5 Bahaya Kolesterol Tinggi yang Banyak Diderita Masyarakat Indonesia

Sabtu, 11 Maret 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Bahaya Kolesterol Tinggi Yang Banyak Diderita Masyarakat Indonesia

Ilustrasi Kolesterol. (Special)

Ladiestory.id - Permasalahan kesehatan mengenai kolesterol tinggi masih terbilang banyak dialami masyarakat indonesia. Keadaan tersebut bisa terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Tak ayal, tentunya banyak bahaya kolesterol tinggi yang siap mengintai siapa saja dan kapan saja.

Sebab, ketika kadar kolesterol tidak terkontrol. Berbagai penyakit mulai dari ringan hingga kronis dapat muncul. Bahkan, lebih parahnya dapat menimbulkan kematian. Kondisi kolesterol tinggi terjadi ketika kadar total didalam tubuh mencapai angka 240 mg/dL atau lebih. 

Beberapa penyebab kolesterol tinggi yaitu pola hidup tak sehat, jarang berolahraga hingga kebiasaan merokok. Sehingga, tubuh mengalami penurunan jumlah kolesterol baik (HDL) dan terjadi peningkatan kolesterol jahat (LDL). Lalu, apa saja bahaya kolesterol tinggi? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Merasakan Nyeri Dada

Ilustrasi nyeri dada. (Special)

Bahaya kolesterol tinggi yang pertama adalah merasakan nyeri dada. Ketika seseorang mengalami kadar kolesterol total yang tinggi. Maka, akan terjadinya gangguan pada pasokan darah ke area jantung. Gangguan ini terjadi akibat adanya penumpukan kolesterol pada area arteri dalam koroner jantung yang biasa aterosklerosis.

Kondisi ini pun membuatmu mengalami rasa nyeri pada area dada atau angina. Selain merasakan nyeri kamu juga dapat mengalami berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

Tekanan Darah Menjadi Naik

Ilustrasi Tekanan Darah. (Special)

Bahaya kolesterol tinggi selanjutnya adalah tekanan darah menjadi naik. Kolesterol yang tinggi mengakibatkan terjadinya penumpukan plak di area pembuluh darah arteri. Sehingga, membuat jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras supaya dapat memompa darah ke seluruh tubuh. 

Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya dan mengakibatkan adanya tekanan darah yang naik (hipertensi). Jika, berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang panjang. Maka, akan menimbulkan permasalah kesehatan pada bagian jantung.

Meningkatnya Risiko Stroke

Ilustrasi Stroke. (Special)

Bagi pengidap kolesterol tinggi, tentunya akan meningkatkan risiko stroke. Hal ini tentunya merupakan bahaya. Penyebabnya pun dikarenakan adanya gangguan aliran darah ke bagian otak. Ketika kondisi semacam ini dibiarkan dan terus terjadi. Maka akan meningkatkan terjadinya penyakit stroke.

Stroke dapat terjadi pada seseorang saat pembuluh darah yang memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen serta nutrien ke otak tersumbat atau terpecah. Sehingga, pengidap stroke tidak dapat menerima alirah darah serta oksigen.

Mengalami Serangan Jantung

Ilustrasi Serangan Jantung. (Special)

Ketika mengalami kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung. Permasalah ini tentunya tidak memandang usia maupun waktu. Terutama ketika aliran darah menuju jantung mengalami penyumbatan.

Adanya penumpukan plak pada pembuluh arteri karena kolesterol tinggi dapat menjadi pemicunya. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu selalu menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.

Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi Jantung Koroner. (Special)

Bahaya kolesterol tinggi yang terakhir dan cukup sering dialami yaitu penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol yang tinggi membuat lemak dalam darah menutup dan  membuat aliran dalam pembuluh darah terhambat. Sehingga terjadi penyempitan arteri.

Salah satu gejala penderita jantung koroner yang sering terjadi yaitu angina atau nyeri pada bagian dada hingga mengalami serangan jantung. Kondisi ini terjadi saat pembuluh darah secara total tersumbat dan otot jantung perlahan mati serta kehilangan fungsinya. 

Itulah lima bahaya kolesterol tinggi yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu atau orang terdekat yang tengah mengalaminya. Terdapat beberapa cara untuk mencegahnya dengan mengelola stres sebaik mungkin, hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol, selalu jaga berat badan, lakukan pemeriksaan rutin, terapkan pola makan sehat dan teratur dan rutin berolahraga minimal 30 menit perhari. Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies!