5 Cara Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” Saat Interview

Selasa, 10 Agustus 2021 | 06:18:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Cara Menjawab Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” Saat Interview

Foto: Ladiestory.id

Mendapatkan pekerjaan merupakan salah satu cara agar dapat mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan. Sebelum itu, tentu ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, salah satu tahapan tersebut adalah interview atau wawancara. Biasanya, undangan wawancara dilakukan pada tahap terakhir untuk mendapatkan pekerjaan.

Saat wawancara kerja, ada berbagai pertanyaan yang ditanyakan oleh HRD atau recruiter. “Ceritakan tentang diri Anda” termasuk menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat wawancara. Tak jarang pertanyaan ini muncul sebagai pertanyaan pertama.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memberikan jawaban yang ringas tetapi informatif. Berikan jawaban yang berfokus pada keterampilan dan kepribadian Anda sesuai posisi yang Anda lamar. Bicarakanlah tentang latar belakang, tujuan di masa depan, serta kelebihan Anda untuk menempati posisi tersebut. Berikut 5 cara dan tips menjawab pertanyaan saat interview.

1. Certiakan Tentang Latar Belakang Pendidikan

Foto: Ladiestory.id

 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperkenalkan diri. Lalu, Anda juga harus menjelaskan tentang latar belakang pendidikan. Di sini, Anda dapat memaparkan lulusan dari mana, jurusan apa, serta apa yang dipelajari.

2. Jelaskan Keahlian Anda

Foto: Ladiestory.id

Selain latar belakang pendidikan, Anda juga perlu memaparkan keahlian yang Anda miliki. Jelaskan dengan singkat sejauh mana keahlian yang Anda kuasai.

3. Jelaskan Minat Anda

Foto: Ladiestory.id

 

Anda dapat menjelaskan tentang minat yang Anda miliki dan alasan untuk melamar pada posisi pekerjaan yang dituju. Misalnya, jika Anda tertarik pada bidang jurnalistik, Anda perlu menjelaskan hal-hal seperti apa dan alasan yang membuat Anda tertarik untuk menekuni pekerjaan di bidang tersebut.

4. Ceritakan Pengalaman atau Pekerjaan Terakhir

Foto: Ladiestory.id

Anda dapat menceritakan tentang pekerjaan apa yang Anda lakukan terakhir kali. Di sini, Anda dapat menceritakan tentang posisi Anda sebelumnya, perusahaan serta bidang usahanya. Jangan lupa untuk memberi tahu pewawancara tentang deskripsi pekerjaan apa yang Anda lakukan pada posisi sebelumnya.

Jika Anda seorang fresh graduate, Anda dapat menceritakan pengalaman magang, kursus, atau organisasi selama menempuh pendidikan. Anda dapat menjelaskan deskripsi pekerjaan yang Anda lakukan sebelumnya serta faktor yang membuat Anda tertarik untuk melamar posisi yang Anda tuju.

Selain itu, paparkan pula prestasi atau pencapaian selama menekuni pekerjaan atau pengalaman sebelumnya. Hal ini dapat memberi poin lebih agar recruiter semakin tertarik untuk merekrut Anda.

5. Percaya Diri

Foto: Ladiestory.id

 

Selain ingin mengetahui tentang diri Anda, salah satu alasan recruiter memberikan pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” adalah agar recruiter tahu sejauh mana Anda mengaplikasikan soft skill yang Anda miliki di kehidupan nyata. Untuk itu, Anda perlu lebih percaya diri dan menjaga kontak mata saat wawancara.

Contoh Jawaban Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Foto: Ladiestory.id

 

Sebelum Anda pergi wawancara, cobalah untuk membuat catatan kecil tentang diri Anda sesuai cara dan tips di atas. Jika Anda merasa mantap dengan jawaban yang Anda buat, Anda dapat berlatih di depan cermin untuk melatih kepercayaan diri. Berikut ini contoh jawaban dari pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” saat wawancara untuk posisi penulis konten.

“Nama saya Joko Satria dan berasal dari Depok. Saya sarjana ekonomi yang lulus pada tahun 2015, tetapi saya menekuni pekerjaan sebagai seorang penulis konten, yang selalu saya sukai.

Awalnya, saya mulai menulis sebagai  freelancer untuk klien dari sebuah marketplace. Sembari itu, saya mulai menulis di blog sendiri berupa tips, panduan, dan bahkan e-book.

Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup, saya ingin bergabung dengan organisasi profesional seperti perusahaan Anda. Sehingga, saya dapat mengeksplorasi keterampilan menulis dan menghasilkan konten-konten yang lebih baik daripada apa yang bisa saya capai sendiri.”

Demikian ulasan tentang cara menjawab pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” saat wawancara. Semoga sukses dan bermanfaat.