dalam sari kurma. Oleh karena itu, sari kurma dinilai cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

Bukan hanya itu, manfaat dari sari kurma dapat dirasakan dengan mudah. Kita dapat membuat sri kurma sendiri dengan cara memisahkan daging kurma dari bijinya, lalu masukkan ke dalam panci. tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring kurma untuk mendapatkan sarinya.

Sari kurma , disarankan untuk tidak menggunakan bahan pengawet dan gula tambahan yang ada dalam sari kurma instan.