5 Ciri-Ciri Kulit Sensitif Pada Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja?

Kamis, 12 Agustus 2021 | 06:36:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Ciri-Ciri Kulit Sensitif Pada Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja?

foto:ladiestory.id

Kulit memiliki banyak sekali jenis. Terdapat kulit berminyak, kulit normal, kulit sensitif, kulit kombinasi dan kulit kering. Pastinya dari semua jenis kulit tersebut mempunyai ciri-cirinya tersendiri. Sehingga kamu butuh untuk mencari tahu ciri-ciri tersebut supaya kamu juga mengetahui bagaimana cara guna mengatasi jenis kulit tersebut.

Ciri-ciri Kulit Sensitif

Dengan mengetahui ciri-ciri kulit lantas akan mudah juga dalam mengatasi permasalahan yang akan datang kelak. Kebanyakan orang beranggapan kulit sensitif merupakan kulit yang mudah mengalami iritasi.

Dengan kulit sensitif, kamu mungkin menjumpai jika penggunaan produk maupun faktor lingkungan tertentu mengakibatkan kulit kemerahan, gatal, bahkan sampai mengalami iritasi dan berjerawat.

Tetapi, terdapat sebagian keadaan medis yang bisa mengeluarkan gejala yang sama pula. Seperti rosacea, eksim, dan dermatitis kontak alergi kerap disalahartikan sebagai kulit sensitif.

Dokter kulit merupakan pilihan terbaik untuk dapat menentukan penyebab masalah kulit kamu dan mengembangkan rencana perawatan yang juga terbaik.

Terdapat sejumlah ciri-ciri kulit sensitif yang perlu kamu ketahui, sebab dapat jadi kulit kamu mengalami kondisi yang juga serupa.

1. Kulit terlihat sangat tipis

Ciri dari kulit sensitif yang pertama yaitu kulit akan tampak lebih tipis, di area dalam kulit tersebut kadang kadang bisa tampak. Kulit jenis ini juga mudah sekali mendapat luka-luka dan yang lain sebagainya. Perawatan paling susah yaitu merawat kulit sensitif, sebab kulit sensitif sangat mudah rentan dan peka sekali terhadap lingkungan yang ditinggalinya. Bahkan perubahan perubahan tersebut akan memengaruhinya.

2. Kulit yang reaktif

Melansir Health Grades, jika kamu mempunyai kulit sensitif, kamu mungkin menyadari jika kamu mengalami gejala sebagai respons terhadap pemicu tertentu.

Pemicu umum biasanya adalah seperti sabun, deterjen, wewangian, parfum, produk perawatan kulit, dan produk rumah tangga.

Disisi lain, terkena udara dingin, matahari, dan angin dapat menimbulkan flare, yaitu timbulnya gejala secara mendadak dengan derajat yang berat.

Dokter kulit secara umum bisa membantu kamu mengetahui apa yang mungkin perlu kamu hindari dan memilih produk yang paling cocok untuk jenis kulit kamu.

3. Kulit Berwarna Kemerahan

Caption

 

Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit sensitif mempunyai keadaan kulit yang berwarna merah. Berubahnya warna kulit menjadi kemerahan ini diakibatkan karena sejumlah hal yang dapat terjadi seperti karena ruam merah, benjolan merah, atau bahkan pembuluh darah yang melebar. Umumnya, kemerahan akan hilang usai menghilangkan iritan atau dengan perawatan ringan.

4. Mudah terkena alergi

Kulit sensitif memang permukaannya lebih tipis dibanding pada kulit yang lain, sebab tekstur kulit yang tampak sangat tipis ini menjadikan kulit sensitif sangat mudah terserang penyakit. Bahkan kulit sensitif sangat susah ketika menyesuaikan dirinya dalam lingkungan.

Saat lingkungan berubah, keadaan kulit juga bisa berubah. Perubahan kulit ini ditandai dengan alergi. Umumnya saat alergi, kulit akan menjadi kemerah-merahan bahkan bisa memunculkan bintik-bintik karena alergi.

5. Kulit gatal

Caption

 

Kulit sensitif kamu mungkin kerap terasa gatal dan kencang, terlebih usai dibersihkan dengan produk yang terlalu keras. Pemakaian air panas pada kulit dapat memperburuk kondisi. Kamu mungkin akan merasakan gatal terlebih ketika udara dingin dan kering.

Bila rasa gatal ini diatasi dengan menggaruk, hal tersebut dapat menyebabkan lebih banyak munculnya iritasi dan bahkan infeksi. Bicaralah dengan dokter kamu mengenai cara yang lebih baik untuk menghentikan rasa gatal.

Berita Terkait