Jarang Disadari, Waspadai Berbagai Ciri-ciri Kanker Kulit

Kamis, 4 November 2021 | 13:17:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jarang Disadari, Waspadai Berbagai Ciri-Ciri Kanker Kulit

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sadar atau tidak ternyata memang benar, kanker adalah penyakit yang menyerang dari dalam sehingga terkadang membingungkan. Salah satu jenis yang bisa dikenali cirinya adalah kanker kulit.

Walaupun terkadang tidak terlalu kelihatan, bahkan banyak orang tidak menyadarinya atau mengabaikannya. 

Foto: pexels

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala kanker kulit sehingga kita bisa melakukan agar pengobatan sedini mungkin supaya kondisi kanker tidak bertambah semakin parah.

Biasanya kanker kulit terjadi karena adanya kelainan pada sel kulit akibat mutasi pada DNA sel yang membuat pertumbuhan sel menjadi lebih cepat, usia sel lebih panjang, dan sel kehilangan sifat dasarnya. 

Umumnya kanker kulit terjadi pada daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti kulit kepala, wajah, bibir, telinga, leher, dan tungkai.

Hanya saja, kanker kulit bisa terjadi pada daerah kulit yang jarang terpapar sinar matahari seperti di bagian bawah jari, di telapak tangan dan kaki, dan daerah intim. 

Ciri-ciri Kanker Kulit

Ungkap ciri kanker kulit berdasarkan pada jenisnya, beginilah gambaran umumnya:

1. Melanoma

Foto: yesdok

Kanker kulit yang dapat tumbuh di daerah manapun, termasuk tahi lalat yang sudah ada sehingga berubah menjadi ganas. Sedangkan pada laki-laki, kanker ini biasanya muncul pada wajah dan badan.

Jika bagian tubuh wanita yang terkena kanker ini adalah tungkai bawah. Namun, pada daerah kulit yang jarang terpapar sinar matahari  berisiko muncul melanoma. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja bahkan orang berkulit gelap.

Ciri-ciri dari melanoma adalah benjolan berwarna cokelat dengan bintik-bintik hitam, tahi lalat pada tubuh tiba-tiba berubah warna atau bertambah besar, serta mengeluarkan darah.

Kemudian, munculnya luka kecil pada kulit dengan tepi yang tidak beraturan dan berwarna merah, putih, biru, atau biru kehitaman.

Sedangkan pada telapak tangan, telapak kaki, ujung jari tangan atau kaki, muncul lesi berwarna gelap pada membran mukosa di dalam mulut, hidung, Miss V, atau anus.

2. Karsinoma Sel Basal (BCC)

Foto: nakita.grid

Beda hal dengan melanoma, kanker kulit lebih sering terjadi pada daerah kulit yang terpapar sinar matahari seperti wajah dan leher. Cirinya adalah muncul benjolan lunak dan mengilat pada kulit.

Sedangkan, pemilik kulit berwarna cokelat gelap atau cokelat kemerahan, biasanya muncul lesi berbentuk datar seperti daging.

3. Karsinoma Sel Skuamosa (SCC)

Foto: halodoc

Sama dengan BBC, Kanker kulit satu biasanya timbul pada kulit yang sering terpapar sinar matahari. Hanya saja, pada orang yang berkulit gelap, SCC bisa muncul pada daerah kulit yang jarang terpapar sinar matahari.

Tanda dari SCC adalah kemunculan benjolan merah yang keras pada kulit dan lesi berbentuk datar dan bersisik keras seperti kerak.

Itu dia beberapa ciri kanker kulit yang mungkin jarang disadari. Jika kulitmu tampak memiliki ciri-ciri di atas tak ada salahnya untuk berwaspada dan periksakan ke dokter jika perlu.