5 Bahan Alami untuk Atasi Mata Merah dan Iritasi, Dijamin Aman!

Minggu, 21 Mei 2023 | 19:30:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Bahan Alami Untuk Atasi Mata Merah Dan Iritasi, Dijamin Aman!

Ilustrasi Sakit Mata (Special)

Ladiestory.id - Mata merah dan perih merupakan suatu kondisi yang wajar dan bisa dialami oleh siapapun. Meskipun begitu, kamu tidak boleh mengabaikannya jika mengalami kondisi seperti ini. Pasalnya, kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitasmu.

Ada berbagai hal yang menyebabkan mata menjadi merah. Bisa karena polusi, asap rokok, alergi, debu, maupun paparan bahan kimia. Sehingga membuat mata menjadi merah karena pembuluh darah di sekitar mata melebar. 

Jika kamu mengalami mata merah dan iritasi, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan bahan alami.

Ladiestory.id telah merangkum lima bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata merah dan iritasi. 

Air Mawar

Ilustrasi Air Mawar. (Special)

 

Air mawar umumnya digunakan dalam rangkaian perawatan wajah. Namun ternyata, air mawar juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi mata merah lho. 

Caranya pun terbilang cukup mudah. Pertama, kamu bisa masukan beberapa kelopak mawar ke dalam air bersih. Kemudian, diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan air rendaman mawar tersebut sebagai obat tetes mata alami. Teteskan beberapa kali ke bagian mata yang merah dan sakit. Lakukan secara rutin agar gejala mata merah segera membaik. 

Mentimun

Ilustrasi mentimun untuk wajah. (Special)

 

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat mata merah adalah mentimun. Dalam mentimun terdapat zat antibakteri yang berfungsi untuk mengurangi gejala sakit mata. 

Cara memanfaatkan mentimun sebagai obat mata adalah dengan mengiris tipis mentimun yang telah dicuci bersih. Setelah itu, gunakan irisan mentimun tersebut sebagai masker mata dengan cara menempelkannya pada bagian mata yang sakit. Diamkan selama 10-15 menit. Ulangi cara ini secara rutin ya agar gejala mata merah segera hilang. 

Air Hangat

Ilustrasi Air Hangat untuk Mandi (Special)

 

Rasa perih dan nyeri dari mata yang sakit bisa kamu redakan dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Siapkan air hangat dan celupkan kain lembut ke dalamnya. Kemudian gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian mata yang merah dan sakit. Cara ini terbukti ampuh untuk menenangkan area mata yang sakit sehingga rasa sakitnya dapat berkurang. 

Daun Sirih

Ilustrasi daun sirih. (Special)

 

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi mata merah dan iritasi adalah daun sirih. Di dalam daun sirih terdapat komponen bioaktif yang bersifat antibakteri dan antimikroba. Sehingga daun sirih dapat membantu melawan bakteri penyebab mata merah dan mengurangi peradangan. 

Ambil lima lembar daun sirih dan cuci bersih. Setelah itu, rebus daun sirih selama beberapa menit hingga air mendidih. Kemudian saring rebusan air sirih tersebut. Lalu gunakan air tersebut untuk membersihkan mata yang sakit. Lakukan secara rutin sebanyak tiga kali sehari hingga mata sembuh. 

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

 

Selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut, lidah buaya juga bisa kamu manfaatkan untuk mengobati mata merah lho. Hal ini dikarenakan lidah buaya bersifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan mata merah dan mengurangi peradangan. 

Bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mata merah adalah gel-nya. Ambil satu sendok makan gel lidah buaya dan rendam dengan air dingin. Kemudian, rendam kapas selama beberapa menit ke dalam air tersebut. Gunakan kapas yang telah direndam untuk mengompres bagian mata yang sakit dan diamkan selama 10 menit. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari hingga gejala sakit mata mereda.