5 Efek Samping Negatif Skincare yang Harus Kamu Tahu

Kamis, 8 September 2022 | 00:01:00

5 Efek Samping Negatif Skincare Yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi efek samping skin care ( spesial )

Ladiestory.id - Skincare memang menjadi salah satu komoditi wanita masa kini. Bahkan saat ini, banyak sekali produk skincare yang memasarkan produknya dari dan untuk berbagai macam kalangan. Tua-muda hingga remaja pun sepertinya sangat senang mengikuti trend skincare masa kini. Tentunya, menggunakan skincare memang diharapkan dapat membantu merawat kulit dan mengatasi permasalahan kulit yang kamu alami.

Permasalahan kulit tentu sangat beraneka ragam dari perawatan terhadap jerawat, menghilangkan noda hitam di wajah, hingga menghilangkan komedo yang tentunya sangat menganggu ketika harus beraktivitas. Tentu, permasalahan kulit yang ada bisa membuat tingkat kepercayaan diri berkurang. Hal tersebut menjadi masalah bagi kebanyakan wanita masa kini.

Tapi tahukah Ladies bahwa selain bermanfaat untuk membuat kulit wajah semakin baik, produk skincare tentunya juga menimbulkan efek samping? Apalagi jika penggunaannya tidak diawasi atau dikonsultasikan ke dokter yang memang memahami permasalahan kulit.

Lalu, apa saja efek samping yang timbul dari penggunaan skincare pada wajah?

Gatal

Ilustrasi gatal di wajah. (Special)

Efek samping pertama yang sangat timbul ketika skincare tidak cocok di kulit wajah adalah kulit akan terasa gatal. Gatal adalah salah satu gejala yang sangat sering timbul karena menjadi respon tubuh jika ada zat kimia yang memang tidak cocok. Dilansir Healthline, gatal pada kulit saat menggunakan skincare disebabkan oleh bahan pewangi atau pengawet yang terkandung didalam skincare tersebut. Jadi, jika sudah gatal, maka lebih baik dihentikan.

Kencang

Ilustrasi kulit wajah terasa kencang. (Special)

Selanjutnya gejala kedua adalah, kulit terasa sangat kencang. Ya, memang salah satu tujuan merawat kulit di wajah adalah untuk membuat kulit terasa kencang. Namun, dilansir dari Healthline, kulit yang terasa sangat kencang dapat merusak kesehatan kulit dan produksi minyak di kulit. Tentu, ketika terjadi oksidasi di kulit, maka dengan sendirinya kulit akan mengeluarkan minyak dengan kadar tertentu dan berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Tapi, dengan terlalu kencangnya kulit wajah, maka akan merusak sistem kulit tersebut.

Iritasi

Ilustrasi Kulit iritasi. (Special )

Gejala berikutnya adalah iritasi. Ya, gejala iritasi ini memang sangat sering ditemukan ketika menggunakan skincare yang tidak cocok di kulit wajah. Iritasi ini bisa didefinisikan dengan berbagai macam kondisi dari kulit yang tiba-tiba tampak kemerahan hingga gatal yang dirasakan ketika setelah menggunakan skincare tertentu. Ketika gejala iritasi muncul, maka segera hentikan penggunaan skincare yang membuat kulit menjadi iritasi

Flek Hitam

Ilustrasi flek hitam di wajah (Special)

Selanjutnya, gejala yang biasanya muncul adalah flek hitam. Ya, flek hitam ini seperti gosong pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih hitam daripada sebelumnya. Efek ini disebabkan oleh jaringan kulit yang rusak karena ketidakcocokan skincare yang digunakan dengan kulit yang ada.

Muka Merah

Ilustrasi muka merah (Special)

Gejala terakhir yang sering muncul jika kulit tidak cocok dengan penggunaan skincare tertentu adalah muka menjadi merah. Ya, banyak sekali skincare yang menyebabkan kulit terkelupas, sehingga jaringan kulit menjadi hilang beberapa bagian. Dilansir New England Journal Medicine, jaringan kulit yang seharusnya tebal menjadi lebih tipis sehingga ketika terkena suhu udara atau cuaca yang panas, maka akan menjadi merah. Ini sangat berbahaya, apalagi bisa menimbulkan efek samping seperti kanker kulit.

Bagaimana Ladies? Saat ini jadi tahu, kan apa saja efek samping dari skincare yang mungkin timbul ketika skincare tidak cocok di kulit kamu?