5 Cara Mudah Hilangkan Cegukan saat Puasa, Wajib Coba!

Sabtu, 15 April 2023 | 19:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mudah Hilangkan Cegukan Saat Puasa, Wajib Coba!

Ilustrasi Cegukan. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu sering mengalami cegukan? Terutama ketika menjalani puasa Ramadan. Jika itu kamu, maka cara mudah hilangkan cegukan saat puasa ini akan cocok untuk menjawab permasalahan ini.

Seringkali, sebagian orang menganggap cegukan hanya bisa diatasi dengan meminum banyak air. Padahal cara ini belum tentu efektif menghilangkan cegukan. Apalagi, ketika puasa kamu tidak bisa sembarangan mengkonsumsi minuman. Lalu, apa yang perlu dilakukan?

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara mudah hilangkan cegukan saat puasa. Yuk, simak lima daftar mudahnya berikut ini.

Berlatih Tahan Napas

Ilustrasi mengatur napas. (Special)

 

Cara mudah hilangkan cegukan saat puasa yang pertama yaitu berlatih tahan napas. Kamu dapat menahan napas dalam waktu beberapa detik. Disarankan untuk menahannya selama 10 hingga 20 detik, ya.

Kemudian, usai menahan napas kamu perlu membuangnya secara perlahan. Lakukan secara teratur sehingga cegukan saat puasa perlahan menghilang. Cara satu ini juga dianggap efektif untuk mengatasi permasalahan cegukan. Selain itu, mampu meningkatkan kadar karbon dioksida didalam paru-paru hingga membuat diafragma menjadi lebih rileks atau santai.

Atur Napas Perlahan

Ilustrasi mengatur napas. (Special)

 

Cara mudah hilangkan cegukan saat puasa selanjutnya yaitu mengatur napas perlahan. Jika kamu mengalami cegukan, cobalah mengatur napas, dengan menarik serta menghela napas menggunakan durasi atau waktu yang sama.

Misalnya, kamu menarik napas selama 5 detik, maka kamu juga perlu menghela napas selama 5 detik. Lakukan secara perlahan dan jangan terburu-buru. Terapkan secara rutin hingga cegukan pun perlahan menghilang.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan paper bag untuk mengatur napas perlahan. Jika ada paper bag di sekitarmu gunakan dengan membuatnya dan bernapasnya di bagian dalamnya secara perlahan tanpa tergesa-gasa. 

Jangan letakkan paper bag hanya di dekat mulut serta hidung. Namun, rapatkan hingga paper bag terlihat mengenang serta menyusut saat kamu bernapas. Hal ini dilakukan karena paperbag dapat membantu meningkatkan kadar karbondioksida.

Berlatih Mengambil Napas Berulang

Ilustrasi mengatur napas. (Special)

 

Cara mudah hilangkan cegukan saat puasa yang tak kalah penting adalah berlatih mengambil napas berulang. Metode ini juga sering disebut sebagai ambil nafas tiga kali atau dalam bahasa medisnya sebagai supra-supramaximal inspiration.

Mudahnya, ketika kamu mengalami cegukan saat puasa cobalah untuk mengambil napas sebanyak tiga kali berturut-turut. Kemudian tahan selama 10 detik dan hembuskan secara perlahan dalam satu kali.

Lakukan secara berulang hingga perlahan cegukan memudah. Tak hanya membantu meningkatkan kadar karbon dioksida, metode ini pun mampu menjadikan diafragma menjadi istirahat dalam sementara waktu.

Pijat Bagian Tertentu Tubuh Secara Perlahan

Ilustrasi mengatur napas. (Special)

 

Berikutnya, cara mudah hilangkan cegukan saat puasa yang bisa kamu lakukan adalah memijat bagian tertentu tubuh secara perlahan. Cara ini bisa kamu lakukan jika teknik bernapas yang kamu lakukan sebelumnya tidak membuahkan hasil.

Adapun cara memijat yang dapat kamu lakukan seperti menarik lidah menggunakan tangan secara pelan. Hal ini dilakukan untuk memberikan stimulasi pada saraf vagus-mu sehingga kejang pada area diafragma menjadi berkurang. Kedua, cobalah untuk menekan beberapa bagian di samping hidung sambil mencoba melakukan gerakan seperti sedang menelan.

Duduk dengan Posisi Tertentu 

Ilustrasi mengatur napas. (Special)

 

Cara mudah hilangkan cegukan saat puasa pada urutan terakhir adalah duduk dengan posisi tertentu. Kamu dapat memposisikan tubuh dengan duduk memeluk lutut. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kejang-kejang yang mengakibatkan cegukan. 

Cegukan sendiri merupakan kejang yang terjadi pada bagian diafragma. Usai memposisikan diri dengan duduk memeluk lutut. Kamu dapat mencondongkan badan ke arah depan secara perlahan. Sehingga dapat membantu memberi tekanan pada area dada dan menjadikan diafragma lebih rileks